Cara Mengusir Semut Agar Tidak Kembali Lagi - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Mengusir Semut Agar Tidak Kembali Lagi

Cara Ngusir Semut Yang Paling Efektif

Mencari Tahu Cara Paling Efektif Ngusir Semut Dari Rumah Kita Agar Tidak Kembali Lagi.


Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering melihat semut berada di rumah maupun tempat-tempat lain yang biasanya Anda jangkau, seperti mobil pribadi, lemari penyimpanan makanan, sampai dengan meja makan. Meskipun hewan ini terbilang sangat kecil, namun kehadiran beserta koloni sangat mengganggu. Tidak hanya karena semut sering mengerumuni makanan yang disajikan, tetapi beberapa gigitan semut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit manusia. Sehingga, kini banyak orang yang mencari cara bagaimana cara mengusir semut. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika iya tentu saja artikel ini adalah artikel yang tepat untuk Anda simak sejenak dan anda praktekan.

Table of Content

1.  Mengenali Apa Itu Semut
1.1. Karakteristik Semut
1.2. Tempat Yang Mengundang Datangnya Koloni Semut

2. Tips dan Trik Cara Efektif Mengusir Semut
2.1. Menggunakan Bahan Alami
2.2. Menyemprotkan Cairan Pembersih/Sabun
2.3. Menyemprotkan Pengusir Serangga
2.4. Menyemprotkan Minyak Nimba dan Minyak Esensial Kayu Putih
2.5. Menggunakan Kapur Ajaib
2.6. Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

3. Bahan – Bahan Alami Yang Ampuh Untuk Mengusir Semut
3.1. Kulit Jeruk
3.2. Rempah – Rempah
3.3. Daun Mint

Mengenali Apa Itu Semut ?

Walaupun sebetulnya ada sekitar 12 ribu spesies semut yang telah terindentifikasi di seluruh dunia, tetapi hanya beberapa dari spesies itu yang biasanya kita jumpai di rumah kita dan dianggap sebagai hama rumah tangga, Semut merupakan serangga sosial yang termasuk ke dalam ordo Hymenoptera dan family Formicidae yang memiliki kurang lebih 12000 spesies (Romarta et al., 2020). Meskipun jenisnya terbilang cukup banyak, namun hanya sekitar 4 jenis saja yang paling sering kita temui di rumah dan sekitarnya. Beberapa jenis itu, diantaranya semut gula (Camponotus Consobrinus), semut gila (Anoplolepis gracilipes), semut tukang kayukayu (Camponotus), dan semut firaun (Monomorium pharaonis).

1. Karakteristik Semut

“Di mana ada gula di situ ada semut” Kalimat ini tidak sepenuhnya benar, karena semut tidak hanya berkerumun di sekitar makanan manis saja, tetapi semut akan mengerubungi hal apa saja yang mereka anggap sebagai “makanan”. Beberapa ciri khusus atau karakteristik semut adalah sebagai berikut : 
  • Semut adalah merupakan golongan serangga kecil yang hidupnya berkoloni dan memiliki sarang yang cukup rumit stukturnya, dalam sebuah sarang bisa hidup sekelompok koloni semut yang beranggotakan ratusan bahkan hingga ribuan ekor semut. 
  • Semut memiliki karakter pekerja keras dan sangat kuat mengangkat beban yang jauh lebih berat dari bobot tubuhnya sendiri, seekor semut mampu mengangkat beban hingga 50x dari berat tubuhnya. 
  • Semut juga merupakan hewan yang memiliki kehidupan sosial dan memiliki antena pada bagian kepalanya yang berfungsi untuk berkomunikasi antara semut yang satu dengan semut - semut yang lain, serta untuk mendeteksi unsur - unsur kimiawi di sekitar mereka berada.

Mengetahui Karakteristik Semut agar mudah mengusirnya

  • Semut ternyata memiliki Sungut yang berfungsi membawa makanan dan untuk perlindungan diri, Semut ternyata tidak memiliki telinga, tetapi bukan berarti semut tidak dapat mendengar bunyi, tetapi semut memiliki sensor yang dapat mendeteksi getaran di sekitarnya.
  • Semut punya 2 buah perut, perut yang satu adalah untuk mengisi makanan untuk di konsumsi sendiri dan perut yang satu lagi berfungsi mengisi makanan untuk di bagikan kepada semut - semut yang lain di koloninya. ( jadi ternyata semut itu baik hati dan tidak sombong ya ! )

2. Tempat Yang Mengundang Datangnya Koloni Semut

Umumnya semut yang ada di rumah suka dengan tempat - tempat yang lembab dan agak tersembunyi letaknya, seperti di bawah meja, di tumpukan - tumpukan kardus, sampai dengan sudut - sudut kamar mandi. Tetapi kita juga seringkali melihat barisan pasukan semut dari luar rumah yang masuk ke dalam rumah kita melalui celah - celah pintu atau sudut - sudut lubang angin.


Dari Mana Datangnya Semut

Mengapa semut - semut nakal itu bisa sampai ke rumah kita, tentu saja ada alasannya, sama seperti halnya manusia, ternyata semut juga memiliki naluri mencari tempat - tempat yang dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka yaitu sumber air, makanan dan tempat yang nyaman untuk berlindung. Salah satu tempat favorit para semut adalah dapur dan ruang makan, dimana semut dengan mudah dapat mendeteksi keberadaan makanan bagi mereka, sampah - sampah atau sisa makanan yang berceceran akan menjadi surga bagi koloni semut, begitu pula dengan makanan di atas meja yang tidak tertutup rapat tentu saja akan mengundang kehadiran para semut untuk memberitahukan lokasi sumber makanan bagi koloninya. 


Tips dan Trik Cara Efektif Mengusir Semut

Jika Anda sudah mengetahui jenis semut apa saja yang ada di rumah Anda dan tempat lainnya yang sering dikerumuni oleh semut. Berikut kami bagikan tips mudah dan tentunya peralatan dan bahan yang digunakan dapat Anda cari disekitar Anda.

1. Menggunakan Bahan Alami

Semut tidak menyukai bau menyengat, beberapa bahan alami yang dianggap ampuh karena memiliki bau yang kuat untuk mengusir semut, diantaranya kayu manis, bubuk cabai/lada hitam, kulit jeruk, dan daun mint

2. Menyemprotkan Cairan Pembersih / Sabun

Hampir di setiap rumah memiliki cairan pembersih maupun sabun. Dengan menyemprotkan cairan pembersih atau sabun ke sarang semut atau tempat-tempat yang biasa di lalui oleh semut dapat membuat semut mati atau terbasmi.

3. Menyemprotkan Pengusir Serangga

Dua produk pengusir serangga yang mudah Anda temui dan dapat dibeli di warung maupun supermarket terdekat.
  • Pertama, Formicide Bait, penggunaannya hanya ditaruh pada tempat yang biasanya dikerumuni oleh semut dan produk ini dibandrol dengan harga 1000-2000.

  • Kedua Seroxil, salah satu produk yang ampuh melawan serangga, tetapi aman jika terkena hewan peliharaan. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan 3-5 kali kepermukaan yang sering dilalui oleh semut, semut di rumah Anda akan terbasmi. Produk ini dibandrol dengan harga 45.000 untuk kemasan 450 ml.

4. Menyemprotkan Minyak Nimba dan Minyak Esensial Kayu Putih

Semut sangat tidak menyukai bau yang kuat, sehingga dengan menyemprotkan minyak nimba maupun minyak esensial kayu putih pada sarang semut, merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengusir semut.

5. Menggunakan Kapur Ajaib


Kapur Barus Pengusir Semut


Kapur Ajaib merupakan salah satu bentuk insektisida berbentuk kapur tulis padat. Anda dapat mengusir semut, hanya dengan melapisi ujung kaki meja, ujung kaki kompor, dan tempat lainnya dengan kapur ajaib. Hal ini dikatakan ampuh karena di dalam kapur ajaib terdapat senyawa aktif dektametrin dan cipermetrin yang dapat merusak jaringan syaraf semut dan menyebabkan kematian pada semut. Karena kandungannya yang berbahaya, untuk penggunaannya hindari dari jangkauan anak kecil disekitar Anda.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Seringkali karena keteledoran kita menyimpan makanan dan bercecerannya sisa makanan di rumah kita yang berakibat dengan cepat berdatangan barisan koloni semut pekerja menuju lokasi dimana makanan kita berada, oleh sebab itu kita perlu menjaga kebersihan lingkungan rumah kita terutama di area – area yang menjadi sumber masalah bagi kehadiran semut – semut nakal itu dan beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah :

  • Biasakan selalu membersihkan setiap ceceran remah-remah makanan dan tumpahan minuman manis dengan segera, karena remah makanan sekecil apapun dapat mengundang pasukan semut datang ke rumah Anda.
  • Selalu membersihkan sisa remah-remah makanan dan kotoran bekas memasak dengan menyeluruh mulai dari lantai dapur, terutama dikolong kompor, kulkas dan peralatan memasak lainnya.
  • Jangan pernah menaruh makanan yang dibiarkan terbuka dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya pergunakan wadah atau kotak kedap udara untuk menyimpan makanan Anda, dan usahakan untuk selalu menyimpannya ke dalam lemari yang tertutup.
  • Usahakan selalu membuang sampah di rumah anda dengan segera atau minimal menutup rapat tempat sampah Anda, serta mengosongkan tempat sampah setiap malamnya.



Bahan – Bahan Alami Pengusir Semut

Selain Menggunakan Bahan - bahan kimia yang mungkin bisa berdampak buruk bagi lingkungan, maka ada baiknya jika kita mencoba beberapa bahan - bahan alami berikut ini yang dapat mengusir keberadaan semut dari rumah Anda.

1. Kulit Jeruk

Anda sering makan jeruk? Eitss, kulit jeruknya jangan langsung dibuang. Kulit jeruk yang di olah dengan cara merebus sejumlah kulit jeruk selama 15 menit, kemudian Anda dapat menyemprotkan cairan tersebut ke tempat yang sering dikunjungi oleh semut, seperti tanaman, meja makan, dan lain sebagainya.

2. Rempah – rempah

Rempah – rempah memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengusir semut. Rempah – rempah yang biasa digunakan, meliputi bubuk lada/cabai dan kayu manis. Caranya hanya dengan menaburkan rempah – rempah ketempat yang sering dikunjungi semut atau taburkan ke peralatan masak Anda. Selain aman, cara ini juga dikatakan sudah tervalidasi oleh data yang diteliti dalam Studi tahun 2005 di jurnal Bioresource Technology.

3. Daun mint

Daun mint memiliki bau yang kuat sama seperti daun jeruk. Untuk mengusir semut dengan daun mint, Anda hanya perlu mencampurkan 5-10 helai daun min dengan 2 gelas air, lalu semprotkan pada tempat – tempat yang sering dikerumuni oleh semut.

--> SELANJUTNYA


Reference :

[1] Romarta, R., Yaherwandi, S. Efendi. (2020). “Keanekaragaman Semut Musuh Alami (Hymenoptera: Formicidae) pada Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat di Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmarasya” Jurnal Agrikultura, 31(1): 42 – 51.
[2] ditjenbun.pertanian.go.id
[3] www.rentokil.co.id
[4] Right Site Video
[5] www.cnnindonesia.com 
[6] Republika.co.id
[7] wikipedia.com