Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi !

Cara Belajar Seni Decoupage Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mempelajari Seni Decoupage

Mencari Tahu Cara Belajar Seni Decoupage Dengan Mudah dan Cepat

Sekarang lagi jamannya Daur Ulang Sampah, dimana sudah banyak orang yang mulai berusaha mengurangi dampak Lingkungan dari menumpuknya sampah Plastik dan Kaleng di sekitar kita, sehingga seni mempercantik benda - benda di sekitar kini menjadi kian menarik untuk di tekuni dan bahkan bisa menjadi sumber rejeki bagi kita loh ! Jika kita mau menggalinya lebih dalam tentang seni mempercantik barang bekas yang tak terpakai sehingga memiliki nilai jual ekonomis kembali maka salah satunya yang seni kerajinan tangan atau DIY yang saat ini sudah mulai populer di indonesia dan tentunya juga dapat dengan mudah kita pelajari adalah seni menghias benda namanya seni Decoupage ! kalau di luar negeri seni decoupage adalah merupakan salah satu seni Handycrafts atau seni kerajinan tangan yang sangat berkembang dan populer di kalangan anak - anak remaja hingga ibu - ibu rumah tangga !, Seni Decoupage adalah seni menghias benda atau permukaan media tertentu dengan cara menempelkan pola kertas atau pola kain pada permukaan benda tersebut hingga menghasilkan corak atau motif yang kekinian dan unik dan untuk proses penempelannya pola tersebut dibutuhkan lem khusus untuk decoupage dimana Lem untuk Decoupege cukup terkenal dan mudah di dapatkan di indonesia adalah lem decoupage merk Mod Podge, walaupun lem jenis ini cukup mahal dan masih import karena belum bisa diproduksi di Indonesia. oleh sebab itulah kita juga musti mulai mencari Lem alternatif pengganti Lem Mod Podge Tersebut dengan cara yang lebih kreatif yaitu membuat sendiri lem untuk decoupage tersebut ! Bisa ? tentu saja Bisa, orang indonesia gituloh, apa sih yang gak bisa ?  nanti kita belajar yang cara Bikin sendiri Lem Khusus untuk seni decoupage ! O ia untuk Benda atau media yang bisa di pergunakan untuk menyalurkan seni decoupage ternyata cukup banyak ragamnya dan juga tersedia belimpah secara Gratis di sekitar lingkungan rumah kita, contohnya piring bekas, gelas retak, kaleng beaks, perabot dari kayu yang udah gak kepakai, sampai panci bocor punya emak pun bisa di pergukan untuk menciptakan karya seni decoupage yang bernilai seni tinggi serta bernilai jual. Ada lagi turunan dari seni Decoupage yaitu Jika menggunakan kertas tissue untuk menghiasnya disebut kerajinan servitten, nanti kita juga akan membahasnya dan pelajari bersama di sini !


Contoh Beberapa Bahan - Bahan Untuk Seni Decoupage Yang Ada Di Jual Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


sebelum kita mengenal dan memperlajari seni Decoupage yang cukup unik ini, ada baiknya kita simak  salah satu Video tutorial  tentang bagaimana memperlajari seni decoupage dengan mudah, selamat menyimak !







Nah untuk Berbagai macam jenis dan Bahan - bahan pendukung seni Decoupage mulai dari bahan - bahan dasar dan motif - motifnya bisa kalian simak daftarnya secara online, silahkan :


Jika kita uraikan secara garis besarny, ternyata cara pengerjaan seni decoupage tersebut kurang lebih seperti ini : Langkah Pertama Pasti kita harus bersihkan media yang ingin dihias dengan seni decoupage, Jika medianya terasa licin maka bisa cuci dan diamplas terlebih dahulu agar nanti lemnya bisa merekat dengan sempurna, setelah itu baru deh kita bisa oleskan lemnya ke seluruh permukaan media tersebut dengan mempergunakan alat bantu berupa kuas halus yang lembut dan Selanjutnya kita baru bisa menempelkan motif kain atau kertas yang sudah kita dipilih sebelumya ke permukaan media decoupage sambil kita gosok-gosok dan sedikit ditekan-tekan atau jika perlu agak ditarik-tarik sedikit supaya tidak kusut polanya, dan menjadi bergelombang atau bergelembung bahkan jadi terlipat, cara ini khusus untuk pola kertas ya guys, dimana proses pengerjaannya harus lebih hati-hati lagi di banding pola kain karena gampang sobek.  Setelah merekat polanya kita bisa langsung oleskan lagi lem decoupagenya ke seluruh permukaan Pola kain atau kertas tersebut untuk menciptakan coating yang unit dan sempurna. Nanti Jika terlihat ada gelembung udaranya, cobalah dihilangkan dengan cara digosok-gosok memakai roll untuk mengecat dan Tunggu kira - kira 15 menit baru deh di oleskan lagi lem decoupagenya ke seluruh permukaan pola  untuk menciptakan lapisan coating ke dua, setalah itu Tunggu lagi 15 menit dan baru lanjutkan untuk membentuk lapisan coating ke 3 dengan cara yang sama, sampai sejauh ini proses pembuatan decoupage hampir selesai, kita tinggal Tunggu Lemnya sampai Kering secara alami tanpa di oven atau di jemue, Jika permukaan media sudah benar - benar kering sempurna maka Benda yang kita decoupage tersebut sudah siap digunakan untuk menghias ruangan rumah kita atau kita packing dan kita jual. Gampangkan caranya ! Untuk meningkatkan keahlian kita di bidang seni Decoupage, kita perlu banyak melihat contoh - contoh Karya seni Decoupage dari seluruh dunia ! Yuk kita simak terlebih dahulu sekarang contoh - contohnya !


Contoh Karya Seni Decopage





Cara Bikin Lem Alternatif Pengganti Lem Khusus Decoupage  





Tadi kita sudah bilang mau bikin sendiri Lem untuk decoupagenya, karena kalau beli yang import merek Mod Podge harganya sangat mahal dan gak cocoklah jika produk seni decoupage yang kita buat akan kita jual kembali, nanti harga produknya jadi mahal, lebih baik kita bikin sendiri saja lemnya, yuk simak caranya berikut ini :

Bahan - Bahan Baku Untuk Bikin Lem Decoupage

800 Gram Lem putih untuk kayu yang bisa larut di air - Contohnya Lem Fox
0,4 Liter Air : Bisa kita atur kekentalan Lemnya ( Maximal banyaknya air setengah bagian dari banyak lem putih )
10 cc / atau 2 Sendok makan Pernis water base
Glitter secukupnya

Sebuah Kaleng atau Wadah yang ada tutupnya untuk mengaduk Lem Putih dan Air menjadi satu bagian !

Proses Pencampurannya dengan cara menuangkan cairan lem putih ke dalam wadah dan kemudian tambahkan air,  tutup rapat, dan kocok dengan baik.

Untuk membuat efek mengkilat / glosy, kita bisa tambahkan 2 sendok makan pernis berbasis air atau untuk membuat efek kilauan kita bisa tambahkan glitter.

Nah Lem Untuk Memulai Seni Decoupage sudah siap, sekarang kita bisa langsung praktekan seni dacoupagenya


Berikut ini Langkah - langkah cara menghias kaleng Bekas dengan Seni Decoupage







 


















Bagaimana Cara Belajar Seni Decoupage

Apa Saja Yang Bisa di Pakai Untuk Bahan Decoupage ?

Gak usah pusing cari bahan - bahannya untuk bikin seni decoupage yang unik dan bernilai ekonomis tinggi, karena sekarang ini sudah banyak sekali toko - toko online yang menjual acid free decoupage paper, serta bahan - bahan acrylic paintnya untuk proses coatingnya nanti dengan warna yang sangat beragam dan bernuasa shabby chic. bahan - bahan itu Semuanya buatan indonesia loh, di produksi oleh Kay and MeStories, kalian bisa cari di google tokonya, dan kalau bagi kalian semua yang domisili Kota Bandung bisa langsung memesan melalui Toko online Bagus - BagusWrapping, itu adalah Toko online bahan - bahan handycraft yang ada di Kota Bandung dan memiliki koleksi yang sangat lengkap dari produk - produk Kay and Me. Tidak hanya kertas dan catnya saja, di sana juga tersedia juga bahan - bahan yang terbuat dari kayu seperti rak, box, mini cabinet, atau jam dinding untuk kita gunakan sebagai media atau objek applikasi seni decoupage.


Adapun Bahan-bahan Umum yang dibutuhkan untuk melakukan decoupage adalah sebagai berikut :

  • Lem decoupage (yang terkenal sih merek mod podge, tapi sekarang ada versi lokalnya yang lebih bersahabat)
  • Cat Akrilik
  • Decoupage paper (atau potongan kertas lain yang desainnya kamu sukai, potongan kertas dari majalah misalnya. Keep in mind, semakin tebal kertas, semakin banyak varnish yg harus digunakan agar gambar terlihat menyatu pada objek)
  • Cat Varnish (glossy atau doff sesuai selera)
  • Cat Primer (Opsional)
  • Paint Brush (ini tergantung selera juga bisa dipilih apakah mau menggunajan roller brush, foam brush, atau kuas lukis biasa. Pilihlah alat yang akan memberikan coverage paling baik untuk setiap medium)
  • Objek utama ( tidak ada batasan barang apa yang bisa di decoupage, tetapi untuk pemula sebaiknya memilih barang yang tidak banyak lekuk dan rigid dulu seperti kotak tissue, nampan, casing HP, dll. Kalau sudah ahli bisa merambah furniture, sepatu, dan barang-barang lain yang ingin di uplift.
  • Shrink wrap kegunaannya opsional saja, fungsinya untuk meluruskan dan menghilangkan gelembung yang mungkin terperangkap saat kita menempel kertas pada objek. Shrink wrap memastikan tempelan, menempel sesuai dengan lekukan objek.

Cara mempraktekan Seni decoupage Yang sangat mudah.


  1. Langkah Pertama adalah melapisi objek dengan cat primer, kemudian lapisi lagi dengan cat akrilik warna kesukaan kita dan Biarkan hingga kering.
  2. Langkah Kedua, kita sudah bisa memulai menempelkan motif decoupage papernya satu persatu dengan menggunakan lem decoupage. Gosokkan dengan shrink wrap di atas kertas yang telah ditempel untuk memastikan semua motif kertas telah tertempel dengan rata dan sempurna !
  3. Langkah Ketiga, dengan pelan-pelan dan hati - hati oleskan kembali lem decoupage di atas permukaan motif kertas tersebut, sekali lagi harus berhati - hati sekali agar kertasnya jangan sampai menempel pada kuas dan jadi sobek, setelah selesai kita tunggu permukaannya hingga kering
  4. Langkah Keempat, adalah memberi lapisan varnish agar lebih awet dan glossy, lapisi dengan beberapa layer dan Tunggu hingga kering. Berikan lagi beberapa layer lapisan varnish, sehingga memberikan efek yang glossy yang kalian inginkan.

Karya Seni Decoupage Buatan Kalian sudah selesai, dan kini bisa di Kemas dan di Jual di Toko Online !


Selanjutnya kita akan belajar Membuat kartu ucapan yang Unik dengan gambar 3D menggunakan seni decoupage tadi, Karena Pada Umumnya Seni Decoupage yang diterapkan pada kartu ucapan biasanya bergambar 3-D decoupage seperti contoh di bawah ini, yuk kita simak cara buatnya !






Dalam teknik ini salinan yang identik dari gambar yang sama kita bisa meletakkan gambatnya di atas gambar satu sama lain, kita bisa mulai dengan seluruh permukaan gambar, kemudian baru kita mulai membangunnya dengan menggunakan bagian dari gambar yang akan kita ulangi. Contohnya, untuk decoupage Pot Bunga, di buat naik ke permukaan kartu ucapan. Berikutnya, memotong  individu dari salinan gambar Pita dan kelopak bunga dengan memisahkannya bagian masing-masing dengan mengunakan bantalan busa atau lem silikon. Di kartu ucapan tidak perlu untuk menutup gambar decoupage, Cloisonne di decoupage adalah teknik yang meniru proses memisahkan enamel dengan menciptakan efek yang sama dengan jendela kaca. Untuk membuat efek cloisonne kita bisa memotong gambarnya kemudian lem gambar ke atas permukaan kertas.

Dalam hal ini kita bisa menggunakan kertas craff glosy dan Potong gambarnya lagi, sehingga meninggalkan perbatasan sempit 1 sampai 2 mm dari kertas dan menunjukkan sekitar tepinya, kemudian rekatkan dengan lem ke permukaan, selanjutnya Seal gambar setelah lem telah kering baik menggunakan pernis transparan atau lem decoupage.

Biasanya decoupage dibuat menggunakan lem khusus decoupage. Tapi karena harganya cukup mahal, Kita bisa ganti lem tersebut dengan lem putih atau lem kayu.

Bahan - bahan yang diperlukan :
  • Selembar Kertas / Karton Glossy Yang Tebal seukuran kartu Ucapan
  • Lem Putih / Lem Kayu ( Mix dengan Air )
  • Cat warna putih
  • Cat Warna Clear / Pernis
  • Kain Bermotif atau Kertas kado

Proses Pembuatannya Kita bisa ikuti langkah - langkahnya sekarang !

--> SELANJUTNYA