Cara Betulin ( Memperbaiki ) Mesin Cuci Yang Gak Bisa Muter - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Betulin ( Memperbaiki ) Mesin Cuci Yang Gak Bisa Muter

Cara Betulin Mesin Cuci Yang Gak Mau Muter

MEMPELAJARI BAGAIMANA CARA BETULIN / MEMPERBAIKI BERBAGAI MASALAH PADA MESIN CUCI ANDA, MULAI DARI PENGERINGNYA TIDAK MAU MUTER SAMPAI, PROGRAMNYA ERROR SAMPAI DENGAN MESIN CUCINYA MATI TOTAL


Selamat datang di dunia pelajari caranya, pada kesempatan kali ini kita akan belajar hal baru yang mungkin akan berguna suatu saat nanti untuk anda semua. Washing Macine atau Mesin Cuci Pakaian adalah peralatan rumah tangga yang tidak bisa lagi di pisahkan dengan kehidupan rumah tangga, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan, kebiasaan mencuci pakaian secara manual dengan papan gilesan kini sudah jarang sekali di lakukan oleh masyarakat di indonesia, khususnya masyarakat perkotaan, ibaratnya rumah tangga tanpa mesin cuci bakalan repot sekali. Manfaat yang di berikan dari perkembangan Tehnologi semakin memudahkan dan juga meringankan pekerjaan manusia, salah satunya dengan menerapkan tehnologi digital pada sebuah mesin cuci, sehingga mesin cuci masa kini mampu mencuci pakaian anda secara maximal sebersih jika anda mencucinya menggunakan papan gilesan. Mudah dan Sangat Membantu sekali ! Nah bagaimana jika mesin cuci andalan anda sehari - hari tiba - tiba rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, jika harus panggil tehnisi atau tukang memperbaiki mesin cuci mungkin mungkin butuh waktu beberapa hari untuk memperbaikinya karena harus menunggu antrian service dari mereka, belum lagi biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar jasa tehnisi perbaikan mesin cuci anda juga tidaklah sedikit loh !

Jika bisa pilih cara yang cepat dan murah kenapa anda harus menunggu demikian lama dan membayar mahal ? mari kita pelajari caranya memperbaiki mesin cuci yang rusak dengan cara kita sendiri ! perlu anda ketahui sebuah mesin cuci bukanlah peralatan yang sulit untuk di perbaiki sendiri, bahkan kadang kala kerusakannya hanya di sebabkan hal yang sepele dan mudah untuk di perbaiki sendiri, gimana tertarik untuk mempelajarinya ? pertama - tama kita akan uraikan terlebih dahulu jenis - jenis kerusakan yang umum terjadi pada sebuah mesin cuci dan bagaimana cara penanganannya serta memperbaikinya !


MENGENAL KOMPONEN / SPAREPART YANG SERING JADI PENYEBAB KERUSAKAN PADA MESIN CUCI 

Ada beberapa jenis komponen atau sparepart mesin cuci yang pada umumnya sering rusak Mulai dari Modul / PCB Control Circuit, Water Inlet Solenoid Valve, V belt, Motor Drain, Water Level Sensor, Switch door, Motor spin, Pulsator, Motor wash, Kapasitor, Tube back, dan Case divi. Seperti apa wujud dan fungsi benda - benda tersebut, kalian bisa googling untuk melihat secara lebih detail, Selain itu kita juga mengindentifikasi beberapa masalah yang sering kali terjadi pada sebuah mesin cuci mulai dari Mesin cuci tidak dapat mengosongkan air atau mungkin sebaliknya mesin cuci yang tidak bisa di isi dengan air, kejadian ini biasanya terjadi pada mesin cuci otomatis, selain terkadang Layar LCD yang menampilkan siklus kerja mesin cuci tidak berfungsi dengan baik alis ngaco, namun ada juga masalah umum lainnya yang terjadi pada mesin cuci manual dan juga mesin cuci otomatis yaitu tabung mesin cucinya berputar lambat atau bahkan sama sekali tidak kuat lagi untuk berputar. untuk itu mari kita pelajari satu persatu cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada sebuah mesin cuci yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Sebenarnya ada banyak sekali penyebab mengapa sebuah mesin cuci kita tidak bisa berputar, atau jika berputar pun, putarannya sangat lemah sehingga tidak mampu membersihkan pakaian yang anda cuci, permasalahan yang umumnya terjadi karena hal tersebut adalah :

  • Karet Vanbelt yang sudah longgar atau usang termakan usia pemakaian
  • Fungsi Timer yang  rusak
  • As pada penggerak mesin cuci macet
  • Kapasitor pada mesin cuci rusak atau mati
  • Sensor Door Switch Berkarat atau mungkin rusak
  • Klep pembuangan air tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mampet
  • Kabel putus karena di gigit atau di rusak oleh tikus
Untuk mengetahui secara pasti penyebab kerusakan pada mesin cuci anda, maka tentu saja anda harus membongkar penutup / cover mesin cuci tersebut terlebih dahulu, jika anda belum paham bisa perhatikan video tutorialnya berikut ini :




Mesin Cuci Yang Sudah beroperasi anatara 3 – 5 Tahun biasanya mulai mengalami ganguan yang membuat fungsi mesin cuci menjadi tidak maximal untuk itu di perlukan sekali proses pembersihan dan pengantian komponen yang sudah mulai rusak karena usia pemakaian tersebut, bagaimana langkah – langkahnya membongkar mesin cuci tersebut ? Mari kita siapkan peralatan dan juga langkah - langkah untuk membongkar mesin cuci tersebut.


Cara Membongkar Mesin Cuci


Sebelum kita membongkar cover mesin cucinya, mari kita siapkan peralatan yang kita butuhkan sbb :
  • Obeng
  • Tang
  • Kunci Shock
  • Kain lap


Cara Membongkar Cover Penutup Mesin Cuci :

  1. Pindahkan Mesin Cuci Ke lokasi yang lebih luas dan terang sehingga lebih leluasa untuk membongkarnya
  2. Kendorkan dan copot semua sekrup pengikat cover mesin cuci
  3. Lepaskan Door Switchnya yang menganjal di pintu penutup mesin cuci
  4. Lepaskan Cover Atas Penutup Main Board Mesin Cuci
  5. Buka penutup belakang mesin cuci
  6. Miringkan posisi mesin cuci atau rebahkan sehingga bagian bawah terlihat
  7. Copot semua sekrup bagian bawah mesin cuci 
  8. Jika ingin membersihkan tabung Drumnya anda tarik mesinnya hingga keluar dari covernya


Setelah melakukan langkah - langkah di atas, maka selanjutnya terserah anda mau mulai dari mana, biasanya teknisi profesional akan mulai membersihkan semua kotoran yang menempel di area bagian dalam mesin cuci tersebut sambil memeriksa kondisi komponen / sparepart apakah masih layak berfungsi atau harus segera di ganti dengan yang baru. Setelah semua komponen di cuci dan di cek, Salah Satu Penyebab Kerusakan pada mesin cuci adalah mesin cuci tidak bisa spin  atau berputar juga bisa hal ini pada umumnya disebabkan karena kapasitor dinamo yang mulai lemah atau bahkan rusak, mesin cuci tidak akan bisa berputar apabila kapasitornya rusak, anda bisa cek apakah kapasitor pada mesin cuci anda tersebut memang benar – benar rusak atau tidak, karena cover mesin cucinya sudah di bongkar oleh anda maka dengan leluasa anda bisa melihat pada bagian kapasitornya, Cara cek Kapasitor yang rusak biasanya bisa kita lihat dari ciri-ciri fisiknya seperti ada bekas terbakar, bentuk kapasitor mulai menggelembung, atau kelihatan ada bocor, kalau ingin lebih akurat, kita bisa memeriksanya dengan menggunakan multitester. jika memang terbukti rusak kini tinggal anda lakukan perbaikan dan penggantian pada komponen yang rusak tersebut.