Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Cara Memperbaiki ( Betulin ) Kipas Angin Yang Kurang Kencang Anginnya

Cara Betulin Kipas Angin Yang Muternya Pelan

MEMPELAJARI BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI ( BETULIN ) SENDIRI KIPAS ANGIN YANG RUSAK DI RUMAH, DAN GIMANA CARANYA MENGGANTI ALAT ATAU SUKU CADANG KIPAS ANGIN YANG RUSAK.

Hampir setiap rumah memiliki Benda yang bernama Kipas Angin, baik yang ukurannya besar sampai dengan kipas angin portable yang ukurannya sangat mini / kecil, terlepas dari ukurannya, kipas angin berfungsi menghasilkan angin yang sejuk akibat yang di timbulkan oleh berputarnya baling - baling pada Dinamo atau Mesin Kipas Angin Tersebut. Kipas Angin Termasuk Alat Elektronik Rumah Tangga yang terjangkau harganya dan sama halnya dengan Setrikaan atau Rice Cooker, walaupun harganya cukup murah dan sangat terjangkau oleh sebagian besar masyarakat di negara kita, namun bukan berarti jika Kipas Angin kita di Rumah Rusak, misalnya Muter baling - baling agak lambat sehingga anginnya jadi kurang kencang, kemudian kalian langsung ganti dengan Kipas Angin yang baru, sementara Kipas Angin Yang rusak tadi sebetulnya dengan mudah bisa kita perbaiki sendiri. Selain Menghemat sedikit uang, jika anda berusaha memperbaiki Kipas Angin Yang rusak itu, tandanya kalian ikut andil mengurangi sampah Elektronik yang berpotensi besar akan mencemari Lingkungan Hidup anak cucu kita kelak, mari kita Lestarikan Lingkangan kita dan Sedikit Berhemat demi masa depan anak dan cucu kita nanti. Ok, kita gak akan terlalu bertele - tele membahas tentang anak cucu dan juga dampak Lingkungan, ini hanya gambaran singkat saja, selanjutnya kita akan masuk ke pokok pembahasan kita yaitu Gimana Cara Betulin Kipas Angin Yang Rusak di Rumah Kita !

MENGENAL KOMPONEN SUKU CADANG KIPAS ANGIN YANG BISA DI GANTI

Ada beberapa bagian komponen atau spare part Kipas Angin yang sering kali mengalami kerusakan yang di sebabkan karena usia pemakaian, diantaranya adalah Dinamo atau Mesin Kipas Angin itu Sendiri. dinamo memang merupakan komponen dari Kipas Angin yang paling mahal, biasanya kalau kipas angin rusak dinamonya kita lebih memilih membuang Kipas Anginnya di bandingkan kita mengganti dinamonya dengan yang baru. Ups dinamo yang rusak jangan di buang dulu guy's - masih bisa kita betulin sendiri loh, nanti kita akan bahas secara mendalam Cara Betulin Dinamo Kipas Angin Yang Rusak.


Komponen Kipas Angin Yang Sering Rusak dan Bisa di Ganti sendiri

Komponen berikutnya yang sering dan sangat sering rusak adalah Benda Yang bernama Kapasitor yang biasanya sering di sebut sebagai Kondensator yaitu sebuat alat atau komponen Elektronik  yang bisa menyimpan energi di dalam medan listriknya dan berfungsi memberi daya listrik yang cukup untuk menggerakan dinamo Kipas Angin tersebut. Selain Dinamo dan Kapasitor, Masih ada beberapa komponen kipas angin lainnya yang perlu kita kenali terlebih dahulu di antaranya :

  • Gear Box
  • Baling - Baling / Gril Kipas
  • Stop Kontak
  • Switch Kecepatan
  • Kabel Listrik
  • Sekri


Berikut Contoh Aneka Jenis Komponen / Suku Cadang Kipas Angin yang Ada Di Pasaran, selengkapnya Lihat dengan Cara :

MENGENALI JENIS KERUSAKAN UMUM PADA KIPAS ANGIN

Kerusakan Pada Kipas Angin pada umumnya hanya seputar masalah Kipas Angin Mati Total, Kipas Berputar Lambat dan Kipas Angin Menimbulkan suara berisik, mungkin anda pernah mengalami ketika udara sedang panas kemudian anda mencolokan kabel listrik kipas angin anda ke saklar Listrik di rumah, tapi apa yang terjadi, kipas angin anda tidak bisa berputar, jika kalian mengalami hal tersebut sekarang maka janganlah khawatir, karena kita akan belajar untuk memperbaiki sendiri kipas angin yang rusak tersebut. Sebelumnya mari kita kenali terlebih dahulu jenis - jenis kerusakan yang umum terjadi pada Kipas Angin diantaranya adalah :

  • Kipas Angin Mati Total, Lampu Power Ikut Mati
  • Kipas Angin Tak Mau Berputar Namun Lampu Power Masih Menyala
  • Kipas Angin Masih Bisa Berputar Namun Berputar Lambat Sekali
  • Kipas Angin Masih Berputar Tetapi Menimbulkan Suara Yang Cukup Berisik
  • Kipas Angin Putaran Kipasnya Terbalik

Kerusakan Umum Pada Kipas Angin Tersebut di atas, akan kita bahas lagi secara lebih mendalam termasuk bagaimana cara mengatasi / memperbaiki masalah - masalah tersebut dengan cepat dan sangat mudah !



PENYEBAB KERUSAKAN PADA KIPAS ANGIN

Penyebab Kerusakan pada kipas angin yang paling umum terjadi adalah karena Kipas Angin jarang di bersihkan, masalah malas membersihkan kotoran debu yang menumpuk pada dinamo dan baling - baling kipas angin menyebabkan kerja mesin / dinamo menjadi lebih berat yang berakibat pada kerusakan Poros dinamo dan merembet ke komponen lain seperti Kapasitor dan Gear Box, membersihkan saja malas apalagi melumasinya, padahal kita semua pasti sudah paham bahwa benda yang berputar / bergerak seperti kipas angin membutuhkan perawatan dan pelumasan yang baik agar lebih awet umur pemakaiannya. Tapi di luar masalah malas membersikan dan melumasi kipas angin itu bukan menjadi penyebab satu - satunya kipas angin kita cepat rusak, ada beberapa kasus kipas angin yang baru beli beberapa lama pun sudah mulai rusak, kerusakan - kerusakan tersebut dapat kita indentifikasi sbb : 


Cara Betulin Kipas Angin Yang Mati Total


Kipas Angin Yang baru seminggu di pakai pun bisa mengalami hal seperti ini, mati total artinya lampu indikator tidak menyala, biasanya kerusakan seperti ini di indentifikasi karena terputusnya aliran arus listrik dari stop kontak ke mesin kipas angin tersebut.
  • Cobalah kalian periksa lubang kabel stop kontak dengan tespen, jika salah satu lubang ketika di colok dengan tespen dan lampunya menyala, maka artinya tidak ada masalah pada stop kontak anda, masalahnya sekarang pasti pada Kipas anginnya.
  • Langkah Berikutnya, kita bisa periksa bagian Kabel dan Stecker Tersebut, jika fisik dari kabel dan steckernya tidak ada yang rusak, maka kita bisa periksa bagian dalam kabel dan stecker tersebut dengan alat Multitester apakah ada serat di dalam kabel tersebut yang terputus.

Cara Memeriksa Sambungan Colokan Kabel Kipas Angin Yang Rusak


Cara Betulin Kipas Angin Yang Lampu Power Menyala Tapi Baling - Baling Kipas Angin Tidak Mau Berputar dan Dinamo Bunyi Mendengung


Kondisi kerusakan seperti ini biasanya di sertai dengan bunyi mendengung pada dinamo Kipas angin, hal ini kemungkinan di sebabkan oleh poros kipas angin kotor dan kurang pelumas, atau bisa juga porosnya sudah aus atau terkikis oleh gesekan as motor, penyebab lainnya bisa di sebabkan juga oleh rusaknya Kapasitor, sehingga tidak bisa menghantarkan daya listrik dengan baik untuk menggerakan dinamo kipas angin tersebut. dan kemungkinan kerusakan yang paling parah adalah terbakarnya kabel Kumparan kuningan pada dinamo / motor kipas angin anda, biasanya jika kumparan dinamo terbakar akan tercium bau tutung atau bau komponen electronik yang terbakar. Jika menemukan masalah seperti ini, bagaimana cara mengatasinya ? mari kita bahas di bawah ini :

  • Lepaskan Baling - baling kipas angin anda dan Bongkar Bagian Poros, berishkan dari kotoran, lilitan rambut aatu benang dan lumasi kembali dengan minyak pelumas rantai, kemudian pasang kembali baling - balingnya dan putar dengan tangan sampai kipas bisa berputar dengan loncer dan lancar.
  • Jika cara pertama tadi di atas tidak berhasil, maka langkah berikutnya adalah membongkar kembali bagian dinamo kipas angin anda dan periksa apakah ada indikasi bau terbakar pada dinamo kipas anginnya, jika ternyata kondisi masih bagus dan secara kasat mata memang tidak ada yang terbakar, maka kita bisa pasang kembali rumah dinamonya.
  • Jika kedua cara di atas belum bisa mengatasi masalah kerusakan pada kipas angin anda, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada komponen bernama Kapasitor pada kipas angin anda, kemungkinan kapasitornya sudah rusak dan tidak mampu memberikan lonjakan arus listrik yang cukup ke bagian dinamo motor sehingga motor tidak memiliki tenaga untuk berputar, kita bisa mengukur dengan alat multitester.

CARA TEST / MENGUJI KAPASITOR KIPAS ANGIN APAKAH RUSAK ATAU TIDAK


Cara Ngetes Kapasitor Kipas Angin


Sering kali kapasitor pada Kipas angin yang lemah memang tidak bisa di kenali kerusakannya jika hanya melihat Fisik dari kapasitor tersebut, biasanya kapasitor yang meletus atau terbakar akan meninggalkan jejak atau bekas terbakar, lain halnya jika kapasitornya hanya lemah saja atau tidak bocor ( meletus ) - tentu saja secara kasat mata kita tidak bisa membedakan kapasitor yang masih berfungsi dengan baik dengan kapasitor yang sudah lemah / rusak. cara mengidentifikasi kapasitor yang rusak adalah dengan mengujinya menggunakan alat Multitester.

  1. Siapkan Alat Tesnya Berupa Multitester

  2. Pindahkan Posisi Tombol Selektor pada Multitester ke posisi Ohm - Meter ( Biasanya Untuk mengukur Nilai Resistor / Tahanan

  3. Siapkan Kapsitor yang akan kita ukur dan pastikan kaki / terminal kapasitor bersih dari kotoran yang dapat menghambat proses pengukuranhubungkan kabel multitester merah pada terminal ( + ) dan kabel hitam pada terminal ( - ) kapasitor

Cara Membaca Hasil Pengkuran / Pengujian Kapasitor Pada Layar Multitester

  • Kapasitor Normal / Masih Berfungsi : Jika Jarum Penunjuk pada layar Multitester bergerak / melonjak dari kiri ke kanan dan kemudian jarum penunjuk kembali lagi ke posisi nol / posisi semula. besarnya lonjakan tergantung Nilai uF / Micro Farad kapasitor tersebut, semakin besar Nilai uF nya semakin jauh lonjakan jarum multitesternya. Kapasitor yang seperti ini masih bagus dan masih layak di pergunakan.

  • Kapasitor Putus / Jaringannya Rusak : Apabila jarum penunjuk di layar Multitester tidak bergerak naik / melonjak sama sekali, ini menandakan jaringan di dalam kapasitor tersebut telah putus /  rusak dan kapasitor tersebut tidak bisa di gunakan lagi.

  • Kapasitor Shorting / Korslet : Ketika jarum penunjuk di layar Multitester melonjak naik hingga batas akhir layar, ini menandakan jaringan kapasitor mengalami Shorting atau Korslet, kapasitor tersebut tidak bisa di pergunakan lagi dan akan sangat berbahaya jika di paksakan untuk di gunakan, kemungkinan besar kapasitor akan panas dan bisa meletus tiba - tiba.

  • Kapasitor Bocor : Kapasitor yang bocor mungkin sering di artikan sebagai kapasitor yang lemah walaupun bukan itu maksudnya, yang jelas kapasitor bocor jaringannya belum putus dan belum mengalami shorting, kondisi kapasitor seperti ini bisa di tunjukan jika Jarum penunjuk pada layar multitester bergerak / melonjak naik sampai batas micro faradnya namun jarum penunjuknya tidak kembali lagi ke posisi semula, ini menandakan kapasitor sudah rusak dan tidak bisa memberi lonjakan listrik yang stabil kepada dinamo kipas angin anda, segeralah ganti kapasitor yang bocor tersebut agar tidak meletus tiba - tiba.

Cara Betulin Kipas Angin Yang Muternya Pelan

Kalian Pasti kesal jika kipas angin di rumah yang tadinya anginnya kencang sekarang anginnya jadi kecil karena baling - baling kipas anginnya berputar sangat lambat, jangan kwatir karena setelah membaca artikel ini maka kemungkinan besar anda tak perlu mengganti kipas angin anda dengan yang baru, mari kita betulin sendiri saja dengan biaya yang cukup murah tentunya. setidaknya ada 3 penyebab utama yang sering kali terjadi jika kipas angin baling - balingnya berputar pelan / lambat, kerusakan atau penyebabnya adalah sbb :
 
  1. Karena Poros dan As Motor Kipas Angin Kotor serta kering
  2. Karena Kapasitor Kipas Angin anda Rusak
  3. Karena Tegangan Listrik PLN di Rumah anda terlalu rendah

Ok Kita coba perbaiki dengan asumsi Kipas Poros dan As Kipas Anginnya Kotor Serta Seret karena kurang minyak, mari kita bongkar baling - balingnya terlebih dahulu dan sekalian kita bersihkan dengan cara mencuci baling - balingnya, kemudian bersihkan kotoran yang menempel di sekitar motor dan as motor, kita tidak perlu sampai membongkar rumah dinamonya, cukup kita lumasi saja dengan minyak pelumas dan kita putar - putar as nya, biasanya di bagian as dan poros dinamo tersangkut / terbelit rambut dan benang, itulah yang menyebabkan perputaran poros baling - baling kipas angin jadi terhambat. cara melumasi poros dinamo kipas angin bisa lihat gambar di bawah ini :


Cara Melumasi Mesin Kipas Angin



Setelah Rumah kipas angin dan baling - baling di bersihkan, kemudian poros dan as dinamo juga sudah di lumasi, langkah berikutnya adalah memeriksa kapasitornya, apakah masih berfungsi dengan baik, untuk menguji apakah kapasitornya masih bagus atau sudah rusak, caranya sudah kami jelaskan di atas, silahkan di simak kembali.

Jika kedua cara tersebut sudah di lakukan, maka anda bisa memasang kembali seluruh rangkaian komponen kipas angin anda, dan coba tes, kalau sudah bisa berputar dengan kencang maka anda bisa menikmati sejuknya angin dari kipas angin anda, tetapi jika masalahnya masih sama, kipas anginnya masih berputar lambat, kemungkinan kipas angin anda memang tidak rusak, penyebab dari lambatnya perputaran baling - baling kipas angin anda bisa di sebabkan Tegangan Arus Listrik PLN di rumah anda cukup rendah, karena tegangan Litrik PLN yang Normal untuk menggerakan Dinamo Kipas Angin adalah 220 Volt, jika sampai tekor misalnya di bawah 180 volt maka perputaran kipas angin anda akan semakin melambat, jika demikian anda perlu membeli alat yang bernama Stabilizer yang berfungsi menstabilkan tegangan listrik di rumah anda. ya setidaknya kipas angin anda sudah bersih dan di lumasi sekarang, kalau masalah harus beli stabilizer anda bisa menabung terlebih dahulu atau cari yang bekas di pasar loak.

Cara Betulin Kipas Angin Yang Bunyinya Berisik

Kipas Angin yang Menimbulkan bunyi yang berdenyit dan cukup berisik sehingga mengganggu kenyamanan tidur anda, kipas angin yang menimbulkan suara berisik ini kemungkinan bisa di sebabkan karena ada baut - baut pengikat di bagian dinamo yang longgar sehingga getaran dinamo menimbulkan suara  berdenyit yang tidak enak di dengar, selain itu suara berdenyit juga bisa di timbulkan karena poros dan as dinamonya kesat dan kotor. Solusinya kalian bisa kencangkan baut - baut dudukan dinamo kipas angin anda dan sekalian bersihkan serta lumasi poros dan as dinamo kipas angin anda. selain muternya jadi lebih kencang, suara berisik pun pasti akan hilang.