Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi !

Cara Bikin Cairan Disinfektan Sendiri Di Rumah Dengan Bahan - Bahan Sederhana dan Bahan Alami

Mungkin belakangan ini kata Disinfectant / Disinfektan Sering kita dengar, apa sih sebenarnya cairan disinfektan itu ? Cairan Disinfektan adalah larutan bahan - bahan kimia yang berfungsi untuk membasmi kuman dan bakteri di area terjadinya pencemaran, mungkin kata disinfektan terdengar sangat ilmiah dan cenderung kearah bahan - bahan kimia yang tidak kita kenal, tetapi sebenarnya tidak demikian, karena yang namanya disinfektan itu mungkin tidak kita sadari adalah produk - produk pembersih rumah tangga yang sehari - hari kita pakai, diantaranya larutan pemutih pakaian yang sering kita gunakan untuk mencuci pakaian, atau bisa juga sabun antiseptik yang sering kita gunakan untuk mandi dan bahkan cairan pembersih lantai yang beraroma pohon pinus yang sering kita gunakan untuk mengepel lantai itu juga salah satu cairan disinfektan, lalu kenapa sekarang berbondong - bondong orang memburu cairan disinfektan yang harganya hingga ratusan ribu rupiah perliternya padahal cairan disinfektan itu sebenarnya ada tersedia di rumah anda dalam bentuk produk - produk pembersih rumah tangga, bahkan kita bisa membuatnya cairan disinfektan sendiri di rumah dengan bahan - bahan alami yang lebih ramah lingkungan seperti dari extrax daun sirih dan kulit jeruk lemon. dalam kesempatan kali ini kita akan membahas semuanya baik itu cara membuat disinfektan dari bahan kimia dalam bentuk produk - produk rumah tangga dan juga bagaimana cara membuat cairan disinfektan dari extrak daun sirih yang memiliki zat antiseptik. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa membeli cairan disinfektan khusus harganya saat ini cukup mahal, salah satu alternatif untuk mendapatkan cairan disinfektan yang murah tetapi tetap ampuh membasmi kuman, virus dan bakteri maka kita bisa gunakan bahan - bahan oplosan dari produk - produk kebutuhan rumah tangga seperti cairan pemutih pakaian atau biasa kita kenal dengan produk pemutih pakaian merek bayclin dan pembersih lantai wipol aroma cemara atau aroma sereh dengan kedua bahan tersebut yang di larutkan dengan air, sebenarnya sudah cukup untuk membuat cairan disinfektan yang ampuh membasmi kuman, apa saja bahan - bahan untuk membuat cairan disinfektan selain bayclin dan wipol, tentu saja masih banyak produk - produk rumah tangga merek lainnya yang bisa di gunakan untuk membuat larutan disinfectan, jika anda tertarik untuk coba membuat cairan disinfektan sendiri di rumah, maka silahkan anda simak sampai tuntas artikel ini.

Contoh  Bahan - Bahan Untuk Membuat Cairan Disinfektan Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Secara umum ada banyak sekali produk rumah tangga yang mengandung konsentrasi bahan aktif  dan dapat digunakan untuk disinfeksi diantaranya :

Produk Bayclin Lemon dan Bayclin Reguler atau juga bisa produk Soklin Pemutih, nah agar cairan pemutih pakaian ini dapat dipergunakan sebagai cairan Disinfektan yang siap di gunakan maka kita harus mengecerkannya dengan Air dimana komposisinya  20 mililiter  Bayclin di campurkan dengan 1 liter air.  Kemudian ada juga Produk Pembersih Lantai Wipol Aroma Cemara atau Aroma Sereh dan Jeruk atau pembersih lantai merek lainnya seperti SOS Pembersih Lantai Antibacterial, kita juga bisa gunakan wipol dan SOS pemberih lantai ini sebagai cairan disinfektan yang siap di gunakan dengan cara melarutkan 40 mililiter wipol dengan 1 liter Air, Berikutnya ada Produk Bratacare Disinfectane Concentrate, kita bisa melarutkan 10 mililiter bahan Bratscare dengan 1 liter air atau Produk Corox Disinfecting Bleach sama juga kita bisa larutkan cairan corox sebanyak 10 mililiter dengan 1 liter air.






Cairan Disinfektan pada umumnya terbuat dari bahan – bahan kimia yang cukup berbahaya jika terhirup langsung oleh manusia, jika kita mempergunakan bahan – bahan kimia seperti cairan pemutih pakaian atau cairan pembersih lantai maka sebaiknya pada saat proses disinfektasi berlangsung, kita harus memakai alat oelindung dalam hal ini pemakaian masker sangatlah penting, sebab beberapa jenis disinfektan, dapat menimbulkan gangguan pernapasan dan alangkah lebih baik lagi petugas yang menyeprotkan cairan disinfektan juga harus menggunakan baju khusus, untuk melindungi tubuh saat melakukan penyemprotan


Sebetulnya sda banyak sekali jenis cairan disinfektan yang bisa kita pilih, mulai dari Alkohol, Hand-sanitizer, tisu antiseptik, sabun antiseptik , hingga cairan pemutih pakaian, kalau beli produk disinfektan khusu buatan pabrik mungkin saat ini agak sulit keadaannya, karena produk diisinfektan saat ini agak sulit dicari di pasaran dan kalaupun ada harganya tidak bersahabat dengan isi kantong kita alias mahallll ! oleh sebab itu demi penghematan dan kemudahan maka tidak ada salahnya kita belajar membuat cairan Disinfektan sendiri di rumah dengan bahan - bahan yang sehari - hari kita gunakan untuk keperluan rumah tangga, salah satunya adalah Cairan Pemutih Pakaian, Mari kita bahas bagaimana komposisi campuran disinfektan yang ampuh membunuh kuman dengan bahan - bahan tersebut dan untuk Lebih jelasnya anda bisa simak salah satu contoh proses pembuatan Disinfektan sendiri di rumah yang paling mudah  melalui salah satu video tutorial berikut ini :








Cara Membuat Cairan Disifektan dari Bahan Campuran Cairan Pemutih Pakaian





Bahan yang diperlukan: :

Cairan Pemutih Pakaian, Misalnya Merek Bayclin atau sejenisnya sebanyak 100 ml  ( 1 Botol kemasan kecil } :

Air Bersih  4000 ml / 4 Liter
   
Botol spray / penyemprot


Proses dan Cara membuat Disinfektan dengan cairan Pemutih pakaian

Jangan Lupa gunakan sarung tangan terlebih dahulu, karena kandungan zat kimia sodium hipoklorit pada cairan pemutih dapat membuat kulit menjadi iritasi jika terkena percikan cairan oemutih tersebut.

Setelah Siap Campur Cairan Pemutih Pakaian tersebut dan Air  dengan perbandingan 2 Sendok Makan Cairan Pemutih atau setara 25 Ml dengan 1 Liter Air Bersih, kemudian masukan kedalam botol semprotan / spray,  lalu tutup rapat, baru kemudian di Kocok agar tercampur rata. Campuran dari  bahan tersebut akan menghasilkan larutan disinfektan siap pakai sebanyak 4000 ml atau 4 liter.

Jika sudah siap, kenakan APD ( alat pelindung diri )  seperti masker atau jas hujan sebelum anda menyeprotkan cairan disinfetan tersebut ke permukaan benda atau kelingkungan di sekitar rumah, dan Tunggu minimal 1 menit, lalu dilap dengan tisu atau kain. Dan jangan lupa Bersihkan dan sterilkan benda dengan rutin setiap hari seperti Handle Pintu, Remote TV, Stop Kontak / Saklar lampu, dan benda – benda lainnya yang sering di gunakan atau di sentuh.






Hal – hal yang harus di perhatikan sebelum  mempergukan cairan disinfektan demi keselamatan dan kesehatan anda !

Pastikan  Pintu atau Jendela di ruangan tetap terbuka untuk ventilasi atau sirkulasi udara, karena cairan pemutih dapat mengeluarkan uap dan zat beracun yang berbahaya untuk tubuh anda jika terhirup dalam volume yang cukup besar.


Ingat ! Jangan coba – coba campurkan cairan pemutih dengan larutan selain air karena berpotensi menghasilkan uap yang sangat berbahaya bagi kesehatan anda !



Sebaiknya membuat larutan baru setiap hari untuk menjamin keefektifannya.  Keampuhan cairan pemutih dapat hilang dengan cepat, terutama jika diletakkan di bawah paparan panas matahari.



 
Keampuhan pemutih pakaian sebagai disinfektan terhadap permukaan benda yang di duga tercemar kuman, tujuannya untuk menghancurkan struktur protein mikroorganisme, kandungan zat kimia  Sodium hypochlorite pada cairan pemutig pakaian akan mengoksidasi dan membakar membran pelindung pada kuman di permukaaan benda.


*Catatan : Berhati - hatilah dan Lebih Bijak menggunakan Cairan Disinfektan Berbahan Dasar Kimia, Karena Tentunya tidak Baik untuk kesehatan jika sampai terhirup oleh manusia dan mengenai kulit bahkan juga berdampak buruk bagi lingkungan hidup, oleh sebab ini di ajurkan sebaiknya kita gunakan bahan - bahan alami yang lebih ramah lingkungan untuk membuat cairan disinfektan.


Cairan Disinfektan dari Bahan Cuka Makan dan Minyak Esensial






Bahan – Bahan Yang di Butuhkan

1 Botol Cuka Makan / Cuka Dapur = 50 ml

20 Tetes Minyak Esensial / Bisa di ganti dengan kayu manis, cengkeh, kayu putih, dan jeruk nipis

150 ml Air atau ½ gelas

Pertama cuka asam sebanyak 50 ml atau 1 botol kecil yang biasa digunakan untuk pembuatan kuah pempek kita bisa campurkan dengan setengah gelas air bersih, dan agar bau asam cukanya tidak terlalu menyengat maka anda bisa tambahkan dengan minyak esensial beraroma bunga atau buah - buahan yang fresh atau bisa di ganti dengan bubuk kayu manis,cengkeh, kayu putih, dan perasan air jeruk nipis

Campurkan minyak esensial tambahkan cuka lalu tambah setengah gelas air, kemudian aduk / kocok hingga tercampur rata, nah cairan disinfektan buatan anda sudah siap di gunakan.

Kekurangan cairan disinfektan dari bahan cuka ini tidak cocok untuk bahan – bahan dari besi atau logam karena kandungan cairan asam pada cuka makan akan menyebabkan korosi pada benda – benda yang terbuat dari logam.


Seperti yang kita ketahui, bahan - bahan kimia yang terkandung di dalam cairan Disinfektan cukup berbahaya jika terhirup kedalam saluran pernafasan manusia dan akan berdampak buruk bagi kesehatan jika terus - menerus menghirup zat kimia tersebut, selain itu cairan kimia pada disinfektan akan menimbulkan iritasi pada kulit manusia, seperti kulit menjadi kemerahan dan perih, oleh sebab itu sangat di anjurkan saat applikasi atau proses penyemprotan disinfektan kita harus menggunakan ADP ( alat pelindung Diri ) minimal pakai Sarung Tangan, Masker dan Kaca Mata Pelindung !

Jika anda khawatir dengan zat - zat kimia yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan juga lingkungan sekitar anda, maka ada baiknya anda juga memperlajari cara Mambuat cairan Disinfektan dari bahan - bahan alami atau tumbuhan yang tentunya lebih ramah lingkungan dan tidak mengandung zat beracun, silahkan di simak, berikutnya akan kita bahas mengenai penjelasan cara membuat cairan Disinfektan dari Daun Sirih dan bahan - bahan alami lainnya  :






Cara Membuat Cairan Disinfektan dari Bahan - Bahan Alami Yang Ramah Lingkungan


Begini Caranya Bikin Disinfektan Dari Daun Sirih Yang Mengandung Zat Antiseptik !


Dengan Mempergunakan Extrak Daun Sirih Yang Banyak Mengadung Zat Antiseptik


Bahan - Bahan Yang di Perlukan :

Alkohol 70 % = 100 ml

100 Lembar Daun Sirih

1 Buah Botol / Penyemprot ukuran minimal 1/2 liter


Cara Pembuatan Disinfektan dari Extrak Daun Sirih Yang Lebih Aman Untuk Kesehatan dan Ramah Lingkungan !
Langkah Pertama adalah mencuci bersih 100 Lembar daun kemudian diiris kecil kecil., dan direbus dengan air 500 ml air, rebus sampai mendidih, hingga tersisa airnya menjadi 300 ml atau setengahnya,  setelah itu dingin, dan disaring

Langkah berikutnya siapkan alkohol 70 persen sebanyak 1 botol  kemasan 100 ml dan  dicampurkan dengan air rebusan daun sirih  tersebut yang sudah di dinginkan, kedua cairan tersebut dicampur jadi satu di masukan ke dalam botol  semprot ukuran 500 ml  yang telah anda siapkan, nah Disinfektan buatan anda sudah siap di gunakan dan sekaligus bisa berfungsi sebagi Hand Sanitizer.

Masih Banyak Bahan - bahan alami yang cukup ampuh membunuh kuman dan bisa di gunakan untuk pembuatan cairan disinfektan Alami, seperti pohon sereh dan getah pohon pinus atau pohon cemara yang biasa di buat pembersih lantai wipol, yuk kita pelajari cara membuatnya !



->  BERIKUTNYA ->