Cara Betulin Closet Duduk Yang Rembes Airnya - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Betulin Closet Duduk Yang Rembes Airnya

Cara Memperbaiki Flush Closet Duduk Yang Bocor

Mencari Tahu Bagaimana Caranya Betulin Flush / Mekanik Penyiraman Air yang Tidak Bisa Mengisi Air Otomatis dan Bocor / Rembes Pada Closet Duduk Anda.


Betapa menjengkelkan jika sedang nyaman - nyamannya buang air besar lalu tiba - tiba closetnya gak bisa nyiram, setelah di cek ternyata penampungan airnya kosong, kenapa ya bisa begitu ? padahal tekanan airnya mengalir kencang loh, nah kalau sudah terjadi hal begini mau gak mau kita harus panggil tukang service toilet dong. Kalau kejadiannya siang hari mungkin kita bisa langsung telepon tukan service toiletnya, tapi gimana kalau rusaknya pas malam - malam atau di hari libur, belum lagi setelah di telepon mereka bisa langsung datang, kita sama - sama tahu kan, kalau urusan buang hajat itu gak bisa di tunda - tunda, makanya dalam keadaan darurat begini kita harus bisa memperbaiki closet yang rusak itu sendiri ! Untuk dapat memperbaiki closet yang rusak maka kita harus belajar terlebih dahulu tehnik atau cara memperbaikinya mulai dari indentifikasi kerusakannya sampai dengan cara mengganti komponen mekanik closet yang rusak.

Bagaimana Caranya memperbaiki sendiri closet / toilet yang rusak, setidaknya kita harus mengenal terlebih dahulu bagian - bagian atau komponen closet tersebut, mulai dari bagian tuas sampai dengan katup - katupnya. Kejadian kerusakan yang paling sering dan umum terjadi adalah macetnya tombol atau tuas penyiraman air, walau sudah di tekan - tekan sekuat tenaga tetap saja macet dan keras, kemudian masalah berikutnya yang sering terjadi pada sistem penyiraman closet duduk adalah pada bagian penampungan airnya, seringkali di temukan masalah penampungan airnya tidak bisa mengisi air secara otomatis. Sebetulnya sistem atau rangkaian mekanik closet duduk itu sangat sederhana dan cukup mudah untuk bisa kita perbaiki sendiri, dan bahkan di pasaran atau di e-commerce sudah banyak yang menjual bagian - bagian atau rangkain mekanik flush closet duduk dengan berbagaimacam type dan peruntukannya, untuk lebih detailnya mengenai hal tersebut dapat anda cek secara online.

Begini Cara Kerja Sebuah Closet Duduk

Sebelum kita mulai pelajari caranya memperbaiki closet duduk kita yang rusak, mari kita pahami terlebih dahulu mekanisme atau cara kerja Closet tersebut, bagian - bagian closet duduk meliputi :

  1. Katup Pengisi atau Pipa Pengisi air
  2. Katup pembuangan air / flapper
  3. Dudukan Lubang Pembungan air
  4. Gasket atau Seal pembuangan air
  5. Tuas Tangki Air
  6. Sambungan Saluran Air / Input
  7. Cincin Saluran Pembuangan Air dan Limbah

Cara Kerja Flush Closet Duduk

  • Bila tombol pembuangan air kita ditekan maka fungsi tuas yang tersambung akan langsung menarik bagian katup flapper ke bagian atas dengan tarikan rantainya, proses tersebut akan membuat katup pembuang air terbuka kemudian segera mengalirkan air dari bagian samping kedalam saluran sistem penyiraman closet anda, selajutnya gaya grafitasi bumi juga akan berperan menyedot air melalui bagian sekat – sekat saluran airnya.



  • Selanjutnya ketika airnya sudah kosong maka katup pembuangan air bernama flapper akan kembali terjatuh menutupi bagian lubang pembuangan sehingga otomatis pelambung pada bagian katub pengisi akan kembali naik sesuai level ketinggian air yang masuk kedalamnya sampai mencapai titik maksimum pengisian tangki airnya, katup bernama flapper ini akan bertugas mengendalikan pengeluaran air dari dalam tanki ke dalam sistem saluran didalam closet.

  • Kemudian ada bagian atau komponen Fill Valve atau katup pengisi dimana pipa pemasukan atau katup pengisi air yang disebut katup bola akan bertugas mengatur masuknya air dari kran ke dalam tanki air penampungan, dimana Fill Valve ini dihubungkan ke bagian saluran air melalui sambungan pipa pada bagian bawah tanki air, yang di hubungkan ke bagian kran air dengan pipa fleksible

  • Komponen berikutnya adalah system pembilasan, dalam hal ada dua macam system pembilasan yaitu sistem yang bernama washdown dimana ketika tombol flush kita tekan maka air akan segera dikeluarkan dari tanki air dan langsung kesedot pada bagian bawah, sistem washdown ini paling banyak digunakan pada jenis – jenis closet yang ada di pasaran dan katanya lebih irit air  karena ada sistem dual flushnya, untuk buang air besar dan untuk buang air kecil. Kemudian ada System pembilasan Siphonic dimana ketika tombol flush ditekan maka air akan di keluarkan dari tanki air dan kemudian masuk ke sistem saluran air di dalam closet, dimana air akan berputar didalam saluran air closet yang membentuk spiral, baru pada akhirnya air akan masuk ke dalam lubang pembuangan dan biasanya lebih senyap, system siphonic ini biasanya digunakan di closet-closet mewah sistem single flush.

Cara Mengetahui Apakah Closet Kita Bocor Atau Tidak

Closet yang bocor bisa memboroskan air yang sangat banyak dan bisa membuat tagihan air anda meningkat, oleh sebab itu closet yang bocor harus segera di perbaiki, karena jika di biarkan mungkin dalam satu tahun biaya yang hilang akan melebihi harga sebuah closet baru, cara memeriksa apakah closet anda bocor atau tidak cukup mudah, caranya yang sederhana adalah dengan cara meneteskan beberapa tetes zat pewarna makanan yang berwarna merah atau biru pekat kedalam tangki penampungan airnya dan kemudian tunggu kira – kira setengah jam, coba lihat apakah ada bercak warna yang timbul di dalam dinding dalam closet anda, jika ada maka berarti ada kebocoran di bagian katup pembuangan air pada atau pada bagian flapper nya, segera bongkar dan ganti karet seal atau bersihkan katubnya.


Tes Kebocoran Air Pada Closet


Cara Memperbaiki Closet Yang Rembes Airnya

Setelah dilakukan pengetesan, ternyata closet anda tampak bercak pewarna, artinya memang closet anda bocor atau rembes airnya Mari kita Segera memperbaiki Closet tersebut yang rembes airnya, langkah yang harus kita lakukan adalah membongkar Sistem mekanik Flush closet tersebut, di awal sudah kita ketahui bahwa penyebab rembesan air ada pada bagian flappernya atau katup pembuangan air


Karet Katup Pembuangan Air Closet

Komponen Flapper ini letaknya ada di bagian tengah sisi bawah  tabung penyimpanan air, karet katup flapper akan berfungsi membuka lubang tangki penyimpan air untuk segera dialirkan kebagian pembuangan kotoran. Closet yang bocor atau rembes airnya karena ada kerusakan pada karet flapper tersebut.

Penyebab Rusaknya Flapper / Katup Pembuangan Air Closet Duduk

  • Kerusakan yang terjadi biasanya karena usia pemakaian sehingga karetnya menjadi lemah dan pada akhirnya daya kaptupnya menjadi longgar.

  • Karet flapper juga bisa aus karena gesekan dan akhirnya menjadi bocor. Untuk memperbaikinya coba anda lepaskan karet flappernya dan ganti dengan yang baru !
Berbagai macam type Komponen Flapper Closet dan Spesifikasi, lebih detailnya mengenai hal tersebut dapat anda cek secara online dengan cara :

Beberapa Kerusakan Lain Pada Sistem Flush Closet Duduk

Selain Kerusakan pada katup pembuangan air atau Flapper, ternyata ada beberap kerusakan yang umumnya terjadi pada closet duduk, antara lain adalah :
  1. Retaknya Bola Pelampung, sehingga pelampung menjadi bocor dan tidak dapat mengapung, akibatnya air akan terus menerus ke dalam tanki hingga terbuang di lubang pembatas air.
  2. Selang Flexible pengisian air yang berisik atau lambat yang di sebabkan bola tanki yang sudah berkarat.
  3. Posisi Katup pembuangan air atau Flapper yang kurang tepat pemasangannya, sehingga kita harus menggoyang-goyangkan katup sebelum airnya bisa mengalir keluar
  4. Rantai penarik yang tersangkut, sehingga menghambat penempatan bola tanki secara tepat.
  5. Dudukan katup pembuangan air yang sudah aus termakan usia pemakaian atau berlubang, sehingga air tidak bisa menampung di tangki air
  6. Dan yang terakhir kerusakan karena pada tuas tanki yang sudah karatan, sehingga tidak dapat lagi menarik serta menurunkan flapper secara tepat ke lubangnya.

Cara Mengatasi Berbagai Masalah Sistem Penyiraman Air Pada Closet Duduk Anda

Ketika kita sedang buang air besar dan tiba - tiba setelah kita menunggu cukup lama setelah menyiram kotoran kita dan ternyata closetnya tak henti - henti mengalir airnya, jika terjadi masalah seperti ini coba segera angkat tutup tangki closetnya dan intip ke bagian dalamnya.


Bagian dalam Tangki Closet Duduk


Nah kalau tangki airnya ternyata tidak penuh atau bahkan kosong maka sudah pasti katup karet flappernya tidak bisa tertutup dengan rapat, cara mengatasi : coba anda pegang bagian karet flappernnya dan tutup dengan tangan, dan kalau flappernya ternyata masih selalu nyangkut seperti itu maka segera cek flappernya, jika karetnya sudah aus atau kering, segera gantilah dengan yang baru, tapi biasanya sih cuman kotor, cukup di bersihkan dengan air sabun, maka karet flappernya bisa digunakan kembali dan ini pernah kami alami loh, waktu tengah malam mau cari suku cadang dimana ? ya akhirnya kita cuci saja flappernya dengan detergen dan ternyata bisa di pakai lagi.

Masalah lain yang lebih sederhana bisanya pada masalah tersangkutnya rantai penarik flapper, nah coba cek dulu apakah rantai penarik flappernya kusut atau tidak, mungkin cuman tersangkut pada sesuatu sehingga posisi flappernya terbelit pada rantai, jangan ragu – ragu ulurkan tangan anda ke dalam tangki air closet anda dan cobalah uraikan rantainya hingga tidak tersangkut lagi, Jika flappernya bentuk bola karet coba cek lagi rantai yang mengikat bola karet tersebut apakah berada pada posisi yang pas coba teliti dengan baik apakah rantainya bisa leluasa bergerak dengan bebas ?


Posisi  Pelampung pada Closet duduk


Jika Ternyata air di dalam tangki terisi, maka coba cek apakah air di dalam tangki tersebut berada pada posisi garis yang sesuai,  nah jika posisi garis air tidak sesuai dengan batas minimal airnya, maka coba kalian periksa flapper airnya dan pastikan posisinya atau tidak, coba buka biarkan flappernya menutup dengan baik sehingga tangki airnya akan mulai mengisi hingga mencapai batas air, lalu perhatikan  Pelampungnya apakah mengapung dengan sempuna, biasanya plampung air yang nyangkut juga bisa mengakibatkan flapper menjadi rembes atau menutup tidak sempurna.

Nah jika semua cara yang kami uraikan di atas sudah dicoba dan dilakukan dengan benar, tetapi sistem penyiraman pada closet anda masih tetap bermasalah atau tidak berhasil menghentikan kebocoran rembesan air pada closet tersebut maka anda dapat mengganti satu set sistem flush closet tersebut dengan yang baru, yang terdiri dari Flapper, Float ball atau pelampung, Overflow Tube, lift chain atau rantai penarik, Flapper Hinges atau pengait Flapper dengan rantai, dan set Refill tube nya dan untuk harga, model serta kwalitasnya.