Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Caranya Pakai Decal Water Slide Paper Untuk Sablon

Mencari Tahu Cara Menggunakan Decal Water Slide Paper Untuk Sablon Gambar dan Huruf

Perkembangan tehnologi printing digital membawa dampak positif terhadap dunia promosi, beberapa waktu yang lalu kita harus menggunakan mesin sablon atau setidaknya alat sablon portable untuk mencetak gambar dan tulisan di permukaan sebuah benda baik itu benda berbahan kaca, besi, kramik sampai dengan plastik, dengan tehnik sablon jaman dulu tidak bisa full colour jika ingin warna lengkap harus menggunakan mesin sablon khusus yang sangat mahal harganya, tetapi kini jaman sudah berubah, dengan bantuan kertas transfer yang bernama Decal Water Slide Paper atau yang biasa kita kenal dengan nama Kertas Decal, apa itu decal paper ? sebelum kami jelaskan apa itu kertas decal dan bagaimana fungsinya ? coba anda bayangkan kembali di masa kecil anda pasti perna melihat kertas tato - tato an yang di tempel ke kulit tangan kita misalnya dengan di beri sedikit air, kemudian di gosok - gosok maka gambarnya akan pindah ke tangan anda, nah begitu juga cara kerja decal paper, dengan bantuan kertas decal tersebut, maka anda akan dengan mudah mentransfer hasil printing anda yang di cetak dengan printer Inject atau printer laser di atas permukaan kertas decal kemudian gambar dan tulisan tersebut tinggal di transfer ke permukaan benda yang akan kita gunakan sebagai media tempat perpindahan gambar dan tulisan tersebut, dengan bantuan lem khusus maka gambar dan tulisan yang anda pindahkan dari kertas decal akan merekat dengan baik, setelah itu anda tinggal memberi coating atau cat pelapis anti gores di atas pemukaannya gambar dan tulisan tersebut, prosesnya cukup cepat dan sederhana, dalam waktu singkat maka souvenir anda akan tampak lebih cantik berpadu sempurna dengan gambar serta tulisan yang anda design sendiri. Nah Mudah Bukan.


Sebelum kita membahas bagaimana menggunakan Decal Water Slide Paper untuk sablon souvenir anda, kita perlu tahu apakah kertas decal ini mudah di dapatkan dan apakah harganya terjangkau ? soal harga tergantung kwalitasnya, yang jelas harga kertas decal tidak terlalu mahal dan ramah lingkungan serta juga ramah terhadap kantong atau dompet anda, kini decal paper bisa anda beli dengan mudah di toko - toko sticker atau beli di toko - toko online, lebih jelasnya tentang harga, merek dan kwalitas decal paper bisa kalian :



Setelah anda memiliki Decal Paper Lalu bagaimana langkah - langkah proses pemindahan gambar dari kertas decal ke media yang kita inginkan ? mari kita simak bersama proses atau langkah - langkahnya melalui salah satu video tutorial caranya menggunakan Decal Water Slide Paper Untuk Sablon souvenir, selamat menyimak !






Nah bagaimana ? cukup mudah bukan, jika kalian belum jelas, silahkan simak penjelasan di bawah ini tentang bangaimana langkah demi langkah proses sablon gambar dan tulisan full colour menggunakan bantuan media kertas transfer Decal Water Slide Paper :


Tahapan Proses Bagaimana  cara menggunakan Kertas Decal dengan Baik dan Benar

Langkah Pertama yang harus anda diperhatikan adalah permukaan decal paper yang akan di gunakan untuk dicetak adalah yang mengkilap dan bila kena air akan terasa lengket, melekat karena permukaan kertas memang dilapisi semacam lem yang mudah larut dengan air.

Langkah Berikutnya Cetaklah gambar dengan inkjet Printer atau jika ingin lebih bagus bisa gunakan Laser Printer sesuai pilihan dan selera anda,  dan ingat ! pada bagian yang mengkilap dan agak lengket adalah permukaan untuk dicetak.



Setelah Gambar di Print, segera keringkan tinta dengan cara diangin-anginkan atau menggunakan hair dryer

Kemudian Lapisi permukaan gambar dengan varnish bening atau transparant bisa beli ditoko cat - biasanya catnya atau top coat nya berupa kalengan yang siap di semprot seperti pilox

Berikutnya Keringkan lapisan Varnish menggunakan Hair Dryer

Jangan lupa Gunting pada tepi gambar dilebihkan 1 mm saja. Supaya tidak nampak seperti sticker.

Jika sudah siap, gambar tersebut bisa di celupkan kedalam air, tunggu 30-60 detik sampai bisa digeser, jangan dipaksa bila masih belum bisa,  tunggulah beberapa saat lagi sampai mudah digeser

Kemudian Angkat dengan hati - hati dan tempelkan dipermukaan keramik atau gelas, sebaiknya permukaan dilumuri air supaya mudah menempelnya baru kemudian tarik kertasnya keluar.

Setelah permukaan diatur sampai rata, atur posisinya, gosok dengan karet polyurethan caranya gosok dari tengah kesamping sampai tidak ada gelembung udara atau air dibawah lapisan gambar.

langkah terakhir keringkan dengan Hair Dryer atau oven dengan oven roti selama 10-15 menit pada suhu 100-110 derajat. Setelah dingin, keluarkan, dibiarkan pada suhu ruangan 1-3 hari agar gambar menempel dengan sempurna.


--> SELANJUTNYA