Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Cara Membuat Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana

Cara Bikin Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana

MENCARI TAHU CARA BIKIN ALAT BANTU PENGUAT DAN PENANGKAP SINYAL INTERNET SEDERHANA YANG PALING MUDAH !


Di Indonesia k
ecepatan Internet Masih menjadi kendala, terutama bagi kita yang tinggal di pelosok daerah dan jauh dari jangkauan Menara BTS, sekalipun dekat dengan menara BTS pun, terkadang kita masih rebutan sinyal dengan sesama pengguna jaringan tersebut, Katanya sih rata-rata kecepatan internet di Indonesia untuk jaringan mobile rata-rata sudah memiliki kecepatan Hampir 10 Mbps. Kecepatan segitu harusnya sudah cukup baik untuk mengases halaman web dan mendukung kegiatan browsing, walau pun jika di bandingkan dengan negara tetangga kecepatan Internet di indonesia sudah jauh tertinggal, namun kenyataannya kecepatan rata - rata 10 Mbps itu hanya dapat di nikmati oleh segelintir orang saja, terutama bagi yang mampu beli kuota internet harga mahal, buat yang gak mampu beli kuota internet premium, mohon maaf, anda harus sering - sering gigit jari, Namun Bukanlah generasi jaman now jika kita menyerah dengan keadaan dan kenyataan tersebut, tenang saja, masih banyak jalan menuju Internet Cepat dan tetap murah meriah, dengan kreatifitas yang kita miliki, Wajan Bolong atau Tutup Panci Penyok Punya emak di Dapur Pun bisa kita gunakan untuk mendapatkan sinyal Internet yang lebih kuat dan stabil. Mau Tau gimana cara bikin Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana dengan Wajan Emak ? mari simak artikel ini sampai selesai.


Perlu kita pahami, alat yang akan kita buat adalah hanya sebagai sarana untuk mendapatkan sinyal jaringan Internet yang lebih kuat, konsepnya adalah menjaring sinyal internet yang lewat di atas rumah kita, dan menyebarkan kembali kedalam rumah sehingga memberi kemudahan bagi perangkat smartphone ataupun modem kita untuk menangkap sinyal internet yang lemah dan jauh dari jangkauannya. Sebelum kita memulai, mari kita pahami dulu beberpa contoh produk penguat sinyal internet, baik itu penguat sinyal 3G, 4G sampai dengan penguat sinyal wifi yang banyak di jual di pasaran, konsepnya alat penguat sinyal yang akan kita buat sendiri ini hampir sama dengan yang di jual di pasaran, Intinya jika bisa bikin yang murah meriah kenapa harus beli yang mahal ! untuk membuka wawasan anda tentang aneka jenis penguat sinyal yang di jual di pasaran, kalian bisa simak sejenak informasinya dengan cara :


Sebelum kita memulai persiapan untuk bikin Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana yang biasa kita kenal dengan sebutan Wajanbolic, dan untuk membuka wawasan kita, maka ada baiknya disimak terlebih dahulu salah satu video tutorialnya yang digarap oleh anak - anak bangsa super kreatif generasi, selamat menyimak :






Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana yang akan kita buat ini adalah antena dengan sistem Induksi, sehingga leih efektif dan gak ribet menyambungkan kabel ke perangkat gadget kita, meskipun sederhana, namun kwalitas sinyal yang di tangkap cukup kuat di bandingkan dengan antena yagi dan omni yang banyak di jual di pasaran. Mari kita belajar membuatnya !


Bahan - Bahan Yang di Butuhkan Untuk membuat Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana 

  • 1 Buah Baskom stainless bekas yang sudah bolong, atau Panci emak yang udah gak terpakai, atau benda dapur sejenisnya yang berbentuk setengah lingkaran ( Untuk Hemat Budget usahakan anda gunakan barang – barang bekas )
  • 15 Sm Pipa diameter 3" ( bisa cari di tukang loak )
  • 2 Buah Dop pipa ukuran 3inci
  • 1 buah Konektor
  • 15 Meter Kabel Coaxial atau sesuai kebutuhan
  • 1 tube Lem besi ( beli yang paling kecil kemasannya )
  • 1 buah Bracket 1 ( biasa cari sisa potong di bengkel las )
  • 2 Pasang Mur dan bautnya ( ukurannya boleh seadanya )

Alat - alat Yang di Perlukan Untuk membuat Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana

  • 1 Buah Pisau Cutter Yang Masih Tajam
  • Bor Listrik / Bor Manual ( Bisa Pinjam Punya Temen )
  • Gergaji Besi ( Bisa Beli di Toko Besi atau Pinjam Tetangga Punya )
  • Obeng
  • Tang / Geget
  • Tool’s  lainnya sesuai kebutuhan

Proses Membuat Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana





Langkah Pertama adalah buat 2 buah lubang seukuran baut yang anda punya tepat berada di bawah baskom atau panci bekas yang kalian temukan, supaya nantinya bisa buat menggabungkan antara bagian Dop dan Bracket besinya, kalau jarak antara lubang sekitar cukup 7 centimeter saja ya guy’s ! untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar skema di bawah ini :





Langkah berikutnya adalah memasang baut Dop pipa bagian bawah serta bracketnya dan kemudian lubangilah bagian pipa tepat di tengah seukuran konektor kabel coaxial, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini :





Setalah Pipa Terpasang di Lingkaran Tengah Baskom, maka berikutnya kita kupas kabelnya dan sisakan kawat serta serabutnya, buat kupsan panjang kawat sekitar 2,5 centimeter saja, dan sisakan isolasi kawatnya sekitar 0,5 cm sebelum dimasukkan kedalam konektor.

Setelah itu baru deh Pasang kabel dan konektor, dengan cara masukkan ke lubang pipa tadi dan lem menggunakan lem besi agar gak lepas

Sejauh ini proses pembuatan alat penguat sinyal Internet sudah hampir selesai, langkah selanjutnya yaitu memasang pipa pada dop bagian bawah, kemudian di beri lem juga agar lebih kuat dan kalau semuanya sudah siap baru deh tutup lubangnya dengan menggunakan dop pipa yang satu lagi.

Proses berikutnya adalah membuat bagian kabel induksi untuk nantinya kita tempelkan pada body modem atau smarphone android.


Jika alat penguat sinyal internetnya semua sudah selesai, langkah terakhir adalah melakukan uji coba dengan cara memasang wajanbolic yang kita buat tadi pada tiang bambu yang panjang dan kemudian naikkan setinggi – tingginya, kemudian tempelkan kawat induksi pada modem dan atau smarphone anda.

Kalau untuk dipasang pada Hape Android, cukup ditempelkan saja bagian kawat induksinya ke bagian belakang casing HP nya atau dekat dengan antena penerima sinyal di hape anda.


Jika anda menginginkan daya tangkap sinyal Internet yang lebih kuat, kita bisa buat antena Yagi sendiri dengan barang - barang bekas di sekitar kita, berikut cara membuatnya :






Kita akan coba cara memperkuat sinyal modem atau smartphone dengan antena yagi buatan kita sendiri, sinyal yang akan kita tangkap adalah pada Frekwensi 1900 Mhz.

RUMUS MENGHITUNG PANJANG FISIK SEBUAH ANTENA

Untuk menciptakan antena Penangkap Gelombang atau sinyal kita perlu memahami rumus parameter sebuag antena agar sesuai dengan fungsi yang di inginkan, seperti yang kita ketahui bahwa prinsip dasar antena adalah mentransfer energi RF yang dihasilkan oleh sebuah pemancar radio, ketempat lain pada jarak tertentu. Energi yang dipancarkan itu dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Selama diradiasikan, gelombang bergerak melalui ruang, dan sebagian gelombang tersebut diserap oleh antena radio penerima, dan ketika sebuah tegangan diinduksikan ke antena penerima, kuat lemahnya tegangan tersebut tergantung dari intensitas gelombang yang dipancarkan, dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, yaitu jarak penerima ke pemancar, tinggi antena dan gangguan selama perambatan.




Pada umumnya Antena terbuat dari bahan konduktor, dengan ukuran dan bentuk yang dibuat sedemikian rupa, sehingga memiliki pola tertentu, dan dapat berfungsi menangkap dan atau memancarkan sinyal radio.

Berbicara tentang Parameter Antena yang didalam mempelajari struktur sebuah antena, umumnya  mengenal beberapa istilah yang sangat erat kaitannya dalam pemilihan dan penggunaan sebuah antena diantaranya adalah :

Panjang Antena : Biasanya Panjang Fisik antena dapat dihitung berdasarkan panjang gelombang atau Lamda frekuensi kerja pesawat yang menggunakan antena tersebut. Panjang gelombang dihitung dalam satuan meter atau feet.

Rumus Panjang Antena diperoleh dari kecepatan rambat gelombang radio diruang bebas yaitu 299,793,097 meter dan dibulatkan menjadi 300 meter per detik, atau 983,573, 087 feet per detik, yang dihitung jarak antar cycle atau periode. Oleh karena itu jika kita ingin menghitung panjang sebuah dapat langsung menggunakan rumus setengah panjang gelombang.

Sehubungan adanya perbedaan kecepatan rambat gelombang radio diudara dengan penghantar atau conductor maka dalam menghitung panjang fisik antena maka masih harus kita kurangi faktor kependekannya , sebesar ± 5%

Dengan adanya perbedaan pengarahan antena timbul perbedaan intensitas penerimaan pada suatu titik. Gain antena menggambarkan seberapa baik suatu antena memancarkan energi RF nya dan seberapa kuat intenitas penerimaan pada suatu titik dari antena tersebut. Dengan kata lain antena yang radiasinya terarah akan mempunyai faktor penguatan yang cenderung lebih baik dibanding yang omnidirectional.

Beberapa Bahan Bekas perlu kita kumpulkan adalah sbb :

  •     Peralon kecil berdiameter 1/4 inch, dengan panjang 50 cm untuk bagian Boom antenanya
  •     Beberapa Meter Kawat Tembaga atau kuningan berdiameter 2,5 mm atau bisa pakai yang  2 mm
  •     PCB polos
  •     Box sambungan kabel telpon rumah ( cari yang bekas di tukang loak )
  •     2 buah sekrup atau baut
  •     10 Meter Kabel Coaxial 50 Ohm Type RG 58
  •     Lem Korea / Alteco
  •     Siapkan Juga Alat-alat untuk pengerjaannya  seperti solder, timah solder, tang potong ,obeng
  •     Cuter dll

Kita akan coba cara memperkuat sinyal modem atau smartphone dengan antena yagi buatan kita sendiri, sinyal yang akan kita tangkap adalah pada Frekwensi 1900 Mhz.

Beberapa Bahan - bahan Bekas perlu kita kumpulkan adalah sbb :
  •     Alumunium holow berdiameter kecil, dengan panjang 50 cm untuk bagian Boom antenanya
  •     Beberapa Meter Kawat Tembaga atau kuningan berdiameter 2,5 mm atau bisa pakai yang  2 mm
  •     PCB polos
  •     Box sambungan kabel telpon rumah ( cari yang bekas di tukang loak )
  •     2 buah sekrup atau baut
  •     10 Meter Kabel Coaxial 50 Ohm Type RG 58
  •     Lem Korea / Alteco
  •     Siapkan Juga Alat-alat untuk pengerjaannya  seperti solder, timah solder, tang potong ,obeng,
  •     Cuter dll

Proses awalnya kita bisa potong-potong kawat tembaga untuk elemen antena dengan panjang setiap elemen sesuai ukuran  kira – kira 4cm = dua, 4,5cm = satu, 5cm = dua, 6cm = tiga  dan kemudian kita potong lagi kawat tembaga untuk Reflektornya dengan panjang 11cm

Proses selanjutnya kita akan membuat terminal antenanya dengan cara sebagai berikut:

Potonglah kawat tembaga dengan panjang 3,5cm sebanyak dua buah, ini untuk elemen terminal a dan b
Sebelumnya Potong PCBnya  sesuai ukuran dalam Box sambungan telpon, karena PCB tersebut nantinya akan di tutup oleh Box sambungan telpon agar terlindung dari guyuran air hujan.

Langkah selanjutnya buatlah dua buah titik a dan b pada PCB, dua buah titik ini kita buat kotak sama sisi 0,5cm dengan celah antara dua titik selebar 0,5cm. Untuk membuat dua titik ini kita bisa menggunakan dengan pisau cuter, lempengan tembaga pada PCB selain dua titik kita kupas saja semua, jadi lempengan tembaga yang tersisa pada PC hanya untuk dua titik a dan b saja.  janga lupa buatlah dua buah lubang untuk sekrup pada PCB, ini untuk menggabungkan bagian PCB pada Boom antenanya

Kemudian solder dua buah elemen a dan b yang masing berukuran 3,5cm pada dua titik di PCB yang sudah di buat tadi, sehingga jika kita ukur dari ujung elemen terminal a ke ujung elemen terminal b akan menghasilkan panjang 7,5cm, karena 3,5cm + 3,5cm = 7cm ditambah celah dua titik yang berjarak 0,5cm.


Langkah Berikutnya anda bisa siapkan kabel Coaxial 50 ohm type RG 58, kemudian kupas ujungnya untuk disolderkan ke dua buah titik di PCB terminal.

Langkah Berikutnya kita tinggal menyusun elemen-elemen antena pada Boom, Pertama – tama kita buat lubang-lubang untuk elemen pada Boom, dimana bagian Boom antenanya tersebut bisa  menggunakan peralon berdiameter 1/4 inch dengan panjang kurang lebih 50cm.  Kenudian masukan tiap elemen pada lubangnya sesuai ukuran pada gambar untuk penempatan tiap elemennya. Setelah semua tersusun. Maka selanjutnya kita bisa lem menggunakan lem korea atau Alteco, agar posisinya tidak lagi bergeser dan terlepas dari bagian peralonnya.

Setelah selesai Tutuplah bagian PCB terminal dengan Box sambungan telpon dan lem, nah untuk bagian antenanya sudah selesai., sekarang saatnya kita buat bagian untuk induksinya, karena induksi ini yang akan bersentuhan langsung dengan Hape atau modem kita nantinya

Ada dua cara untuk membuat induksi,  kita bisa membuat liltan yang kita buat pas melilit ke modem, atau bisa juga dengan membuat induksi dari PCB, Caranya Lilitkanlah kawat tembaga pada modem sebanyak 5 lilit usahakan jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu longgar, hal  ini untuk mencetak lilitan saja agar nantinya bisa keluar masuk, kemudian Kupaslah ujung kabel Coaxial yang ujung satunya lagi sudah terhubung ke antena tadi, dan solder ke inner dan outer lilitan induksi tadi.





Langkah Terakhir saatnya kita pasangkan antenanya, kita bisa pakai tiang apa saja dan tidak usah terlalu tinggi, asal melewati genteng rumah tetangga saja sudah cukup, kalau terlalu tinggi beresiko kena samber petir ! Langkah Terkahir Pasanglah lilitan induksi yang sudah dibuat tadi pada Hape dengan cara memasukan lilitan modem atau hape kita, dan kemudian aktifkan, Tralaaaa sinyal Internet di Hape atau modem anda sudah full, silahkan di nikmati ya guy’s !

Untuk Informasi kwalitas, harga bahan - bahan serta contoh - contoh produk penguat sinyal internet atau komponen untuk membangun sebuah penguat sinyal internet yang lebih canggih di jaman sekarang ini, maka kita bisa cari informasinya dengan cara :


->  BERIKUTNYA ->