Cara Pakai ( Menggunakan ) Kompor Induksi Dengan Baik dan Benar - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Pakai ( Menggunakan ) Kompor Induksi Dengan Baik dan Benar

Cara Mengunakan Kompor Induksi dengan Benar
Mencari Tahu Bagaimana Caranya Menggunakan dan Mengoperasikan Kompor Induksi dengan Benar dan Cara Merawatnya

Kompor adalah barang yang sangat di perlukan di dalam sebuah rumah, sejak jaman dahulu kompor terus berkembang seiring perkembangan jaman, di mulai dari jenis kompor yang paling kuno dengan tungku berbahan bakar kayu, kemudian kompor arang atau kompor briket arang, lalu berkembang ke kompor minyak, dan kemudian berkembang lagi menjadi kompor gas dan kompor listrik yang umumnya di kita gunakan sehari – hari untuk memasak, dan hampir di setiap rumah kini dapat dipastikan memiliki minimal satu buah kompor, dibalik kenyataan dan perkembangan tersebut, tahukah Anda jika saat ini sudah ada kompor jenis yang beredar di pasaran ? Dalam usaha mengurangi penggunaan gas alam yang hampir menipis, munculah inovasi produk yang bernama " Kompor Induksi ", di mana bahan bakarnya adalah energi listrik. Namun, saat ini kompor induksi belum begitu banyak digunakan. Buat Anda yang saat ini masih mempertimbangkan untuk beralih ke kompor induksi dari kompor gas, ini adalah artikel yang tepat untuk Anda simak.

Table of Content

1. Mengenal Apa itu Kompor Induksi

1.1. Cara Kerja Kompor Induksi
1.2. Daya Listrik Kompor Induksi
1.3. Bedanya Kompor Induksi dengan Kompor Listrik

2. Cara Pakai ( Mengoperasikan ) Kompor Induksi Bagi Pemula

2.1  Cara Menghidupkan Kompor Induksi
2.2  Cara Meletakan Peralatan Masak ( Panci / Wajan ) Di atas Permukaan Kompor Induksi
2.3. Cara Mengatur Tingkat Suhu Panas Pada Kompor Induksi
2.4. Cara Menggunakan Timer Kompor Induksi
2.5. Cara Mengaktifkan Tombol Kunci Kontrol Pengaman Pada Kompor Induksi
2.6. Cara Merawat Kompor Induksi agar Lebih Awet dan Aman di Gunakan

3. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kompor Induksi

3.1. Kelebihan Kompor Induksi
3.2. Kekurangan Kompor Induksi
3.3. Peralatan Masak yang Cocok dengan Kompor Induksi

4. Merek – Merek Kompor Induksi dan Fitur Unggulannya

4.1. Cosmos CIC-996
4.2. Philips HD4932/30
4.3. HI-COOK IC-02
4.4. Han River HRIC01BK
4.5. Oxone OX-646

Ada Cukup banyak Merek Kompor - kompor induksi dengan berbagai fitur unggulan yang di tawarkannya, dan tentu saja dengan harga yang bersaing pula, detailnya mengenai hal tersebut dapat anda cek secara online.

Sebelum Anda memutuskan menganti kompor anda dengan " Kompor Induksi " maka sebaiknya simak terlebih dahulu artikel ini sampai selesai agar di dapatkan pemahaman yang lebih luas tentang " Kompor Induksi "


1. Mengenal Apa Itu Kompor Induksi?

Di kutip dari laman Kompas.com, pada rilis yang dikeluarkan PLN, Selasa (30/11/2021),  Executive Vice President Komunikai Korporat CSR PLN Agung Murdifi mengatakan kompor induksi diklaim lebih aman, mudah, dan efisien, serta memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan kompor konvensional.

1.1. Cara Kerja Kompor Induksi

Kompor induksi merupakan kompor yang menggunakan sumber energi listrik dari PLN sebesar  220  V Ac dan  frekuensi  50  Hz. yang kemudian diubah menjadi energi panas dimana arus listrik bolak – balik dihantarkan melalui gulungan  kawat dalam badan kompor, Tegangannya diturunkan  menggunakan transformator  dan  diteruskan  ke  komponen penyearah arus untuk merubah Tegangan  AC  menjadi tegangan DC melalui jembatan dioda. Cara kerja Kompor Induksi ini akan bekerja menggunakan prinsip kerja induksi elektromagnetik  dengan menggunakan  kumparan  sebagai  pembangkit  medan magnet sehingga menghasilkan energi panas yang dapat dipergunakan untuk memasak, Suhu maksimum kompor induksi adalah 351 derajat celcius. Kompor induksi dikatakan lebih aman dibandingkan dengan kompor konvensional karena kompor induksi tidak bisa memancarkan api. Pada kompor ini, panas langsung dialirkan ke alat masak dan makanan. Namun, ketika anggota tubuh bersentuhan langsung maka tidak akan terasa panas.

 
 
Prinsip Kerja Pada Kompor Komponen Kompor Induksi

 

1.2. Daya Listrik Kompor Induksi

Awalnya Daya listrik merupakan masalah utama mengapa masih banyak masyarakat yang belum beralih ke kompor induksi. Agar dapat menggunakan kompor induksi, daya listrik minimum adalah 2.200 watt/rumah. Namun Seiring perkembangan Tehnologi Kompor Induksi, kini sudah banyak aneka produk kompor induksi yang memiliki daya rendah dan lebih hemat energi, sehingga anda tidak perlu khawatir listrik di rumah akan tiba-tiba anjlok. Tak hanya dayanya yang rendah, harganya pun umumnya cukup terjangkau, contohnya Kompor Induksi Merek Tori Type TIC-717 yaitu kompor induksi satu tungku dengan daya konsumsi listrik yang cukup rendah, yaitu sekitar 100 Watt hingga 600 Watt Saja, kemudian ada juga Kompor Induksi Merek Cyprus Type KL-0071 yang memiliki 1 tungku dengan daya Listrik juga mulai dari 100 Watt hingga 600 Watt- Jika daya Listrik di rumah anda cukup terbatas dan dikhwatirkan tidak mampu mengangkat beban kompor induksi anda, maka sebaiknya dan mensetting kompor Induksi anda pada daya yang paling rendah terlebih dahulu baru kemudian di naikan perlahan – lahan sesuai kebutuhan memasak anda.

1.3. Bedanya Kompor Induksi dengan Kompor Listrik

Meskipun sama – sama menggunakan energi listrik sebagai sumber energi, namun tahukah Anda jika kompor induksi dengan kompor listrik merupakan dua hal yang berbeda. Terdapat beberapa faktor pembeda antara kompor listrik dengan kompor induksi, seperti sistem pemanasan, efisiensi energi, suhu maksimum, tingkat keamanan, dan harga.


Bedanya Kompor Listrik dengan Kompor Induksi


  • Perbedaan Yang Pertama, Harga kompor induksi cenderung lebih mahal dibandingkan kompor listrik. Hal ini dikarenakan kompor induksi memiliki lebih banyak keunggulan atau Fitur. Akan tetapi, kompor induksi lebih hemat energi dan tidak memakan banyak biaya saat penggunaannya di bandingkan dengan kompor Listrik.

  • Perbedaan Yang Kedua, sistem pemanas dan efisiensi energi, prinsip kerja kompor induksi menggunakan reaksi elektromagnetik untuk menghasilkan panas yang akan dihantarkan langsung pada alat masak yang dipergunakan, sehingga, efisiensi pada Kompor Induksi mampu mencapai 80%-90% Sedangkan energi panas pada kompor listrik dihasilkan dari energi listrik yang dicolokkan dari kompor. Kemudian, aliran listrik akan memanaskan plat kawat di bagian atas kompor yang akan dihantarkan ke permukaan kompor. Hal ini menyebabkan efisiensi energi pada kompor listrik hanya mencapai sekitar 70% saja.

  • Perbedaan Yang Ketika Ketiga, suhu maksimun dan tingkat keamanan. Suhu maksimum pada kompor listrik sedikit lebih besar dibandingkan kompor induksi, yaitu sebesar 393 derajat celcius, suhu maksimum yang tinggi pada kompor Listrik dapat menyebabkan risiko luka bakar ketika bersentuhan langsung dengan anggota tubuh. Sedangkan pada kompor induksi suhu maksimumnya hanya sebesar 351 derajat celcius, akan tetapi karena kompor induksi bekerja memancarkan elektromagnetik, kompor induksi mampu mengalami penurunan suhu dengan cepat dan tidak terasa panas apabila bersentuhan langsung dengan anggota tubuh.


2. Cara Pakai ( Mengoperasikan ) Kompor Induksi Bagi Pemula

Bagi Anda yang baru saja beralih atau akan beralih menggunakan Kompor Induksi, mari kitacari tahu bagaimana cara menggunakan kompor induksi yang baik dan benar, agar kompor induksi anda dapat lebih awet masa penggunaannya.




2.1. Cara Menghidupkan ( Hidupin ) Kompor Induksi

Untuk dapat mulai memasak dengan kompor Induksi kita harus menyalakan Tombol Powernya, Setelah Tombol Power ON/OFF dinyalakan, kompor akan berbunyi satu kali Tit.. dan saat itu semua indikator akan menyala selama 1 detik dan padam kembali, ini adalah menandakan bahwa kompor telah memasuki mode siaga dan kompor Induksi sudah siap di Gunakan.

Sentuh Tombol ON / OFF

Cara Menghidupkan ( Hidupin ) Kompor Induksi

2.2 Cara Menempatkan Alat Masak ( Panci / Wajan ) di Pemukaan Kompor Induksi

Letakan panci / wajan dengan bahan khusus yang cocok dengan Kompor Induksi di atas zona permukaan kompor induksi dan pastikan bagian bawah panci / wajan serta permukaan zona memasak bersih dan kering. Pastikan Panci Atau Wajan Yang anda gunakan adalah khusus untuk memasak menggunakan Kompor Induksi, perihal panci dan wajan khusus tersebut maksudnya adalah panci dan wajan khusus yang telah tersedia saat anda membeli kompor Induksi atau bisanya panci dan wajan yang bisa di beli terpisah dan telah didesain oleh pabriknya dan memiliki kecocokan dengan jenis kompor Induksi yang Anda gunakan



ara Menempatkan Alat Masak ( Panci / Wajan ) di Pemukaan Kompor Induksi










2.3. Cara Mengatur Tingkat Suhu Panas Kompor Induksi

Setelah power kompor induksi Anda hidupkan maka Silahkan Anda Pilih zona pemanasan yang ingin Anda gunakan jika kompor induksi anda lebih dari 1 tunggu, dan jika kompor Induksi anda hanya 1 tungku maka anda tinggal lihat Indikator tombol yang akan berkedip "5" ( ini adalah pengaturan default suhu panas awal kompor pertama kali di nyalakan )

Cara Mengatur Tingkat Suhu Panas Kompor Induksi


Berikutnya anda bisa sesuaikan pengaturan panas Kompor Induksinya sesuai kebutuhan Anda dengan menyentuh tombol “+” atau”-”.

Cara Mengatur Tingkat Suhu Panas Kompor Induksi

Untuk menyesuaikan level Suhu dan daya listriknya maka Anda dapat menekan tombol “+” untuk menaikan suhu dan “-“ untuk menurunkan suhu. Terakhir anda juga dapat matikan tombol “Fungsi”, tunggu selama 10 detik, kompor induksi akan mati secara otomatis atau kompor induksi akan mati jika selama satu menit setelah alarm berbunyi yang menandakan tidak ada panci / wajan / alat masak lainnya diatas pemukaan kompor induksi. Mematikan zona pemanasan menyentuh Tanda Minus " - " “ Sentuh Tombol Sampai ”0″. Pastikan tampilan menunjukkan “0” yang menandakan panas kompor Induksi sudah di padamkan











2.4. Cara Menggunakan Timer Kompor Induksi

Untuk menyalakan timer Anda dapat menekan tombol “Timer”. Sesuaikan durasi waktu yang diinginkan (1 menit – 120 Menit ) saat indikator timer menyala dan angka berkedip di layar, dengan menekan tombol “+” untuk menambah durasi waktu dan tombol “-“ untuk mengurangi durasi waktu. Kompor induksi akan berhenti memanas atau dalam keadaan mati, saat hitungan mundur dari timer default atau timer yang diatur sebelumnya tercapai.


Cara Menggunakan Timer Kompor Induksi






2.5. Cara Mengaktifkan Tombol Kunci Kontrol Pengaman Pada Kompor Induksi

Agar lebih aman, maka Anda dapat mengaktifkan tombol kontrol pengunci pada kompor induksi anda untuk mencegah penggunaan yang tidak diinginkan misalnya anak-anak secara tidak sengaja menekan salah tombol dan menyalakan zona memasak, oleh sebab itu sebaiknya aktifkan kontrol dikunci pengaman, maka semua kontrol kecuali tombol ON/OFF akan dinonaktifkan, atau Matikan Power listriknya jika kompor tidak sedang di gunakan.

Cara Mengaktifkannya Sentuh Tombol kunci Ikon Kunci, maka Indikator pengatur waktu akan menunjukkan “ LO ” ( Terkunci).












2.6. Cara Merawat Kompor Induksi agar Tetap Awet dan Aman di Gunakan

Agar kompor induksi anda dapat tetap awet, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Pastikan kompor induksi dalam keadaan mati, lalu cabut steker listrik dari stopkontak. Mulai bersihkan ketika piring kompor dari kompor induksi tidak dalam keadaan panas.
  • Bersihkan saluran masuk/keluar udara dengan menggunakan kain kering yang lembut dan sikat lembut atau penyedot debu mini.
  • Gunakan kain lembab yang lembut dengan sedikit pasta gigi atau deterjen ringan untuk membersihkan piring kompor untuk membersihkan noda minyak.
  • Selain membersihkan kompor induksi, untuk membuat kompor induksi lebih awet dan aman, Anda juga dapat mencabut steker listrik dari stop kontak apabila kompor induksi tidak digunakan, serta lindungi kompor induksi dari debu atau serangga.

3. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kompor Induksi

Jika Anda belum pernah menggunakan Kompor Induksi atau masih ragu untuk beralih menggunakan kompor induksi, mari kita simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kompor induksi.

3.1. Kelebihan Menggunakan Kompor Induksi

  • Pertama dari segi tampilan, kompor induksi memiliki desain yang modern dan elegan. Selain itu, pada kompor induksi panas diperoleh dari energi elektromagnetik dan hanya menghantarkan panas pada alat masak, sehingga kompor induksi dapat dikatakan lebih aman dan tidak akan menyebabkan luka bakar apabila anggota tubuh bersentuhan langsung dengan kompor tersebut.
  • Kedua, kompor induksi dapat mengontrol suhu dengan mudah. Perpindahan panas pada kompor induksi cenderung membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan kompor listrik. Sehingga, masakan jadi lebih cepat matang.
  • Ketiga, kompor induksi menggunakan energi elektromagnetik, sehingga hanya alat masak yang memanas dan kompor tetap dingin. Hal ini membuat kompor induksi menjadi kompor paling hemat energi, selain itu prinsip kerja yang seperti ini tidak merusak alat masak. Selain itu untuk memasak 1 liter air menggunakan kompor induksi, hanya memerlukan 1.200 watt atau setara dengan Rp158 saja.
  • Terakhir, kompor induksi mudah dibersihkan atau mudah dirawat. Cara membersihkan kompor induksi hanya dengan menggunakan kain yang lembut.

3.2. Kekurangan Kompor Induksi

Sesuai dengan keunggulan atau fitur yang ditawarkan, harga kompor induksi relatif mahal di bandingkan dengan kompor jenis lainnya, Selain itu, untuk memasak menggunakan kompor induksi diperlukan peralatan masak khusus yang berlabel “aman induksi”. Biasanya kompor induksi berbahan partikel besi magnet dengan penghantar panas yang baik yang dapat bereaksi dengan pemanas induksi. Jika tidak berhati – hati atau dipelihara dengan baik, permukaan kompor induksi rentan terhadap goresan karena kompor induksi dilapisi dengan kaca halus.

3.3. Peralatan Masak yang Cocok dengan Kompor Induksi

Meskipun kompor induksi dikatakan lebih praktis dan efisien, serta menawarkan banyak keunggulan, namun, tidak semua peralatan masak dapat digunakan pada kompor induksi ini. Jenis bahan yang dapat digunakan harus berlabel “aman induksi” atau memiliki kemampuan menghantarkan panas yang baik. Selain jenis material dari peralatan masak, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan saat membeli peralatan masak, seperti memperhatikan fitur anti lengket (bahan teflon atau keramik) dan pilihlah ukuran yang praktis atau minimalis.

Beberapa merk wajan yang direkomendasikan, diantara wajan carote essential, wajan solarpi, wajan kangaroo KG-176, wajan calypso, justcook JSHS-IH2001J-7, wajan tefal, wajan maspion, wajan modena reinmar ZF 2430, wajan demeyere 32 cm, dan wajan scanpan 30 cm technIQ.


4. Merek – Merek Kompor Induksi dan Fitur Unggulannya

4.1. Cosmos CIC-996

Keunggulan dari Cosmos CIC-996, yaitu dilengkapi dengan 3 lampu LED dan juga alarm pengaman. Selain itu, kompor ini dilengkapi dengan 5 fitur dalam 1 kompor yang mana kompor ini dapat digunakan sebagai hotpot, fry, stir fry, soup, dan juga steam. Daya yang dibutuhkan sekitar 300 watt arus listrik dengan kisaran harga yang cukup terjangkau sekitar 750 ribu hingga 800 -----ribu rupiah.

4.2. Philips HD4932/30

Keunggulan dari kompor ini berada percepatan waktu memasak hingga sepertiga dari waktu biasanya, sehingga tidak banyak nutrisi yang terbuang saat makanan dimasak. Keunggulan lainnya dapat dilihat dari fitur yang ditawarkan dimana kompor ini dilengkapi dengan sensor touch dan aman untuk anak – anak. Kompor ini memiliki 6 level daya dengan daya maksimum 2.100 watt. Selain itu, pada kompor ini terdapat fitur timer 24 jam yang ramah pengguna dan mampu mematikan daya saat makanan sudah matang. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, sudah tidak heran lagi jika kompor induksi ini memiliki kisaran harga yang relatif tinggi, yaitu sekitar 2 jutaan.

4.3. HI-COOK IC-02

HI-COOK IC-02 merupakan kompor induksi terbaik yang diproduksi oleh samsung. Ada pun beberapa keunggulan dari kompor induksi ini, seperti pengaturan suhu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna berdasarkan ukuran watt yang digunakan (500 watt – 1000 watt), fitur off otomatis, serta desainnya yang elegan.Meskipun banyak keunggulan yang ditawarkan, harga kompor induksi ini terbilang masih terjangkau, yaitu sekitar 400 ribuan saja.

4.4. Han River HRIC01BK

Kompor ini sangat multifungsi, dimana keunggulan yang ditawarkan adalah 7in1, artinya hanya dengan memiliki satu kompor induksi ini, Anda dapat menggunakannya untuk panci panas, uap, memasak sup, bubur, air, hingga menggoreng. Meskipun harganya terbilang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan saja, pastikan Anda memiliki daya listrik yang tinggi di rumah Anda. Hal ini dikarenakan, daya listrik yang dibutuhkan untuk kompor ini adalah sekitar 1.200 watt – 2.000 watt.

4.5. Oxone OX-646

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan produk OXONE. Keunggulan dari produk ini adalah cara pengunaannya  yang praktis, dilengkapi dengan sensor touch dan sliding control yang memudahkan pengguna untuk mengatur mode masak yang diinginkan. Selain itu, pada kompor ini terdapat kontrol panas hingga 8 level. Harga dari kompor ini sekitar 1,5 jutaan dengan daya listrik maksimum 2.000 watt.

Bagaimana ? Setelah mengetahui lebih dalam tentang kompor induksi, apakah Anda semakin yakin untuk beralih ke kompor induksi ? Yuk, bersama – sama kita dukung program pemerintah dalam upaya pengkonversian kompor konvensional ke kompor induksi !



Reference :

[1] Energy Tecnology Status Report Universitas Of California Barkeley
[2] Home Energy Handbook - By New Society Publishers
[3] How To Use an Induction Stove - Video By Sol 09 Strand
[4] Manuals.plus.id - Panduan Penggunaan Kompor Induksi
[5] Artikel Kompas.com - Soal Kompor Induksi By. Dandi Bayu Bramasta
[6] e-commerce