Cara Memanggang Bika Ambon Pakai Panci - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Memanggang Bika Ambon Pakai Panci

Bikin Bika Ambon Pakai Panci

Mencari Tahu Cara Memanggang Kue Bika Ambon Menggunakan Panci Saja, Bisa Matang Sempurna dan Bercarang Banyak


Hi Guys, masih merasa ribet kalau mau bikin kue Tradisional yang lezat ini, mungkin karena selama ini banyak yang gagal saat proses memanggang kue bika ambon tersebut, sehingga banya yang berasumsi bahwa membuat kue bika ambon itu ternyata sangat sulit, tapi pada kenyataannya jika kita kerjakan dengan metode yang sederhana, rupanya membuat bika ambon itu tidaklah sesulit yang di bayangkan, bahkan alat pemanggangnya juga bisa menggunakan panci bekas seperti ini !

Melalui artikel berikut ini, kami akan membuka wawasan anda lebih luas lagi, dimana kami akan menguraikan bagaimana cara membuat kue bika ambon yang tidak pakai ribet dan anti gagal. Sebelum kita masuk ke pembahasan bangaimana cara memproses bahan - bahan bika ambon hingga menjadi kue yang lezat, ada baiknya kita pahami dulu apa sih yang di maksud dengan kue bika ambon itu.

Table of Content

1. Mengenal Apa Itu Kue Bika Ambon

1.1. Bahan – Bahan Kue Bika Ambon
1.2. Proses Mengolah Bahan Bika Ambon
1.3. Cara Memanggang Kue Bika Ambon

2. Jenis dan Varian Kue Bika Ambon Yang Lagi Viral

2.1  Bika Ambon Cek Ompong


Ternyata ada Cukup banyak Bahan – bahan yang akan kita gunakan untuk membuat kue bika ambon yang lezat, namun bagi kalian yang tidak ingin repot – repot membuatnya sendiri, kalian bisa beli yang sudah jadi saja, ada banyak sekali merek bika ambon original yang enak dan lembut dengan berbagai unggulan yang di tawarkannya, dan tentu saja dengan harga yang bersaing pula, detailnya mengenai hal tersebut dapat anda cek secara online Sebelum Anda memutuskan untuk membuat sendiri bika ambon yang enak, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan kue tradisional yang cukup legendaris ini.

1. Mengenal Apa Itu Kue Bika Ambon

Menurut Wikipedia, Bika ambon adalah kue tradisional khas kota medan, walaupun namanya bika ambon tapi kue ini bukan dari daerah tersebut ya, dan kue bika ambon ini juga bukan terbuat dari tepung sagu tapi yang benar adalah terbuat dari bahan-bahan seperti tepung tapioka, telur, gula, dan santan serta rempah – rempah khas nusantara, Nah ini nih yang sulitnya, karena proses pembuatan bika ambon termasuk proses slow cooking maka aslinya kue bika ambon itu  dimasak selama 12 jam agar dapat bertahan dalam kondisi yang cukup lama dengan tektur khas carang – carangnya yang lembut.

Hah.. 12 jam ? widihhh lama banget masaknya ! tenang - tenang ini hanya ujian saja, sebetulnya ada metode memasak kue bika ambon yang lebih sederhana yang hanya butuh waktu beberapa jam saja untuk membuatnya, mulai dari proses persiapan bahan - bahannya, proses pembuatan adonan dan sampai dengan proses pemanggangnya, Mari kita uraikan satu persatu !

1.1. Bahan - Bahan Kue Bika Ambon

Bahan – bahan untuk membuat kue bika ambon yang original memang cukup banyak jenis – jenis bahan yang harus di pergunakan, agar citarasanya juga sesuai dengan kue bika ambon yang original, berikut ini bahan – bahahnya.

Bahan Santan Rempahnya  :
  • 300 ml santan kental ( dari 1 butir kelapa tua )
  • 100 ml santan cair ( sisa dari perasan ke 2 )
  • 4 lembar daun jeruk, buang batangnya
  • 2 batang serai, Geprek hingga memar
  • 1 ruas jari kunyit ( lumatkan )

Bahan Untuk Membuat Biang Raginya :
  • 120 ml air hangat
  • 50 gram tepung protein sedang
  • 8 gram ragi instan
  • 2 sendok makan gula pasir

Bahan Utama Kuenya :
  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram tepung tapioka
  • 50 gram tepung ketan
  • 8 kuning telur
  • 2 butir telur ayam utuh
  • 1 sendok teh bubuk vanili
  • 1/2 sendok teh garam

1.2. Proses Mengolah Bahan - Bahan Bika Ambon

Cara Membuat Biang Raginya :

Campur tepung terigu, gula pasir, air hangat serta  ragi instan, kemudian aduk sampai rata dan diamkan selama 15 menit pada suhu ruang.

Cara Membuat Santan Rempahnya :

Siapkan santannya dan kemudian rebus santan kentalnya bersama santan cair, daun jeruk, serai, serta kunyit yang sudah di haluskan, agar tidak meluap, gunakanlah api kecil, kemudian sduk-aduk sampai mendidih agar tidak pecah santannya, kemudian dinginkan.

Cara Mengolah  Bahan Utama Bika Ambonnya :

Siapkan  telur utuh, kuning telur, gula pasir, garam serta vanilla bubuknya, campurkan menjadi satu dan aduk hingga mengembang kemudian masukkan tepung tapioka dan tepung ketan dan aduk – aduk lagi hingga tercampur rata. Selanjutnya masukkan bahan biangnya ke dalam bahan utama dan aduk lagi sampai rata, baru selanjutnya masukkan bahan santannya dan aduk sampai rata lagi, nah setelah itu diamkan selama 2 jam, boleh di tinggal shopping dulu.

1.3. Cara Memanggang Kue Bika Ambon

Ada beberapa cara memanggang kue bika ambon salah satunya memanggang kue bika ambon ala cek ompong yang menggunakan panci sebagai ovennya, ada juga yang langsung menggunakan tungku terbuka seperti metode pemanggangan yang di lakukan oleh ci mehong, dan ada juga yang memakai oven dengan suhu 180 derajat dan pintu ovennya di buka sedikit, silahkan anda pilih metode mana yang lebih sederhana dan mudah bagi anda.

Berikut ini Tutorial cara memanggang Kue Bika Ambon Pakai Panci Ala Cek Ompong :

Siapkan Satu Buah Panci, Boleh Pakai Panci Bekas Yang Sudah Bocor dan Tak Terpakai Lagi Boleh Juga pakai Panci apa pun yang tersedia di dapur anda.

Cara Panggang Bika Ambon Pakai Panci


Panaskan Panci bersama loyangnya kurang lebih 5 menit sebelum di tuangkan adanoan bika ambonnya


Cara Bikin Kue Bika Ambon Pakai Panci

Tuangkan Adonan Kue Bika Ambon kedalam loyang yang sudah di panaskan, kemudian panggang dengan api kompor kecil selama 40 - 50 menit denga posisi Panci Terbuka, tujuannya supaya carang - carang kue bika ambonnya terbentuk dengan sempurna.

Cara Panggang Kue Bika Ambon Pakai Panci

Ketika 40 - 50 Menit sudah berlalu dan adonan kue bika ambonnya sudah mulai mengembang dan mengeluarkan letupan kecil berupa uap dan sedikit minyak di lubang - lubang carang yang terbentuk, maka saatnya kita keringkan permukaan bagian atas kue bika ambonnya selama 7 - 10 menit dengan cara menutup pancinya dengan tutup panci.
  
Cara Panggang Kue Bika Ambon Menggunakan Panci Bekas

Demikianlah proses pemanggangan kue bika ambon spesial ala cek ompong yang lagi viral di media sosial tik tok dan youtube, selamat mencoba !

2.1. Jenis dan Varian Kue Bika Ambon Yang Sedang Viral

Ada beberapa Varian Bika Ambon yang belakangan ini sedang viral di media sosial dan memang beberapa varian bika ambon tersebut menjadi cukup terkenal sampai saat ini, mari kita membahasnya lebih detail lagi di bawah ini :

2.1. Bika Ambon Cek Ompong

Bika Ambon Cek Ompong Memang Cukup Unik, Selain Bahan - Bahannya yang terkenal dengan Organiknya, metode pemangganganya juga cukup unik, yaitu menggunakan panci sebagai pengganti ovennya, dan hasil panggangannya juga matang dengan sempurna loh, silahkan simak video lengkapnya di bawah ini dengan judul 6 Menit Yang Menakjubkan :



Kalau soal citarasa, bika ambon panci ala cek ompong ini memang cukup enak, kenyalnya juga pas dan pastinya legitnya itu loh dapet banget, karena pakai mentega wisman katanya sih, resep lengkapnya bisa kalian simak di bawah ini :

Resep Bika Ambon Cek Ompong dengan Untuk Loyang :

15 x 15 x 7 Cm

Komposisi Bahan - Bahannya :

Bumbu Santan Organik

2 Batang Sereh ( Geprek )
5 Lembar Daun Jeruk
1 Ruas Jari Kunyit ( Uleg / Haluskan )
200 ml Santan Kelapa Fresh (  Pakai Santan Kental Fresh Lebih Gurih dan Wangi Nantinya )

Komposisi Bahan Keringnya

100 Gram Tepung Tapioka
50 Gram Tepung Terigu
100 gram Gula Pasir
1/4 sdt Vanili Bubuk
( Ayak Semua Tepungnya dan Campurkan jadi satu semua bahan kering ini )

Komposisi Bahan Premiumnya

3 Butir Telur Ayam Omega ( Organik )
2 Sdm Butter Wisman ( Cairkan dulu )
1/4 sdt Garam Organik / Himalaya Pink

Komposisi Bahan Untuk Biang :

5 sdt gula pasir
1 sdt fermipan
2 Sendok Sayur Adonan Santan Bumbu

Proses Pembuatannya Silahkan Lihat Di Video di atas !


Reference :

[1] Cooking with Cek Ompong
[2] Home Made Cookies
[3] How To Use Recipe