Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Cara Bikin Masker Kain Sendiri Di Rumah

MENCARI TAHU CARA BIKIN MASKER KAIN SENDIRI

Masker Kain sangat di butuhkan di saat situasi buruknya kwalitas udara dan lingkungan di sekitar kita berada, saat ini banyak yang mengatasi masalah polusi udara dan berusaha menangkal bakteri serta kuman penyakit dengan mempergunakan Masker buatan pabrik yang biasanya tidak dapat di cuci atau hanya sekali pakai saja. Bisa anda bayangkan jika rata - rata 1 hari anda menghabiskan 2 helai masker sekali pakai, berapa banyak masker yang anda butuhkan dan berapa banyak uang yang anda habiskan, belum lagi anda jadi ikut andil terhadap dampak lingkungan dari sampah masker yang anda buang setiap hari. Untuk menghemat anda bisa gunakan masker kain yang bisa di cuci dan pakai ulang walaupun daya saring partikel pada masker kain memang tidak sebaik masker sekali pakai buatan pabrik, tetapi setidaknya sesuai kebutuhan, bahwa mengenakan masker adalah bertujuan melindungi wajah kita dari polusi dan kuman penyakit yang betebaran di sekitar lingkungan kita, dengan masker kain paling tidak anda lebih aman di bandingkan tidak mengenakan masker sama sekali. Apalagi di tengah perkembangan jaman dan gaya hidup generasi milenial saat ini, masker wajah sudah menjadi salah satu budaya atau trend masa kini di tengah - tengah pergaulan sosial dan seiring perjalanan waktu serta seiring perkembangan jaman, masker bukan lagi semata - mata sebagai sarana atau alat bantu perlindungan diri dari kuman penyakit dan polusi udara, tetapi semakin kearah gaya hidup atau trend yang kekinian, dimana umumnya masker wajah yang terbuat dari kain kini tak lagi polosan tetapi justru di design seunik dan semenarik mungkin dengan corak atau motif yang di sesuaikan dengan trend fashion masa kini. Sebenarnya tidak sulit membuat Masker Kain Sendiri di Rumah dengan mesin jahit portable juga bisa atau bahkan cukup dengan bahan sisi potong kain, gunting jarum jahit dan benang saja anda sudah bisa membuat masker kain sendiri, untuk design dan pemilihan bahan serta corak kainnya mungkin tinggal dikembangkan sesuai kreatifitas masing - masing, selain bisa di pakai sendiri dan menghemat banyak uang, tentu saja keahlian atau keterampilan membuat masker kain ini kelak akan sangat berguna dan mungkin saja bisa menjadi penghasilan sampingan untuk anda, Mengingat Peluang usaha pembuatan masker kain ini cukup bagus prospek kedepannya, oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kita mulai mempelajari Bagaimana Caranya Bikin Masker Kain Sendiri di rumah sekarang dan Jika sudah Mahir, kalian Bisa Buka usaha Pembuatan Masker Kain Juga Loh ! Gimana ? apakah kalian tertarik mempelajarinya ?



Contoh  Bahan - Bahan Untuk Membuat Masker Kain Jaman Now Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Untuk membuat Masker dari Kain kita tidak perlu membeli bahan - bahan meteran yang cukup mahal harganya di toko kain, kita bisa manfaatkan kain sisa potong industri garmen yang biasa kita sebut kain perca dengan demikian, harga masker kain yang nanti akan kita buat sendiri di rumah tersebut menjadi cukup murah dan terjangkau harganya, untuk tahap belajar kita bisa gunakan kain sisa potong seadanya yang berada di rumah, karena cukup dengan kain atau bahan ukuran 20 x 20 Cm saja kita sudah bisa mulai berkreasi membuat masker kain yang keren dan cukup bermanfaat nantinya, karena sekalipun masker kain buatan kita itu tidak sepenuhnya bisa menyaring partikel debu micro namun setidaknya masker kain buatan kita bisa melindungi kita dan kuman dan debu yang berterbangan di udara yang kotor di kala kita beraktifitas nanti, karena fungsi utama masker kain adalah untuk menyaring dan membatasi kulit wajah dari debu dan juga kontak langsung dengan orang - orang yang sedang sakit di sekitar kita.




Baiklah sebelum kita mulai mempraktekan bagaimana cara membuat masker kain sendiri di rumah, kita perlu menyiapkan bahan - bahan dan alat - alatnya terlebih dahulu, nah selanjutnya hal yang perlu kita siapkan tentu saja adalah potongan kain minimal seukuran 20 x 20 cm, usahakan kita menggunakan kain yang mudah saat di jahit dan bertekstur lembut seperti kain katun ( cotton ) sehingga disaat masker kain buatan kita dikenakan terasa nyaman dan tidak gerah. Kemudian kita jiga perlu menyiapkan alat - alat memotong seperti gunting kain dan pengaris untuk mengukur serta tentunya sebuah mesin jahit sederhana, atau jika tidak punya mesin jahit kalian bisa gunakan jarum jahit dan benang dengan cara merimpelnya secara manual, tapi agar lebih kuat dan lebih rapih sebaiknya kita gunakan mesin jahit, kalau gak punya mesin jahitnya bisa beli mesin jahit portable seharga 100 ribuan di toko online atau bisa juga jika mau lebih hemat bisa pinjam mesin jahit sodara atau punya tetangga sebelah.



Bahan Untuk Membuat Masker Kain


Jika Bahan dan alat - alatnya sudah siap, ok kita lanjut ke pembahasan utamanya bagaimana memulai membuat masker kain sendiri di rumah !

Setalah Potongan kain seukuran 20 x 20 cm kita siapkan dan 2 lembar kain seukuran 5 x 20 cm juga sudah tersedia maka Langkah Pertama yaitu Proses Pembuatan masker kain adalah proses pelipatan sisi kain agar tampak lebih rapih, kemudian lipatan sisinya kita jahit.


Proses Pelipatan Sisi Kain

   
Proses Menjahit Sisi Kain


Setelah Keliling Kain Untuk Penutup Masker dilipat dan di jahit dengan rapih, maka proses berikutnya adalah merempel atau membuat lipatan kisi - kisi pada bagian tengah masker tujuannya agar debu dan partikel kotor bisa tersaring di bagian kisi - kisi tersebut, cara pelipatannya cukup mencubit salah satu sisi kain dan melipatnya ke bagian dalam seperti kita melipat kertas origami, bentuk atau hasil lipatannya kira - kira akan seperti gambar di bawah ini.




Cara Melipat Kisi - Kisi Masker Kain



Langkah Berikutnya adalah kita menyiapkan Tali Pengikatnya, proses pembuatan tali pengikat masker juga sama yaitu harus di lipat dan di jahit agar menjadi lebih rapih.


Proses Pembuatan Tali Masker Kain

Ukuran Bahan Untuk Tali Sekitar 20 - 30 cm = 2 pcs


Langkah Berikutnya adalah Proses Mematikan Ripelan atau lipatan Bagian Tengah atau Kisi - kisi masker agar tidak berubah lipatannya sebelum Memasangkan Tali Ke Bagian Masker Kain.



Proses Menjahit Sisi Kisi - Kisi Masker Kain

Proses Pemasangan Tali Masker Kanin



Langkah Berikutnya Barulah kita pasangkan Tali Maskernya dengan menggunakan Mesin Jahit dan kemudian rapihkan jahitan sisi talinya, dengan demikian masker kain buatan kita sudah siap di pergunakan untuk menemani aktifitas kita sehari - hari. Silahkan di coba dan semoga tutorial cara membuat masker kain ini ( how to make cloth masks ) bisa bermanfaat bagi anda ! dan jika di rasa penjelasan di atas masih kurang jelas, anda dapat menyimak salah satu video tutorial cara membuat masker kain dengan cara lainnya di bawah ini :




Sebenarnya selain Masker Kain yang Sangat sederhana ini, masih ada banyak jenis - jenis masker kesehatan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, contohnya Masker bedah yang variannya bisa kita beli diapotek, biasanya masker jenis ini merek yang cukup terkenal yaitu merek Sensi dan umumnya masker ini pada bagian luarnya berwarna biru atau hijau. masker bedah ini dirancang untuk menjaga pemakainya dari tetesan partikel besar atau percikan air dari mulut seseorang yang jaraknya berdekatan dan masker bedah memiliki ukuran yang lebih longgar serta memiliki tiga lapisan, yaitu dua lapisan luar dan satu lapisan di tengah yang berfungsi sebagai filter, dimana masker bedah ini memiliki efisiensi penyaringan hingga 80 persen atau lebih. Berikutnya juga ada Masker N-95 atau respirator udara yang dapat melindungi pemakainya dari polusi yang sangat pekat dengan menyaring partikel berbahaya dengan efisiensi penyaringan hingga mencapai 95 persen jika digunakan dengan cara yang benar, dan masker yang lebih kuat daya saringnya yaitu jenis masker masker P95 yang memiliki kemampuan untuk menyaring partikel yang mengandung minyak seperti bensin, solar, minyak tanah, dan bahan cat.

Selanjutnya anda juga bisa memahami Bagaimana Caranya Proses Pembuatan Masker Komersial yang memenuhi Standart Badan Kesehatan Dunia / WHO ?


->  BERIKUTNYA ->