Caranya Menyepuh Emas dan Perak - Gold Plating - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Caranya Menyepuh Emas dan Perak - Gold Plating

Mencari Tahu Proses Cara Menyepuh Emas dan Perak Dengan Gold Plating

Proses penyepuhan pada Emas dan perak intinya menggunkan proses fisika dan kimia, ternyata ilmu menyepuh emas atau perak ini sudah di tekuni turun temurun di jalani para pengrajin accessories atau perhiasan imitasi, Jika anda memiliki perhiasan imitasi yang sudah luntur sepuhannya, anda tidak perlu kuatir karena mulai sekarang anda bisa menyepuhnya sendiri di rumah, tentunya dengan biaya yang relatif lebih murah jika dibandingkan anda membawanya ke toko emas atau ke tukang sepuh di pasar. Ada beberapa metode penyepuhan emas atau perak yang bisa anda pelajari di sini, yaitu penyepuhan dengan metode fisika (dengan bantuan power listrik) dan dengan metode kimia ( tanpa power listrik ) - Biasanya perhiasan yang di sepuh dengan emas atau perak hanya akan bertahan sementara, namun jika anda memakainya sekali - kali saja atau hanya acara resepsi saja, maka anda cukup menyepuhnya sendiri, dalam waktu 10 - 20 menit di jamin perhiasan imitasi anda akan kembali kiclong bagai aslinya.  Sebelum anda belajar menyepuh emas atau perak ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu salah satu video tutorial berikut ini yang dapat membuka wawasan anda bahwa menyepuh emas itu ternyata cukup mudah, silahkan simak baik - baik dan pelajari dengan seksama, mana tahu anda kelak malah berprofesi sebagai tukang sepuh emas profesional. selamat menyimak :

Sebelum anda melangkah lebih jauh, ada baiknya anda mengetahui apa saja jenis - jenis benda serta accessories yang dapat anda sepuh dengan cara menyepuh emas atau perak yang akan anda pelajari di bawah ini, contoh - contoh bahan - bahannya bisa anda amati secara lengkap.

Cara Praktis Menyepuh Emas Dengan Metode Fisika

Alat dan bahan yang di butuhkan :
  • Kompor (akan lebih maksimal jika anda menggunakan LPG)
  • Putas (pottasium)
  • Sikat perhiasan(bisa di beli di toko bangunan)
  • Adaptor 12 Volt
  • Kabel
  • Kawat tembaga
  • Besi pipih yang sudah di haluskan ( jangan sampai kasar permukaan besinya )
  • Pengering rambut (hair dryer)
  • Kobokan aliminium (lebih sempurna menggunakan pyrex,bisa di dapat di toko kimia)


Cara Melakukan Proses Penyepuhan Emas :

  1. Masukkan perhiasan ke dalam campuran air dan pottasium ( sebaiknya menggunakan air bekas penyepuhan yang sudah rusak atau yang sudah jenuh ) panaskan hingga mendidih.setelah mendidih, biarkan beberapa menit agar kandungan emas yang ada menyebar rata, pemanasan ini dimaksudkan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada perhiasan.akan lebih baik lagi setelah proses ini anda panaskan lagi perhiasan dengan air soda api yang mendidih, lalu di bilas.

  2. Bersihkan perhiasan dengan air yang sudah bercampur dengan busa klerak.air klerak yang sudah di pakai nantinya jangan di buang..karena semakin lama air klerak ini akan semakin mudah menghasilkan busa.bersihkan perhiasan dengan sikat perhiasan,busa air klerak sangat ampuh membersihkan kotoranan lemak yang menempel pada perhiasan.

  3. Gunakan besi pipih yang halus permukaannya untuk mengkilapkan perhiasan,di daerah kami..kami menyebut besi ini dengan sebutan sengki..cukup menggosokkan besi (baja akan lebih baik)ke perhiasan yang akan di sepuh.ingat,,usahakan rata dalam menggosok sengki ke perhiasan.hati2 dalam menyengki perhiasan agar jangan sampai rusak atau patah.semakin anda teliti membersihkan perhiasan dengan sengki,akan semakin maksimal hasil akhir penyepuhan.lalu bilas perhiasan.

  4. Siapkan adaptor.sambung kabel plus dan minus dengan tembaga.1 ujung tembaga kaitkan emas 24 karat yang sudah di pipihkan.sedang ujung tembaga yang satunya akan berguna untuk mengaitkan perhiasan nantinya. Panaskan air bersih yang di campur pottasium (2 biji pottasium cukup di campur dengan 2 biji pottasium ukuran normal toko kimia) Hidupkan adaptor, lalu masukkan ujung - ujung tembaga yang tersambung dengan kabel adaptor ke dalam air pottasium. jika ada reaksi, maka penyepuhan siap di mulai.

  5. Masukkan 1 buah barang perhiasan sebagai pemancing.lebih mudah menggunakan cincin.gunakan ujung tembaga yang ukuran besar untuk mengaitkan cincin.masukkan ujung tembaga pengait emas dan tembaga pengait perhiasan ke dalam air pottasium (jaga suhu air pottasium agar air pottasium tidak meluap dan tumpah)biarkan beberapa saat.pada penyepuhan pertama akan memakan waktu agak lama,karena air pottasium belum mengandung emas.setelah beberapa saat cincin akan berwarna hitam,ini menandakan air pottasium belum sempurna mengandung emas,yang terserap ke dalam cincin adalah kandungan tembaga pengait emas.

    Bilas dan bersihkan cincin dengan sikat perhiasan.lalu lakukan lagi langkah no 5.tunggu beberapa saat..hingga cincin berwarna kuning tua.ini menandakan emas sudah bercampur sempurna ke dalam air pottasium.

    Setelah air pottasium bercampur sempurna,maka anda bisa melakukan penyepuhan perhiasan dengan jumlah yang lebih banyak.Kelompokkan perhiasan menurut jenisnya..gelang,cincin,kalung,liontin,gondel,giwang..dan usahan kelompokkan lagi menurut beratnya..agar emas yang terkandung nanti bisa di serap merata ke seluruh perhiasan.semakin berat perhiasan, usahakan jangan terlalu banyak barang yang dikaitkan ke tembaga. masukkan cincin 20 - 30 biji dengan pengait tembaga..tunggu beberapa saat..awasi terus warna perhiasan yang di sepuh, ketika warna dalam pyrex sudah kuning agak tua..keluarkan perhiasan yang di sepuh.dan masukkan sementara barang yang sudah di sepuh ke dalam baskom/kobokan berisi air bersih.begitu seterusnya..sampai semua perhiasan manjalani proses penyepuhan.

  6. Perhiasan yang sudah di sepuh di bilas lagi dengan air bersih.

  7. Siapkan tempat yang bersih..lalu keringkan perhiasan dengan menggunakan hairdryer.

  8. setiap melakukan tahap demi tahap akan selalu ada pembilasan.sekali anda melupakan pembilasan di setiap tahap, maka bisa di pastikan proses penyepuhan agar tidak gagal, karena letak terpenting dari penyepuhan adalah proses pembilasan, jangan sampai ada bahan kimia yang menempel masuk ke dalam air pottasium bercampur emas, karena bisa merusak air campuran pottasium dan emas tersebut dan jangan sekali-sekali makan atau menyentuh barang berlemak atau mengandung minyak di tempat penyepuhan.


Cara Praktis Menyepuh Emas Dengan Metode Kimiawi

Berikut ini adalah cara membuat sepuhan emas imitasi dengan metode kimiawi

Bahan yang di perlukan  :
  • Potas Sodium Cyanida                                       18 gram
  • Ar bersih                                                           600 cc
  • Mas China (dikikirhalus)                                    600 mg
  • Tembaga merah (dikikir halus)                           150 mg
  • Aqua regial/air keras emas                                 5 cc
  • Timah pembungkus korek api                             secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur dan masukkan bahan 1 dan 2 ke dalam botol yang bermulut besar. Campuran ini dinamakan Campuran I

  2. Campur dan masukkan bahan 3 dan 4 dalam mangkuk tanah lalu masukkan bahan 5. Campuran ini dinamakan Campuran II

  3. Panaskan Campuran II hingga bahan larut lalu masukkan Campuran I sambil diaduk rata

  4. Bersihkan barang yang akan disepuh dengan air sabun atau air asam jawa lalu bilaslah dengan air bersih

  5. Ikatlah barang dan bahan 6 dengan benang atau tali

  6. Celupkan barang yang akan disepuh kira-kira selama 2 s/d 3 menit, setelah itu dibilas dengan air bersih dan dikeringkan.