Cara Betulin Charger HP Yang Rusak - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Betulin Charger HP Yang Rusak

Cara Betulin Charger HP yang Rusak

MENCARI TAHU GIMANA CARA BETULIN SENDIRI CHARGER HP YANG RUSAK

Tidak semua charger Handphone itu murah harganya, Jika Charger HP KW mungkin saja Harganya murah, Tapi kalau charger HP Bawaan Smartphone atau istilahnya charger Original sudah pasti harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Apakah Jika charger Ori anda rusak langsung anda buang dan beli yang baru, istilahnya Lembiru ( Lempar Beli Baru ) kalau duit anda banyak sih gak masalah, tapi masalahnya bagaimana jika duit anda pas - pasan dan charger HP anda Rusak, hmmm solusinya pasti anda beli yang KW, kan harganya murah, Tapi apakah charger KW itu aman untuk di gunakan, baik untuk keamanan perangkat HP anda atau untuk keselamatan diri anda sendiri, karena umumnya charger KW itu rentan bermasalah hingga menyebabkan konsleting arus listrik, hal ini tentunya sangatlah berbahaya. Charger HP original terkadang baru di gunakan beberapa tahun sudah rusak, bahkan ada yang hanya bertahan beberapa bulan saja sudah tidak bisa di gunakan untuk mengisi baterai HP anda. Mungkin karena faktor kesalahan penggunaan atau mungkin juga cacat produksi, namanya juga barang - barang electronik, kita gak tahu kapan rusaknya. Tetapi dengan Belajar Memperbaik Sendiri Charger HP yang rusak anda tidak perlu khawatir lagi kapan Charger anda rusak dan tidak bisa di gunakan untuk mengecharge HP anda. Selain hemat biaya anda juga telah berpartisipasi menyelamatkan Lingkungan dari pencemaran Limbah Electronik, syukur - syukur malah jadi side job anda jadi tukang service charger rusak, kan lumayan duit imbalan jasa servicenya bisa buat beli HP baru lagi nanti, Nah Gimana, apakah anda tertarik mencobanya ? Gak susah kok, yuk di simak guys ! mari kita pahami part - part yang umumnya sering rusak pada charger HP tersebut !


Contoh  Produk Sparepart Charger HP Yang Sering Rusak dan Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Ada 2 kondisi Tanda Kerusakan pada Charger HP kita yaitu :

  1. Kondisi Charger Matot ( Mati Total )

  2. Kondisi Charger Putus Nyambung ( Kadang Hidup dan Kadang Mati )

Kedua masalah ini, bisa kita atasi dengan cara yang akan kita bahas di bawah ini :

Sebelum mulai belajar Benerin Charger HP anda yang rusak, untuk membuka wawasan anda tentang bagaimana cara memperbaiki charger HP yang Rusak dengan mudah, silahkan anda simak salah satu cuplikan video tutorial bagaimana cara betulin Charger HP yang rusak serta mengecek bagian - bagainnya dengan teliti ! selamat menyimak !




Sebagian Besar Produk Charger Original memiliki Komponen atau bagian yang mengatur dan mencegah terjadinya over charges yang dapat merusak Handphone anda, Untuk itu lebih baik anda perbaiki charger Ori anda yang rusak atau membeli yang ori lagi di bandingkan mengambil resiko dengan menganti charger anda dengan yang KW.

Ada Beberapa Langkah yang bisa anda lakukan sebelum memastikan bahwa charger ori anda tidak bisa di betulin lagi, karena pada umumnya kerusakan pada charger Original itu hanya sederhana dan mudah sekali di perbaiki tanpa mengeluarkan biaya yang besar, diantaranya adalah 3 hal berikut ini :




  1. Kabel Charger isinya Terputus
  2. Port Konector Pada charger kotor atau berkarat - Port yang kotor atau berkarat akan mengakibatkan konektifitas arus listrik tidak masuk dengan lancar.
  3. Terdapat beberapa pin konector bengkok atau yang patah
  4. Jalur pada PCB yang Pecah dan Terputus, Mungkin karena Charger HP anda pernah di Kebanting

Jika keempat hal tersebut yang menjadi penyebab charger Ori anda tidak bisa di pakai untuk mengecharge HP anda karena charger kehilangan daya untuk mengisi baterai HP anda, maka solusinya ya lebih baik sih Betulin sendiri saja ! sayang kalau harus di Lembiru, Gampak kok guys !

Cara cek Charger HP nya sebelum di Bongkar !

  1. Pastikan ada arus listrik PLN Pada stopkontak dan tegangannya normal, jika dicek dengan multi tester / avo meter teganganya akan berkisar di 200-220 Volt AC
  2. Coba  deh ganti dulu kabel datanya dengan kabel data yang lain dan pastikan masih berfungsi dengan baik, jangan sampai kita bongkar kepala chargernya tetapi ternyata yang rusak cuman kabel datanya.
  3. Pastikan kalau Kepala Charger emang gak rusak dengan cara mengganti kepala charger yang lain, kalau diganti kepala charger lain yang normal masih belum bisa mengisi juga kemungkinan besar kerusakan terjadi pada port charger di dalam hp anda atau pada komponen pengisiannya. Kalau demikian anda harus ke tukan service HP. Karena Emang bukan chargernya yang rusak !

Kalau udah di cek dan ternyata masalahnya bukan ke tiga hal di atas maka, Langkah Berikutnya segera siapkan alat - alat untuk memeriksa dan memperbaiki charger Ori anda yang rusak, yaitu :

  1. Obeng Min, atau Pisau cuter yang tebal untuk mencungkil casing charger
  2. Multi Tester / avo meter untuk mengecek aliran atau jalur PCB dan casing yang terputus
  3. Gunting
  4. Solder + Timah Patri
  5. Isolasi
  6. Pinset untuk mecapit bagian yang kecil dan membersihkan port konectornya

Setelah alat - alatnya siap, sekarang kita mulai membongkar casing chargernya ya guys, seperti tampak pada gambar di bawah ini :
  1. Pertama bongkar dulu  cahing charger hpnya  dengan bantuan alat pencongkel, bisa pakai obeng min atau pakai ujung cutter yang agak besar dan tebal, agar lemnya sedikit berkurang daya rekatnya, kita bisa meneteskan minyak kayu putih di celah tutup casingnya agar lebih mudah dicungkil.

  2. Setelah berhasil dibongkar, langkap berikutnya adalah memeriksa pada bagian port outputnya atau bagian usb kepala charger apakah ada jalur yang putus atau ada solderan yang lepas dan kurang kencang. Kalau ada segera solder lagi dan perbaiki bagian yang lepas tersebut.  kalau tidak ada, sekalian periksa jalur PCB nya dengan avo meter apakah ada jalur yang putus karena pecah pcb nya. jika tidak ada anda bisa lanjutkan ke poin no.3

  3. Perhatikan fisik dari komponen-komponen charger tersebut apakah ada yang gosong terbakar atau kapasitor yang menggelembung, Pada umumnya kerusakan adaptor charger ada pada bagian transistor, kapasitor (elco), diode, dan resistor, Biasanya chargernya meletus tapi anda gak tahu, nah kalau gak ada yang gosong bisa di cek dengan multitester atau avo meter, Jika ada yang gosong dan rusak maka tinggal ganti saja komponen yang rusak tersebut, dengan yang masih bagus, komponennya bisa cari di online
  4. Kalau Komponen yang hangus atau Gosong sudah di ganti tapi masih sama saja, chargernya gak bisa ngecas berarti ada komponen bagian regulator atau ic yang mengalami kerusakan, kalau bagian ini yang rusak, anda juga bisa beli komponennya di toko sparepart terdekat atau bisa cari di toko online
Kalau urusan mengganti Komponen yang rusak sebenarnya kalau mau hemat bisa kanibal dari charger HP rusak yang lain, biasanya di tukang loak banyak.

CARA ANTISIPASI KALAU ADA TANDA - TANDA CHARGER UDAH MAU RUSAK


Sebelum Charger anda Rusak Total Sebaiknya Jika sudah ada Tanda - Tandanya Charger Anda Mau Rusak, segera di betulin, Berikut ini Beberapa Tanda Kalau Charger anda sudah mau Rusak

Daya Pengisianya  Mulai Lama : Charger yang mempunyai tanda tanda dengan pengisianya yang mulai lambat atau lemod, biasanya terdapat komponen yang konsleting ringan, tanda – tanda  seperti ini juga bisa pula disebabkan karena beberapa hal di berikut ini :

a. Jenis Steker Chargernya Salah Pada Saat Beli HP baru.
b. Kabel charger yang terlalu berantakan.
c. Charging dengan suhu yang tidak optimal.
d. Terdapat banyak debu yang membuat arus listrik tidak terhubung sempurna.


Colokan Pada Outputnya kalau dipegang Agak Nyetrum : Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada isolator adaptornya bocor dan terjadi konsleting pada groundnya

Arus yang keluar dari Port USB Charger Putus Nyambung : hal Ini terjadi karena adanya konsleting pada output colokan carger yang terhubung kekonektor HP, penyebabnya karena sering memakai HP saat sedang proses charging berlangsung, jadinya colokan output panas dan timahnya meleleh.


Cara Bongkar casing charger samsung

Setelah di Bongkar casing kepala Chargernya dan betulin komponen yang rusak, sekarang tinggal pasang kembali cashingnya, pastikan bagian mesin charger masuk ke cashingnya dengan sempurna dan rapatkan dengan lem agar tidak masuk air dan debu.

Selain chager HP Samsung Ori, charger HP Merek lain seperti Oppo, Vivo, xiaomi dan lain - lain juga bisa di betulin dengan prinsip kerja dan cara yang sama seperti di atas tadi, mari kita pelajari bersama cara betulinnya !

--> SELANJUTNYA