Cara Merakit Komputer PC dan Laptop Sendiri Sesuai Budget Anda - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Merakit Komputer PC dan Laptop Sendiri Sesuai Budget Anda

Cara Merakit Komputer PC dan Laptop Sendiri

Mencari Tahu Cara Merakit Komputer PC dan Laptop Sendiri Sesuai Budget Kita 

Menjadi Sebuah kebanggaan tersendiri jika perangkat komputer baik itu Personal Computer ( PC ) ataupun Komputer jingjing ( Laptop ) merupakan Hasil karya rakitan anda sendiri. apalagi anda dapat menyesuiakannya dengan keadaan keuangan anda, seiring perkembangan tehnologi, modul - modul atau rangkaian komponen komputer mulai dari Motherboard, Processor, Memory atau RAM,  kartu Grafis atau VG Card, Hardisk Hingga Power Supply memang di rancang sesederhana mungkin dengan istilah plug and play agar lebih mudah untuk di rakit oleh orang awam sekalipun, dan bagi anda yang ingin belajar mencoba merakit komputer sendiri anda bisa simak tip's dan langkah - langkah mudah merakit komputer sendiri yang akan kita bahas di bawah ini, Bagaimana proses perakitannya dan apa saja yang harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk membelanjakan uang anda dengan berbagai macam rangkaian komponen komputer yang akan anda rakit, mari silahkan anda simak salah satu video tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda bahwa merakit komputer sendiri ini sangatlah mudah, syaratnya yang penting ada kemauan untuk belajar. selamat menyimak !


Sebelum memulai merakitnya sendiri di rumah, anda perlu mengetahui spesifikasi dan juga harga - harga komponen komputer tersebut terlebih dahulu, agar komputer yang anda rakit lebih maksimal dan sesuai dengan budget serta kebutuhan anda, berikut ini daftar harga dan spesifikasi lengkap komponen komputer berdasarkan harga ter update dan terkini, selengkapnya silahkan anda :  

Dengan mengacu kepada daftar dan spesifikasi harga - harga komponen di atas, kami berhasil merakit 1 unit komputer ( CPU )  hanya dengan budget 1 jutaan, yang sudah layak di gunakan untuk browsing dan mengerjakan tugas - tugas home office.

Berikut ini adalah langkah - langkah dan tip's merakit Komputer PC ( Pesonal komputer ) sesuai budget anda dengan cara di cicil.

Persiapan Sebelum Memulai Cara Merakit Komputer (PC)

Ada beberapa komponen/perlengkapan yang harus anda siapkan sebelum memulai cara merakit komputer (PC) diantaranya :

Untuk Alat Kerja

  • Obeng
  • Skrup
  • Baud

Untuk Komponen Komputer (PC)

Sebelum mempersiapkan komponen-komponen komputer (PC) sebaiknya anda memperhatikan kompabilitas/kesesuaian setiap komponen degan motherboardnya karena tidak semua jenis komponen cocok dengan motherboarnya contoh: processor socket AM3 harus disesuaikan dengan socket AM3 juga tidak bisa dipasangkan pd socket AM2, 
RAM DDR3 slot pada motherboard harus DDR3, socket hardisk/dvd rom menggunakan serial ATA atau SATA, yang lebih penting pemilihan WATT power supply harus sesuai dngan kebutuhan tidak boleh kurang karena akan merusak seluruh komponen.

Berikut beberapa komponen yang harus anda dipersiapkan :
  1. Motherboard
  2. Processor
  3. Heatsink & Kipas
  4. RAM
  5. VGA CARD (kalau perlu)
  6. Casing
  7. Power Supply
  8. Hardisk
  9. DVD/CDROM
  10. Keyboard & mouse
  11. Monitor
  12. Speaker

Untuk Software

  1. CD Sistem Operasi seperti windows 7, windows 8 atau lainnya.
  2. CD driver motherboard (VGA, Sound card, LAN,dll).
  3. Program aplikasi.

Berikut Langkah-langkah Cara Merakit Komputer (PC)

1. Cara Memasang Processor ke Motherboard

  • Pertama buka atau tarik ke atas tuas pengunci socket prosesor pada motherboard.
  • Sebelum meletakkan procesor ke socket, lihat tanda titik/segitiga di sudut prosesor lalu cocokan tanda yang sama di socket motherboard, jika sudah terpasang dengan baik kunci kembali soket procesor tersebut.
  • Lapisi atau oleskan pasta di bagias atas prosesor yang akan di pasang heatsink. Pasta berfungsi sebagai penyalur panas dari processor ke heatsink.
  • Selanjutnya pasang Heatsink di atas prosesor,kunci Heatsink sehingga tidak goyang atau tampak mau lepas.
  • Terakhir colokokan konektor power kipas Heatsink ke motherboard. Dan pastikan kembali bahwa Heatsink & Procesor sudah terpasang baik.

Perhatikan gambar dibawah ini


memasang processor


memeasang heatsink


2. Cara Memasang RAM / Memori ke Motherboard

  • Lihat dan buka tuas penguncinya.
  • Lalu sesuaikan posisi lekukan pada RAM dengan lekukan pada slot RAM pada motherboard.
  • Kalau sudah pas lalu tekan di setiap ujung RAM hingga tuas pengunci RAM / memori kembali mengunci biasanya di tandai dengan bunyi “klik”.
  • Pastikan Memory RAM sudah terpasang baik & benar.

Perhatikan gambar dibawah ini

memasang RAM


3. Cara Memasang Power Supply Unit (PSU) Pada Casing

Untuk power supply jika anda membeli casing biasanya sudah terpasang power supply, jika belum berikut cara pemasangnya :

  • Pasangkan PSU di atas pojok atau biasanya ada juga yang di taruh dibawah tergantung model dari casing sendiri.
  • Sesuaikan lubang sekrup pada PSU dengan lubang sekrup casing
  • Kunci PSU menggunakan sekrup yang ada menggunakan obeng (+).
  • Pastikan PSU sudah terpasang benar & tidak goyang.

Perhatikan gambar dibawah ini


memasang PSU


4. Cara Memasang Harddisk Dan CD Atau DVR-RW

  • Letakkan casing dalam keadaan berdiri, pasang Harddisk pada casing dan kunci dengan baut menggunakan obeng plus.
  • Pasang CD atau DVR-RW di bagian atas dari depan casing dan kunci dngan sekrup agar tidak gerak.
  • Selanjutnya pasang masing-masing kabel pada Harddisk dan CD/DVD RW.
Perhatikan gambar dibawah

Untuk pemasangan kabel pastikan jenis port serial dari Hardisk & CD/DVD RW apakah menggunakan jenis ATA atau SATA. Untuk Kabel power diambil dari PSU sedangkan untuk data dipasangkan dari motherbord. 

5. Cara Memasang Motherboard ke Casing

  • Lihat lubang sekrup yang ada pada casing dan lubang sekrup pada motherbord.
  • Letakan motherbord ke dalam casing dengan mencocokan lubang sekrup yang ada pada motherbord dan casing.
  • Kunci dengan sekrup yang ada menggunakan obeng (+).

6. Cara Memasang Kabel-kabel Komputer

Setelah semua komponen komponen terpasang, langkah selanjutnya adalah merakit kabel-kabel komputer, baik kabel I/O, kabel hardisk, kabel CD ROM, Kabel power CPU dll. Anda cukup memperhatikan gambar berikut ini untuk panduan Anda memasang kabel-kabel untuk merakit komputer anda.

Sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan langkah yang satu ini, karena ini merupakan salah satu yang paling central dalam merakit komputer, jika kabel yang Anda hubungkan ternyata salah maka akan berakibat fatal. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan, setiap kabel sudah disetting sedemikian rupa agar berbeda dengan yang lain, jadi Anda tinggal mencocokkan saja dengan colokannya. Berikut adalah beberapa gambar untuk merakit kabel-kabel komputer.


cara memasang kabel komputer



7. Cara Memasang Vga Card


Untuk langkah ini hanya optional saja, bila tidak memasang device ini juga tidak apa-apa karena dalam motherboard sendiri sudah memiliki vga internal. Berikut cara memasang vga motherborad:

  • Perhatikan slot untuk memasang vga lalu buka penguncinya.
  • Pasangkan vga dengan baik dan benar.
  • Setelah terpasang kuncikan vga dengan kunci yang ada di slot vga.

Perhatikan gambar dibawah ini


memasang VGA




8. Tahap Terakhir Dalam Cara Merakit Komputer


Kalau semua langkah-langkah merakit komputer sudah selesai, kini tutup dengan casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard & konektor mouse ke port mouse.

9. Pemeriksaan Hasil Dalam Merakitan Komputer (PC)


Setelah merakit komputer selesai, kita lakukan pemeriksaan dan pengetesan hasilnya dengan program BIOS, caranya yaitu :

  • Nyalakan komputer dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
  • Nah program Fost dari Bios ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yg sudah dipasang pada komputr.
  • Lakukan setting untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence.
  • Kalau sudah lalu simpan hasil settingan dan exit dari setup BIOS, maka komputer meload system operasi dngan urutan pencarian yg disesuaikan dngan settingan boot sequence pada Bios.

10. Solusi Bila Terjadi Masalah Dari Hasil Merakit Komputer


  • Hidupkan komputer, apabila komputer dan monitor tidak hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
  • Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank / berwarna hitam, pasti ada kesalahan dan apabila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM / memori pada soket.
  • Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah pas apa belum keslotnya.
  • Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum.   

Demikian langkah - langkah Suka - Suka Merakit Komputer PC  Sesuai Budget Anda, dan berikutnya kita akan pelajari cara merakit Laptop atau komputer jingjing sendiri.

Pada umumnya Banyak orang kebingungan cara merakit laptop dibagian menancapkan kabel motherboard dari keyboard atau pemasangan display seperti monitor yang sealu bingungkan.karena laptop memang sudah berbentuk seperti itu ketika membeli,sehingga tidak sedikit yang berpikiran bahwa merakit laptop sangat susah,dan terlalu beresiko,apalagi bagi orang awam.laptop dapat dibongkar,tetapi ada aturan-aturan tertentu dalam perancangan yang berbeda dengan ketika anda merancang komputer dekstop anda.

Merancang laptop,selain untuk mengganti hardware yang bermasalah,juga dapat dilakukan dengan tujuan untuk menambah performance laptop anda karena tidak sedikit program yang membutuhkan spesifikasi cukup berat (seperti game,atau program desain).selain itu juga,mengganti hardware juga bisa menjadi solusi dari masalah masalah yang mengganggu performance disebabkan hardware laptopkarena kadang masalah pada performance laptop yang masih “rendah”.namun terlepas dari semua itu,sebagai pemilik laptop,yang perlu diperhatikan adalah perawatan laptop itu sendiri.misalnya perawatan fisik.dibutuhkan tips & trik khusus agar penampilan laptop anda masih baru. 


Cara Merakit Laptop Sendiri


Komponen Yang di perlukan untuk Merakit Laptop

Sebelum dimulai, pastikan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia.
  1. Motherboad
  2. Display/LCD
  3. Ram
  4. Charge
  5. Batery
  6. Listrik

Harap diperhatikan merk motherboad, display/lcd, ram, charger, harus sama standarisasi antar hardware.


Cara Mendapatkan Hardware Tersebut

Bisa membeli baru atau langsung cari di pasar dan toko komputer,cari barang yang sudah tidak bisa digunakan
  1. Cara merakit laptop, lakukan pengencangan lcd dengan baut yang tersedia
  2. Pasangkan fleksibel untuk menghubungkan lcd dengan motherboard
  3. Pasangkan motherboad dengan lcd dan baut
  4. Pasangin ram dan cek voltase motherboard
  5. Pasang webcame pada display lcd monitor
  6. Pasang chasing belakang lcd pada tempatnya
  7. Lalu bautllah kembali dengan hati-hati
  8. Pasanglah chasing yang bawah/motherboad
  9. Dan pasang hardisk yang disediakan
  10. Lakukan pengecekan ulang dari awal mungkin ada yang terlewat
  11. Nyalakan
Jika anda masih Bingung, Berikut ini kami sajikan Langkah - langkah merakit Laptop sendiri berikut Gambar Tutorialnya, selamat menyimak !

1. Mempersiapkan beberapa bahan yang bakal dirakit sebagai berikut

Casing Laptop contoh axioo, Memory, card WLAN, processor, serta harddisk yang bakal di rakit ke laptop.

2. Pasang harddisk spacer

Gambar diatas adalah harddisk serta spacer-nya, lalu pasang hardisk serta spacernya, jika telah di gunakan bakal tampak gambar sebagaimana berikut ini.

lalu bila hardisk serta spacernya telah terpasang, kerjakan langkah ke 3.

3. Pasang harddisk ke laptop

Langkah selanjutnya pasang harddisk ke laptop sebagaimana tampak pada gambar diatas.
lalu masukan harddisk ke tempat harddisk di body laptop sebagaimana gambar berikut ini.

Selepas harddisk terpasang, tutup cashing tempat hardisk seperti gambar dibawah berikut ini.

4. Pasang card WLAN

Lalu langkah setelah itu pasang card WLAN, tempat pemasangan card WLAN terdapat di samping kiri aras motherboard sebagaimana tampak di gambar atas.

Tampak ada dua (2) kabel antenna kecil yang keluar sebagaimana gambar berikut ini.

Selanjutnya  masukan card dengan posisi miring sebelumnya nanti bakal dikuatkan dengan bau

kemudian eratkan dengan baut.

Lalu gunakan dua (2) kabel antenna WiFi ke card WLAN sebagaimana tampak pada gambar diatas.

5. Pasangnlah memory

Langkah selanjutnya menempatkan memory, Letakan Memory miring sebelumnya nantinya di gunakan dengan benar sebagaimana gambar diatas.


Lalu tekan serta pastikankan di kiri kanan terkait dengan benarke soket memory di motherboar.

6. Cara Pasang processornya

Tahap selanjutnya pasang processor pada laptop sebagaimana gambar diatas.

Lalu kencangkan baud pada soket processor memakai obeng sebagaimana gambar diatas.

7. Cara Pasang heatshink saluran angin

Tahap selanjutnya pasang saluran angin serta heatsink.

Lalu gunakan baud pada processor dan kencangkan memakai obeng sebagaimana gambar diatas.

8. Cara Pasang power untuk cooling fan

Tahap selanjutnya pasang kabel power untuk cooling fan ke motherboard sebagaimana gambar diatas.

Lalu cooling fan terdapat di penutup motherboard sebagaimana gambar diatas.

9. Tutup penutup moherboard

Tahap selanjutnya pasang penutup motherboard sebagaimana gambar diatas.
Lalu pasang baud serta kencangkan dengan obeng.

10. Pasang baterai

Langkah terakhir yakni menempatkan batre sebagaimana gambar diatas.

Daftar Spesifikasi Lengkap Komputer Rakitan Terkini Tahun Ini

1. Spesifikasi PC Rakitan Untuk Kebutuhan Home Office


PC intel G41
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel E8400 Core 2 Duo (Tray+Fan) (3.0GHz, C4MB, FSB 1333MHz) LGA775
Motherboard Redwoods P5G41M3N (G41 DDR3) intel Socket LGA 775
Memory Silicon Power 2Gb PC 1600 / 12800 DDR3
Hardisk Seagate SATA III 500Gb 7200RPM 3.5Inch
Casing AOC Castelo 450W (Red/White)
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD Viewsonic 15.6 Inch VA1603A LED
Keyboard + Mouse Epraizer Epraizer EZ-019 Keyboard+Mouse
PC Home intel i3 4170
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i3 4170 Box (3.7Ghz, C3MB, Haswell Series) Intel LGA 1150
VGA CARD Gigabyte GT 730 2Gb 64Bit DDR5 PCI Exp.
Motherboard Gigabyte GA-H81M-DS2 intel Socket 1150
Memory Silicon Power 4Gb PC 1600 / 12800 DDR3
Hardisk Seagate SATA III 500Gb 7200RPM 3.5Inch
Casing Dazumba D-Vito 683 450W
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD Viewsonic 20 Inch VA2046A
Keyboard LOGITECH K120 USB Keyboard
Mouse Power Logic Air Shark Wireless Mouse
UPS Eaton 5L650UNI 650VA 650VA/360Watt,USB
PC Office intel i3 Haswell
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i3 4170 Box (3.7Ghz, C3MB, Haswell Series) Intel LGA 1150
Motherboard Asus H81M-D intel Socket 1150
Memory Silicon Power 4Gb PC 1600 / 12800 DDR3
Hardisk Seagate SATA III 500Gb 7200RPM 3.5Inch
Casing Power Up Elgrand with PSU 500W + Fan 12cm Micro ATX
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD AOC 19.5 Inch E2070SWNE
Keyboard LOGITECH K120 USB Keyboard
Mouse LOGITECH B100 Optical USB
PC Office intel i3 2120
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i3 2120 Tray+Fan intel LGA 1155
Motherboard Gigabyte GA-H61M-DS2 intel Socket 1155
Memory Silicon Power 4Gb PC 1600 / 12800 DDR3
Hardisk Seagate SATA III 500Gb 7200RPM 3.5Inch
Casing AOC Castelo 450W (Red/White)
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD AOC 19.5 Inch E2070SWNE
Keyboard + Mouse LOGITECH K120 USB and Mouse Optic B100 USB
PC Home intel G3250
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel G3250 Box (3.20 GHz, 3M Cache) Intel LGA 1150
VGA Gigabyte GT 730 2Gb 64Bit DDR5 PCI Exp.
Motherboard Gigabyte GA-H81M-DS2 intel Socket 1150
Memory Silicon Power 4Gb PC 1600 / 12800 DDR3
Hardisk Seagate SATA III 500Gb 7200RPM 3.5Inch
Casing AOC Castelo 450W (Red/White)
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD AOC 19.5 Inch E2070SWNE
Keyboard LOGITECH Classic keyboard PS/2 K100
Mouse MSI Mouse Optic MP156-P USB
UPS FSP FP 600 600 VA / 360W


2. Spesifikasi PC Rakitan Untuk Kebutuhan Gaming atau Bermain Game




PC Gaming intel i5 Z170
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i5-6600K Box (3.5Ghz Up To 3.9Ghz, C6MB, Skylake Series) Intel LGA 1151
VGA MSI GTX 960 Gaming 2Gb 128Bit DDR5 NVidia PCI Exp.
Motherboard Gigabyte GA-Z170X-UD3 Intel Socket 1151
Memory Team Elite 4Gb x 2 TPD48GM2400HC16DC01 DDR4
Hardisk Seagate SATA III 2 TB 7200RPM 3.5 Inch
PSU FSP Hyper M 700 MF700MS
Casing Dazumba D-Vito 911 Go Green Fan 12Cm 8Pcs
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD AOC 21.5 Inch I2276VWM (HDMI)
Keyboard + Mouse Gigabyte GK-KM6150 Multimedia KB and Mouse Set Wired
PC Gaming intel xeon B85
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel E3-1230V3 (3.30Ghz, C8MB, LGA1150) Processor LGA 1150
VGA CARD Gigabyte R7 240 OC 2GB 128Bit GDDR3 Ati Radeon PCI Exp.
Motherboard MSI B85-G43 Gaming intel Socket 1150
Memory Kingston HYPERX FURY – HX318C10FRK2/8 (Dual Channel Kit 4GB x 2) (Red Heatspreader) PC 15000 DDR3
Hardisk DC SATA III Blue 1 TB 64Mb 3.5Inch
PSU FSP Hexa Plus 500 (H2-500) 500W 80 Plus
Casing Dazumba D-Vito 912
PC Gaming intel i7 H170
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i7-6700 Box (Quad-Core 3.4GHz, C8MB, Skylake Series) LGA 1151
VGA MSI GTX 960 Gaming 2Gb 128Bit DDR5 NVidia PCI Exp.
Motherboard Gigabyte GA-H170-Gaming 3 Intel Socket 1151
Memory Silicon Power 4Gbx2 Kit PC 2133 / 17000 8GB DDR4
Hardisk Seagate SATA III 2 TB 7200RPM 3.5 Inch
PSU FSP Hyper M 700 MF700MS
Casing Dazumba D-Vito 988
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD AOC 21.5 Inch I2276VWM (HDMI)
Keyboard + Mouse Gigabyte GK-KM6150 Multimedia KB and Mouse Set Wired
PC Gaming intel i5 Z170
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i5-6600K Box (3.5Ghz Up To 3.9Ghz, C6MB, Skylake Series) LGA 1151
VGA MSI GTX 960 Gaming 2Gb 128Bit DDR5 NVidia PCI Exp.
Motherboard ECS ECS Z170-CLAYMORE Intel Socket 1151
Memory Team Elite 4Gb x 2 TPD48GM2400HC16DC01 DDR4
Hardisk Seagate SATA III 2 TB 7200RPM 3.5 Inch
PSU FSP Hyper M 700 MF700MS
Casing Dazumba D-Vito 911 Go Green Fan 12Cm 8Pcs
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD Viewsonic 23.6 Inch VG2401MH-2 Gaming
Keyboard + Mouse Gigabyte GK-KM6150 Multimedia KB and Mouse Set Wired
PC Game Online AMD A58
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor AMD Richland A4-6300 (Radeon HD8370D) 3.7Ghz Cache 1MB 65W AD6300OKHLBOX AMD FM2
Motherboard Biostar A58ML2 (FM2+) AMD Socket FM2
Memory Silicon Power 4Gb PC 1600 / 12800 DDR3
Hardisk WDC SATA III Blue 1 TB 64Mb 3.5Inch
Casing Dazumba D-Vito 683 450W
LCD Viewsonic 18.5 Inch VA-1903a
Keyboard LOGITECH K120 USB Keyboard
Mouse LOGITECH B100 Optical USB
PC Game AMD 970
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor AMD Vishera FX-6300 (3.5Ghz,3x2Mb,95W) AMD AM3
VGA Gigabyte R7 240 OC 2GB 128Bit GDDR3 Ati Radeon PCI Exp.
Motherboard MSI 970 Gaming (AM3+) AMD Socket AM3
Memory Silicon Power 4Gb PC 1600 / 12800 DDR3
Hardisk WDC SATA III Blue 1 TB 64Mb 3.5Inch
Casing ENLIGHT EN-4119 Middle ATX 400W
LCD AOC 19.5 Inch E2070SWNE
Keyboard + Mouse Gigabyte GK-KM6150 Multimedia KB and Mouse Set Wired


3. Spesifikasi PC Rakitan Untuk Kebutuhan Desain Grafis Studio



PC Design 3D intel xeon b85
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel E3-1230V3 (3.30Ghz, C8MB, LGA1150) Processor LGA 1150
VGA Gigabyte GTX 970 4Gb 256Bit DDR5 (GV-N970IXOC-4GD) NVidia PCI Exp.
Motherboard MSI B85-G43 Gaming intel Socket 1150
Memory Kingston HYPERX FURY – HX318C10FRK2/8 (Dual Channel Kit 4GB x 2) (Red Heatspreader) PC 15000 DDR3
Hardisk WDC SATA III Blue 1 TB 64Mb 3.5Inch
PSU FSP Hexa Plus 500 (H2-500) 500W 80 Plus
Casing Dazumba D-Vito 911 Go Green Fan 12Cm 8Pcs
PC Design 3D intel i5 h170
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i5-6400 Box (2.7Ghz, C6MB, Skylake Series) Intel LGA 1151
VGA CARD Gigabyte GTX 970 4Gb 256Bit DDR5 (GV-N970G1 GAMING-4GD) NVidia PCI Exp.
Motherboard Gigabyte GA-H170-Gaming 3 Intel Socket 1151
Memory Silicon Power 4Gbx2 Kit PC 2133 / 17000 8GB DDR4
Hardisk Seagate SATA III 2 TB 7200RPM 3.5 Inch
PSU Seasonic X760 760W Full Modular 80 Plus Gold OEM
Casing Dazumba D-Vito 988
Optical Drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD AOC 21.5 Inch I2276VWM (HDMI)
Keyboard Mouse Gigabyte GK-KM6150 Multimedia KB and Mouse Set Wired
PC Design 3D intel i7 z170
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel i7-6700 Box (Quad-Core 3.4GHz, C8MB, Skylake Series) Intel LGA 1151
VGA Gigabyte GTX 970 4Gb 256Bit DDR5 (GV-N970G1 GAMING-4GD) NVidia PCI Exp.
Motherboard ECS ECS Z170-CLAYMORE Intel Socket 1151
Memory Silicon Power 4Gbx2 Kit PC 2133 / 17000 8GB DDR4
Hardisk Seagate SATA III 2 TB 7200RPM 3.5 Inch
PSU Seasonic X760 760W Full Modular 80 Plus Gold OEM
Casing Dazumba D-Vito 912
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD BenQ 21.5 Inch GW2255 LED DVI
Keyboard + Mouse Gigabyte GK-KM6150 Multimedia KB and Mouse Set Wired
PC Design 3D AMD
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 125W AM3+ [Box (4.0Ghz,Cache 8MB 125W) AMD AM3
VGA Gigabyte GTX 970 4Gb 256Bit DDR5 (GV-N970G1 GAMING-4GD) NVidia PCI Exp.
Motherboard Gigabyte GA-78LMT-USB3 AMD Socket AM3
Memory TEAM Xtreem Vulcan 8Gb x 2 TLRED316G1600HC9DC01 (8Gbx2) CL 9-9-9-24 DDR3
Hardisk Seagate SATA III 2 TB 7200RPM 3.5 Inch
PSU Seasonic X760 760W Full Modular 80 Plus Gold OEM
Casing Dazumba D-Vito 980
Optical drive LG DVDRW Sata 24x OEM Internal
LCD AOC 21.5 Inch I2276VWM (HDMI)
Keyboard + Mouse Gigabyte GK-KM6150 Multimedia KB and Mouse Set Wired


4. Spesifikasi PC Rakitan Untuk Kebutuhan Server



Server intel xeon E5 2011
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel E5-2620v2 (2.10Ghz, C15MB, 7.20 GT/s, LGA2011) Processor LGA 2011
Motherboard intel DBS2600CP2 Intel Socket 2011
Memory A-Data AD3R1600W4G11-BMIE 4GB PC 12800 ECC REG Memory
Hardisk Seagate Constellation ES SATA III 2 TB 7200 RPM for server
Casing Supermicro CSE-823TQ-653LPB 2U Chassis Black Colour Casing
Server intel E3 1150
Harga Cek Harga Update Hari Ini di SINI
Processor intel E3-1230V3 (3.30Ghz, C8MB, LGA1150) Processor LGA 1150
Motherboard intel DBS1200V3RPS intel Socket 1150
Memory A-Data AD3E1600W4G11-BMIE 4GB PC 12800 ECC Memory
Hardisk Seagate Constellation ES SATA III 1 TB 7200 RPM for server
Casing ENLIGHT EN-5801 500W Entry Server Casing


--> SELANJUTNYA