Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Cara Membuat Terasi Udang Sendiri Di Rumah Dengan Aroma Yang Harum, Gurih Dan Lebih Higienis

Cara Membuat Terasi Udang Sendiri Di Rumah Dengan Aroma  Yang Harum, Gurih Dan Lebih Higienis

Mencari Tahu Cara Bikin Terasi Udang Sendiri Di Rumah Dengan Aroma  Yang Harum, Gurih Dan Lebih Higienis

Bagi Kalian pecinta Terasi tentunya akan lebih banyak berburu berbagai jenis terasi di tanah air atau bumi nusantara, Terasi khas ada dari berbagai daerah seperti, Cirebon, Bangka Belitung atau dari Potianak yang di kenal dengan nama Belacan sampai ke medan dan memang survei telah membuktikan bahwa hampir setiap daerah di indonesia mengenal makan khas ini, Seperti yang kita ketahui Terasi ini bahan dasarnya adalah udang yang di proses sedemikian rupa sehingga menghasil aroma terasi khas yang di yakini dapat meningkatkan libido birahi dan juga tentunya napsu makan para pengemar terasi. Ternyata proses pembuatan terasi yang fresh dan hingienis juga tidak terlalu sulit, kita bisa kerjakan di dapur masing - masih kok ! hanya saja tehnik dan proses pengolahannya terkadang butuh tempat yang higienis dan terhidar dari kotoran hewan yang suka sekali dengan bau bahan dasar terasi tersebut, jika kalian memang suka makan terasi sebaiknya sekarang belajar bagaimana Cara Membuat Terasi Udang Sendiri Di Rumah, sehingga mendapatkan Terasi Udang Yang Berkwalitas Dengan Aroma  Yang Harum, Rasa yang Gurih dan tentu saja terjamin keHigienisannya ! Nah terasi yang biasa kalian beli dari daerah tertentu belum tentu terjamin kehigienisannya, karena dipabrik terasi tersebut rawan dengan berkeliarannya hewan - hewan yang menjijikan. ah sudah jangan di banyangin deh, lebih baik belajar saja bikin terasi kesukaan kalian mulai dari sekarang ya Guys !  apakah anda sudah siap belajar bikin terasi ?

Contoh Beberapa Bahan Untuk Membuat Terasi Berkwalitas Yang Ada Di Jual di Pasaran, Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Sebelum anda belajar membuat Terasi yang enak, dan berencana memasarkannya, ada baik juga kalian menyimak aneka contoh  jenis - jenis terasi berikut contoh kemasannya yang ada di jual di pasaran dengan aroma khas masing - masing daerah, untuk informasi lengkap silahkan anda : 



dan kini saatnya kita simak dahulu salah satu video tutorial berikut ini tentang bagaimana proses pembuatan terasi pada umumnya, selamat menyimak !





Sebenarnya terasi itu adalah hasil dari olahan permentasi udang rebon, udang yang  masih kecil - kecil di olah dengan tambahan  bumbu – bumbu khas indonesia lainnya, sehingga terasi biasanya berbau agak menyengat walaupun rasanya gurih dan nikmat.

Mengapa Terasi Buatan Sendiri Terasa Lebih Harum dan Lebih Enak Rasanya ? Itu Karena Terasi Buatan Kita sendiri dari bahan - bahan pilihan yang berkwalitas, bukan dari bahan kepala udang yang sudah membusuk, walaupun proses pembuatan terasi intinya adalah proses pregmentasi, tetapi jika bahan dasarnya adalah udang segar maka hasilnya juga akan terasa gurih dan lezat. Terasi buatan sendiri tidak menggunakan pewarna makanan, warna coklatnya alami, tidak seperti terasi murahan yang warnanya ngejreng bahkan hingga berwarna merah. Nanti anda akan tahu kenapa Terasi Buatan Sendiri Jauh Lebih Enak di banding Terasi yang di jual di pasar.



Terasi akan lebih nikmat bila dibuat menggunakan udang segar, seperti yang di produksi di pesisir pantai bangka misalnya, hasil produksi terasi dari masyarakat pesisir bangka sangat terkenal enak dan gurih, walaupun didaerah jawa tengah seperti cirebon juga banyak bisa kita jumpai pabrik pengolahan terasi.

Bahan dasar untuk membuat terasi udang enak dan gurih ini biasanya di buat dari udang tambak atau pun udang rebon walaupun beberapa ada juga yg terbuat dari ikan.

 Apa yang harus di persiapkan membuat terasi udang enak, gurih dan nikmat ini adalah sbb

  1. Udang kecil atau udang Rebon, Boleh Juga Udang Segar Dari Tambak.
  2. Garam - di dalam pembuatan terasi udang garam mempunyai fungsi ganda, pertama untuk   memberi rasa yang kedua sebagai bahan pengawet, takaranya adalah  konsentrasi 20 % : atau 2 ons per kg bahan baku terasi
  3. Kantong plastik – Biasanya plastik yang  di gunakan buat bungkus terasi selalu di rangkap 2 lapis pertama untuk melindungi dan juga untuk meredam bau agar tidak tercium dari  luar, yang kedua untuk penyempurna, dan untuk memberi merek.
  4. Siapakan Wadah atau tempat mencuci udang rebon atau udang segar
  5. Kita butuh Alat penggiling bisa di tumbuk jika skala kecil, pake alat penggiling jika mau buat dalam skala besar.
  6. Kita juga butuh Alat permentasi biasanya terbuat dari plastik karna bahan baku terasi mengandung banyak garam.
  7. Alat untuk menjemur
  8. Bumbu - Bumbu Rahasianya
   
Setelah semua bahan dan alat – alat di atas telah siap, selanjutnya proses pembuatan terasi udang enak dan gurih ini dapat di kita lakukan :
  1. Cucilah udang rebon atau udang segar hingga bersih, dan buang kepalanya.
  2. Tiriskan hingga air nya kering dan jemur hingga udangnya – benar - benar  kering.
  3. Setalah udangnya kering masukan udang tersebut kedalam alat  penggilingan, tambahkan semua bumbu yang tersedia, lalu tumbuk hingga halus, sambil terus di   tumbuk   hingga halus dan membentuk sebuah adonan lalu di jemur hingga  kering, untuk mendapatkan hasil terasi yang lembut dan kualitas yang bagus, biasanya  setelah di giling di jemur, hingga 2 x penggilingan    hal ini untuk mendapatkan  terasi yang berkualitas lebih baik.
  4. Setelah melalui 2 x proses penggilingan dan penjemuran terasi dapat di bungkus  menggunakan 2 lapis bungkus. dan Terasi pun siap di konsumsi atau di pasarkan.
Catatan : Pastikan kondisi terasi selalu kering ,untuk menjaga kualitas dan  supaya terasi  tahan lama.

Bumbu apa saja yang di gunakan untuk membuat terasi yang harum, gurih dan nikmat ? Mari simak di bawah ini :
  1. Garam Secukupnya
  2. Penyedap Rasa ( Sasa, Ajinomoto )
  3. Kemiri - 10 Butir untuk 1 Kg Adonan
  4. Ketumbar - 25 Gram Untuk 1 Kg Adonan

Bahan - bahan Alternatif lainnya juga ada loh, yuk di simak juga ya !

--> SELANJUTNYA