Cara Betulin WC atau Saluran Limbah Yang Mampet Tanpa Harus di Bongkar atau di Sedot - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI


Cara Betulin WC atau Saluran Limbah Yang Mampet Tanpa Harus di Bongkar atau di Sedot

Cara Betulin WC atau Saluran Limbah Yang Mampet Tanpa Harus di Bongkar atau di Sedot

Mencari Tahu Cara Betulin WC atau Saluran Limbah Yang Mampet Tanpa Harus di Bongkar atau di Sedot

Toilet yang tersumbat di sebabkan banyak faktor, Salah satunya yang bisa membuat toilet rumah mampet karena kemasukan benda-benda asing yang tidak dapat dilebur dengan air kedalam saluran atau instalasi Toilet tersebut, pada umumnya benda - benda tersebut adalah tisue, plastik dan softek bekas, Padahal sebetulnya kita tidak boleh membuang benda - benda itu tersebut ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan limbah di rumah kita, karena sudah pasti benda - benda padat yang sulit terurai oleh siraman air akan berpotensi besar membuat saluran atau instalasi WC / Toilet kita menjadi tersumbat, Biasanya jika mampetnya tidak begitu parah maka kita masih bisa menyedot lubang toilet tersumbat tersebut dengan alat sederhana dari karet bernama plunger, tetapi jika penyumbatannya sudah cukup parah, maka yang harus kita lakukan adalah sesuatu hal ekstra untuk mendorong benda - benda yang menyumbat saluran pembuangan limbah tersebut agar keluar dari salurannya. Teorinya seperti itu, tapi gimana cara praktekinnya, nanti kita akan pelajari bersama Cara Betulin sendiri WC atau Saluran Limbah Yang Mampet Tanpa Harus di Bongkar atau di Sedot, karena mempertimbangkan jasa sedot WC itu cukup mahal, maka sebaiknya kita gunakan saja cara alternatif mengenai  bagaimana caranya mengatasi toilet yang tersumbat tanpa harus disedot ?

Contoh Bahan - Bahan dan Alat - Alat Sederhana Untuk Memperbaiki WC / Saluran Pembuangan Limbah Rumah Tangga yang Mampet, Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :

Nah yang satu ini adalah beberapa langkah yang dapat Kita praktekan, berikut ini adalah salah satu cuplikan video tutorial yang akan memandu kita, tentang cara mengatasi saluran pembuangan limbah atau toliet yang mempet dengan bantuan soda api, selamat menyimak !




adapun beberapa Peralatan dan perlengkapan yang akan kita butuhkan, daftarnya silahkan kalian klik dengan Cara : 

Katanya Ada Banyak Cara Ampuh untuk Memperbaiki atau mengatasi saluran WC kita yang mampet serta meluap hingga kotoran dan juga baunya ke mana - mana ! Karena Toilet / WC merupakan sarana untuk membuang kotoran yang tidak dapat ditunda, maka masalah Toilet atau WC mampet ini merupakan masalah cukup penting yang harus segera diselesaikan, msalahnya mau betulin sendiri atau panggil tukang / ahlinya, jika mau lebih hemat ayo Kita Pelajari Caranya Mengatasi Toilet dan Saluran Limbah Yang Mampet Tanpa Harus Di Sedot !

Caranya Mengatasi Toilet / WC Mampet Tanpa Harus Di Sedot !

Sebelum kita mempraktekan cara memperbaiki WC yang mampet serta cara memperbaiki saluran pembuangan limbah rumah tangga yang mampet, maka sebaiknya kita terlebih dahulu memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  1. Pindahkanlah semua barang-barang yang ada di sekitar kamar mandi atau di sekitar toilet ke tempat yang lebih aman agar nantinya tidak tercemar oleh kotoran yang meluap dari dalam saluran toilet.
  2. Sebelum Bekerja, jangan lupa kenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan kita dari kuman dan kotoran di toilet. 
  3. Jika gak kuat dengan baunya, maka gunakanlah masker / penutup hidung. 
  4. dan lebih baik jika memperbaiki atau mengatasi WC yang  mampet tersebut kita lakukan di malam hari, dimana di saat itu aktivitas ke kamar mandi sudah berkurang.
Nah selanjutnya silahkan pahami beberapa cara yang dapat kita dilakukan untuk mengatasi WC / Toilet mampet tanpa menggunakan alat penyedotan :


Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Alat Pembantu Sederhana Bernama Plunger

Cara memperbaiki saluran WC yang mampet, dapat menggunakan alat bernama plunger, alat ini dapat berfungsi untuk menarik benda-benda yang jatuh ke saluran instalasi toilet dan menyumbat lubang toiletnya. Jika memang yang menyumbat lubang WC adalah benda - benda keras seperti mainan anak-anak, kita juga dapat menggunakan alat bantu lainnya seperti selang yang panjang dan sebuah kait / hanger yang terbuat dari kawat, yang dapat kita gunakan untuk menarik benda yang telah menyumbat saluran toliet tersebut, dalam hal ini perlu di Ingat, masukan kaitnya dengan hati - hati dan kita jangan sampai mendorong bendanya, karena jika kita mendorong benda - benda tersebut, maka kemungkinan akan membuat benda yang menyumbat semakin jauh dari jangkauan kait kita.  

Cara Mengatasi WC Yang Mampet Pakai Cairan Sabun Yang Banyak

Karakter Sabun itu licin dan larut dalam air, sehingga cara memasukan cairan sabun yang banyak kedalam lubang toilet seperti itu akan cukup efektif jika sumbatan saluran pembuangan airnya disebabkan oleh tissue atau kertas yang nyangkut, caranya kita bisa menuangkan sabun cuci piring cair ke dalam lubangan toilet lalu tuang air panas, kemudian diamkan selama beberapa menit untuk memberikan waktu yang cukup pada sabun untuk melonggarkan sumbatannya, kemudian siramlah dengan air yang agak banyak.

Cara Mengatasi WC Mampet Menggunakan Bahan - Bahan Yang Mudah di Dapat

Bahan - bahan kimia umum yang mudah di dapat seperti Bubuk Soda Api dan Juga Cuka Putih adalah merupakan beberapa bahan umum yang sering kita jumpai dengan mudah, dalam hal ini kita tentu saja dapat menggunakan bahan-bahan tersebut untuk mengurai benda - benda yang nyangkut di dalam saluran WC yang mampet ! Untuk applikasinya bisa di lakukan dengan cara berikut ini :
  • Tuang bubuk soda api ke dalam toilet.
  • Kemudian kita bisa Lanjutkan dengan menuang cuka putih secara perlahan, Hentikan penuangan cuka saat ada tanda-tanda busa akan meluap. 
  • Biarkan selama beberapa menit. 
  • Siram dengan air panas, maka kita akan melihat gelembung yang menandakan soda dan cuka sedang bereaksi menghancurkan sumbatan. 
  • Diamkan beberapa jam atau bahkan semalaman, baru kemudian siram dengan air yang banyak.

Beberapa hal yang perlu di Ingat jika WC / Toilet kita tiba - tiba Mampet !

Yang pertama dan harus di ingat adalah Janganla berusaha menyiram toilet berkali-kali dengan tujuan supaya kotoran yang menyumbat akan mengalir turun ke bawah, karena jika salurannya sudah tersumbat, maka hal ini bukanlah solusi yang bagus untuk mengatasi keadaan mampet di saluran airnya, Jika kita hanya membuat air kedalam toilet, maka yang terjadi toilet atau lubang pembuangan limbah rumah tangga tersebut malah akan menjadi meluap dan mengotori kamar lantai mandi kita. Nah sebenarnya Selain Toilet / WC, biasanya saluran pembuangan limbah rumah tangga seperti Closet atau wastafel pencuci piring juga sering kali mampet dan cara mengatasinya kita bisa mempergunakan banyak cara.

Pada Dasarnya kita semua harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah saluran pembuangan limbah rumah tangga yang mampet. Juga akan menjadi sangat penting untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan jika terjadi mampet di saluran pembuangan tersebut ! Misalnya jika kloset mampet, jangan siram berulang kali untuk menghanyutkan sumbatan. Jika kloset tidak bisa disiram, mencoba berulang kali, karena hal ini tidak akan membantu. Yang akan terjadi malah WC akan terisi dengan air sampai meluap, dan mungkin tumpah dan mengotori lantai! Jika kita mengira ada penyumbatan, gunakan sebuah penghisap WC untuk mencoba untuk melonggarkan sumbatan. Yaitu dengan cairan mikrobiotik, maka kloset kita akan segera teratasi dari masalah kloset mampet atau tersumbat tanpa harus melakukan proses penyedotan. Jika Mampet Sebaiknya Lakukanlah beberapa langkah di bawah ini :

Tuangkan air panas ke dalam toilet.  Tunggu 5 menit. Air dapat melonggarkan lemak dan memecah Sumbatan.
  • Jika kita merasa sumbatan toiletnya tidak begitu parah, maka kita dapat memutar kembali keran air dan menyiram toilet setelah langkah ini. Kemudian dekatkan tangan kita ke pelampung, untuk berjaga jika toilet masih tersumbat dan akan meluap, kemudian, Tuangkan 0,5 sampai 0,7 liter pemutih ke dalam lubang toilet.Langkah – langkah pada metode yang kita lakukan ini, sebenarnya sama saja seperti metode memasukan cairan sabun cuci piring kedalam instalasi saluran pembuangan limbah, cara ini bisa digunakan untuk toilet yang sangat penuh atau memiliki sumbatan yang parah.

    Langkah Berikutnya kita bisa Tambahkan 1 cangkir sabun bubuk. Misalnya menggunakan detergent pencuci baju, kemudian  Tunggu kira – kira 10 menit agar bahan-bahan kimia bereaksi, kemudian Nyalakan keran air. Dan Siram toilet dengan air yang banyak !

Cara Alternatif Betulin Saluran WC / Toilet Yang Mampet !

Cara Alternatifnya kita bisa pergunakan beberapa jenis cairan pengurai alami, dimana Cairan seperti ini biasanya mengandung Mikroba Probiotik yang aman bagi manusia dan lingkungan serta ampuh mengurai sampah yang menyumbat saluran pembuangan limbah rumah tangga kita. Selain itu Manfaat lainnya, selain dapat mengatasi saluran yang tersumbat, cairan berbahan dasar organik ini dapat menghilangkan bau busuk pada kloset. Sebenarnya Teknologi ini sudah lama diterapkan oleh negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, Jepang, Australia dan lainnya. Caranya gak pakai Ribet, Karena pemakaian pada WC kita cukup masukan satu botol cairan mikroba pengurai ke dalam kloset dan tunggu 4 s/d 5 jam maka isi secara alami sampah atau kotoran di saluran pembuangan limbah dan bahkan isi septic tank di rumah kita akan terkuras habis dalam waktu 1 minggu.

Cara Alternatif berikutnya untuk Betulin WC atau Saluran Limbah Yang Mampet Tanpa Harus di Bongkar atau di Sedot adalah dengan metode yang paling baru dan ampuh yaitu dengan cara sbb :

--> SELANJUTNYA