Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam

Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam

Mencari Tahu Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam

Hampir setiap rumah memiliki mebel yang terbuat dari kayu, banyak juga mebel - mebel peninggalan jaman dulu yang terbuat dari kayu yang kokoh dan kuat, seperti kayu jati, meranti dan kayu - kayu keras lainnya ! Tetapi seiring perjalanan waktu mebel - mebel tersebut warna cat nya mulai pudar dan kusam, di sana - sini terdapat banyak sekali goresan, dan banyak sekali bagian permukaan catnya yang sudah mengelupas, dan bahkan banyak juga bagian permukaan mebel tersebut yang kotor karena noda dan mengeraknya debu ! Nah pertanyaannya adalah bagaimana sih caranya agar kita bisa membuat mebel - mebel peninggalan orang tua atau keluarga besar kalian bisa kembali tampil mulus dan kinclong seperti saat barunya di jaman dulu ! Untuk mengecat ulang mebel - mebel jaman dulu tidaklah sulit bagi kita yang mau belajar pengetahuan baru dan tentunya juga ingin berhemat ! ayo simak artikelnya sekarang dan langsung belajar memperbaiki mebel - mebel lama kalian hingga tampak kembali menjadi seperti mebel baru ! kita bisa Pelajari Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam sekarang !

Contoh Beberapa Bahan Untuk Cat Khusus Mebel Kayu Yang Ada Di Jual di Pasaran, Bisa Kita Lihat dengan Cara : 


Nah untuk lebih jelasnya sih,  sebelum kita uraikan satu persatu bagaimana langkah - langkah atau proses finishing ulang furniture di rumah kalian, sebaiknya kalian saksikan terlebih dahulu salah satu video tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan kalian semua tentang bagaimana cara dan proses yang harus diperhatikan dalam pekerjaan mengecat furniture jadul tersebut, selamat menyimak !




Setelah Kalian menyaksikan video tutorial diatas, apakah anda mulai tertarik untuk mereparasi atau mengecat ulang mebel - mebel jadul anda di rumah, selain biayanya juga lebih murah jika anda kerjakan sendiri, hasil dan kwalitasnya pun bisa anda tentukan sendiri, dari pada kalian membayar jasa tukang cat mebel yang harganya selangit. Jika snda memang merasa furniture atau mebel kayu di rumah sudah tampak kusam dan usang,  inilah saatnya anda mengecat ulang furniture atau mebel kayu lama di rumah anda agar tampilannya terlihat baru lagi. Anda tidak perlu ragu untuk mengaplikasikannya sendiri, karena proses pengerjaan sangatlah mudah. Dan kami akan memandu anda sampai anda berhasil.

Kali ini, kita akan memberi contoh applikasi mengecat ulang di atas furniture yang dilapisi bahan veener (kulit kayu) Langkah yang sama juga dapat anda lakukan pada yang furniture yang berbahan dasar papan kayu.



Langkah – langkahnya Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam

  1. Pilihlah cat khusus untuk kayu. Cat jenis ini dipilih karena tidak mengeluarkan bau, seperti cat pada umumnya. Bahan dasarnya pun air (water base ) sehingga lebih hemat karena tidak perlu membeli terpentin, thinner atau bahan pengencer cat lainnya, dan yang pasti, pengerjaannya lebih mudah.
  2. Sebelum proses pengecatan, amplaslah terlebih dahulu semua permukaan mebel anda untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Pengampelasan ini diperlukan agar cat baru dapat merekat dengan baik ke permukaan mebel. Gunakan amplas dengan permukaan halus, Tujuannya, agar proses pengampelasan tidak sampai merobek lapisan veener. Setelah selesai diampelas, lap semua permukaan furniture dari debu sisa pengampelasan.
  3. Sebelum dipakai, aduk cat selama 3-5 menit. Satu menit pertama, aduk searah jarum jam. Selanjutnya, aduk berlawanan arah jarum jam. Pengadukan ini wajib dilakukan karena dikhawatirkan ada pengendapan bahan tertentu di dalam cat hingga komposisi cat jadi tidak seimbang.
  4. Encerkan cat dengan air. Jumlah volume air maksimal 10% dari total cat. Jika lebih dari itu, cat akan terlalu encer yang mengakibatkan daya tahan cat terhadap furniture berkurang. Jika medianya tidak terlalu luas, Anda bisa menggunakan alat bantu, yaitu sendok makan.
  5. Ambil kuas busa, celupkan ke dalam cat dan kuaskan ke semua permukaan furniture kayu. Pengecatan harus dilakukan searah serat kayu agar hasil pengecatan sempurna. Untuk pengecatan furniture, disarankan menggunakan kuas busa agar tidak meninggalkan bekas kuas, jangan gunakan kuas ijuk, benang, nilon, atau plastik, karena akan meninggalkan bekas kuasan.
  6. Keringkan mebelnya, karena tidak berbau, proses pengeringan dan pengecatan ini bisa dilakukan di dalam ruangan, dengan syarat ada sirkulasi udara dari jendela di dalam ruang. Tidak diperkenankan untuk dijemur di bawah terik matahari karena dapat menyebabkan bubble, yaitu proses penggelembungan udara akibat pemuaian material kayu hingga mendorong lapisan cat yang belum menempel sempurna.
Demikianlah langkah – langkah sederhana Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam dengan bahan cat water base.

Lebih Lanjut Lagi, kami akan pandu anda Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam dengan bahan dasar Cat Duco, silahkan anda simak dengan seksama tip's nya di bawah ini :

Warna - warna finishing dengan bahan duco untuk mebel lebih beragam dan fresh warna - warnanya, anda dapat melihatnya pada contoh gambar di bawah ini.


Contoh Warna Cat Duco


Jika warna dan tampilan mebel di rumah anda yang itu-itu saja mungkin bisa membuat suasana ruang jadi membosankan. Mau ganti dengan yang baru, namun tak ada budget lebih. Mau dibuang, sayang. bersama "Pelajari Caranya"anda tak perlu bingung apalagi sampai galau, di kesempatan indah ini anda dapat mengecat ulang mebel anda sendiri di rumah. Caranya cukup mudah.

Jika Mebel Anda itu berbahan kayu, cukup bersihkan dan finishing0 ulang saja. Lapisi dengan menggunakan bahan yang cocok, seperti melamik atau cat duco. Dua sentuhan finishing  ini dapat mengubah tampilah furniture kayu Anda menjadi tampak baru kembali.

Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam dengan cara cat duco cukup mudah, dengan mengecat ulang furniture menggunakan cat yang dapat menutup seluruh permukaan, sehingga urat kayu pun tak terlihat lagi. Hasilnya pun  rapi dan terkesan buatan pabrik. Proses pengecatan duco ini, dapat anda coba sendiri atau meminta jasa tukang dengan pengawasan Anda, dan Berikut  ini adalah langkah-langkah proses pengecatannya :

1. Dempul hingga rata, pada  bagian permukaan yang bocel atau berlubang.




2. Amplaslah permukaan mebel anda sambil disiram air bersih, sampai permukaannya rata.dan jangan lupa keringkan kembali.



3. Proses selanjutnya Lakukan penyemprotan cat dasar, Proses ini biasa disebut sanding Sealer, tujuannya untuk menutup pori kayu, Tunggu hingga kering, lalu amplas lagi pemukaannya dengan ampelas yang halus. Grid 240 atau Grid 320.





4. Setelah permukaan siap, barulah dicat sesuai warna duco pilihan anda,  Tunggu sekitar dua jam. Ulangi lagi pengecatannya hingga rata.





5. Setelah kering, permukaan dapat dilapisi dengan cairan antigores, biasa di sebut Top coat,
Mudah bukan?, furniture atau mebel anda pun tampak seperti baru dan kinclong lagi ! selamat mencoba !


Kelemahan Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam dengan Bahan dasar Cat Duco adalah :

  1. Harga Cat Cukup Mahal dibanding cat kayu jenis lainnya
  2. Applikasi Harus dengan Seprotan Cat ( Spary Gun/Paint )
  3. Proses Cukup Panjang.
Tapi di balik kelemahan itu, anda akan mendapatkan hasil pengecatan yang sangat halus, seperti mebel buatan pabrik.

Berikut ini kita juga bagikan pengalaman kami Cara Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam dengan bahan dasar Plitur atau pernis kepada anda, proses pengecatan mebel kayu dengan bahan dasar Pernis atau Plitur, cukuplah mudah dan prosesnya cukup pendek, karena applikasinya hanya beberapa tahap saja, tidak serumit pengecetan dengan cat duco, namun jika anda cat dengan pernis atau plitur maka serat kayu masih akan terlihat dengan jelas, metode pengecatan ini sangat cocok bagi anda yang suka warna natural kayu alami.



Cara Ngecat Mebel Yang Kusam dengan Bahan Plitur

Bagaimana cara memplitur kayu yang benar? Salah satu cara untuk meningkatkan nilai dari furniture berbahan kayu adalah dengan plitur. Berbeda dengan cat kayu, plitur ini memiliki warna transparan keemasan sehingga memungkinkan hasil akhirnya berupa warna kayu asli yang mengkilap.

Perlu diketahui, pengerjaan proses memplitur kayu ini tidak semudah mengecat tembok, diperlukan serangkaian tahapan yang cukup teliti, tapi jangan khawatir, caranya gak serumit kata tetangga sebelah kok.yuk kita coba, sebelumnya sediakan dulu alat - alat dan bahan - bahan untuk proses Mengecat Ulang Mebel Di Rumah Yang Sudah Kusam dengan plitur atau pernish
  • Ampelas halus
  • Plitur
  • Kuas
  • Kain plitur
  • Kain lap
  • Wadah
  • Masker
  • Pernish

Langkah-langkah Memplitur Mebel Yang Sudah Kusam :

  1. Pakailah masker agar aroma plitur tidak terhirup. Perlu diketahui, bau plitur yang masuk tubuh ini akan sangat berbahaya bagi saluran pernapasan kita.
  2. Selanjutnya, haluskan permukaan furniture yang akan diplitur memakai ampelas. Pastikan semua permukaannya benar-benar bersih dan rata agar hasil akhirnya nampak halus sempurna.
  3. Tuangkan cairan plitur secukupnya ke dalam wadah bekas. Tambahkan air dengan perbandingan 1:10 untuk mengencerkan cairan plitur tadi. Adapun fungsi dari campuran ini adalah sebagai lapisan dasar.
  4. Usapkan cairan plitur yang telah diencerkan tersebut menggunakan kuas secara merata. Kerjakan dengan rapi. Apabila ada cairan yang menumpuk di pinggiran furniture, hapuslah segera memakai kain lap. Adapun lapisan plitur encer ini dilakukan sebanyak dua kali.
  5. Setelah lapisan plitur dasar tersebut telah mengering, biasanya serat-serat kayu furniture akan timbul keluar permukaan. Gunakan ampelas untuk menghaluskannya sekali lagi.
  6. Untuk mengaplikasikan furnishing plitur, kita tidak menggunakan kuas melainkan dengan bantuan kain plitur. Gulung-gulung kain plitur tersebut lalu celupkan ke dalam cairan plitur murni. Kemudian, usapkan lah secara merata ke seluruh permukaan furniture. Tekan-tekan sedikit agar cairan keluar dapat menempel sempurna.
  7. Langkah berikutnya, haluskan kembali furniture dengan ampelas. Tujuannya yakni untuk memastikan permukaan kayu tersebut telah sangat halus, sehingga memungkinkan hasil akhirnya pun terlihat sempurna.
  8. Terakhir, anda bisa mengoleskan kembali plitur ke permukaan kayu. Buatlah beberapa lapisan plitur sampai anda mendapatkan warna kayu yang sesuai dengan keinginan.
  9. Sebagai opsi tambahan, anda bisa memanfaatkan pernish untuk melindungi plitur dan menghasilkan desain mewah yang mengkilat.

--> SELANJUTNYA