Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

PELAJARI DENGAN GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi !

Cara Ngecat Tembok Rumah dengan Mudah Sesuai Selera

Cara Ngecat Tembok Rumah dengan Mudah Sesuai Selera

Mencari Tahu Cara Ngecat Tembok Rumah dengan Mudah Sesuai Selera Kita

Pekerjaan mengecat tembok adalah pekerjaan yang membutuhkan kerapihan dan ketelitian, seringkali kita meremehkan pekerjaan ini, namum pada dasarnya setiap orang bisa mengerjakan pekerjaan mengecat tembok dengan mudah,  hanya dengan menguasai beberapa tip's dan tehnik mengecat maka dengan mudah anda pun bisa melakukannya dengan sempurna dan dengan hasil yang cukup memuaskan, apalagi ongkos tukang buat ngecat tembok di rumah cukup mahal, kalau di pingiran kota saja jasa ngecat per meter persegi bisa mencapai 20 hingga 50 ribu rupiah apalagi di kota besar, udah kebayangkan berapa uang yang harus kita keluarkan untuk membayar jasa tukang cat tembok tersebut padahal pekerjaan mengecat tembok rumah itu bukan pekerjaan sulit dan bisa di kerjakan di saat waktu luang kita cukup banyak, apalagi jika anda sangat memperhatikan kebersihan, anda pasti akan kecewa jika pekerjaan tukang cat yang anda gunakan bikin lantai dan perabotan anda di rumah terciprat atau tertetes oleh percikan cat, jika anda kerjakan sendiri mungkin anda kan lebih berhati - hati atau anda bisa antisipasi dengan cara menutupi bagian lantai dan permukaan perabot dengan kertas koran atau kain terpal, nah oleh karena itulah Ayo Pelajari Caranya Mengecat Tembok Rumah sendiri !!! dengan menguasai tehnik mengecat tembok ini anda tidak perlu lagi memanggil tukang cat untuk melakukan pengecatan rutin rumah anda, cukup luangkan waktu beberapa jam, maka rumah anda akan berubah menjadi lebih indah melalui goyangan tangan anda, jika memungkinkan anda juga dapat mengajak pasangan atau anggota keluarga anda untuk bersama - sama mengecat rumah anda, dengan mengecat rumah sendiri akan muncul daya imajinasi dan kreatitifitas untuk mendekor dinding rumah anda sesuai selera anda dan keluarga. selanjutnya anda tinggal siapkan cat sesuai warna - warna pilihan keluarga tercinta beserta alat bantu untuk ngecatnya biar cepat selesai dan hasilnya lebih rata.

Contoh Produk Alat Bantu Untuk mengecat Tembok dengan Cepat Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara : 

Kalau era moderen atau di jaman now ini pekerjaan melapisi tembok rumah tidak hanya sekedar menggunakan cat tembok, anda juga dapat mempercantik tembok ruangan anda sesuai nuasan yang anda inginkan, banyak sekali stiker dekor dinding yang dapat memperindah rumah anda, untuk melihat contoh - contohnya silahkan anda klik dengan Cara : 


Sebelum anda mendekor dan mengecat rumah anda, ada baiknya anda simak video tutorial  berikut ini yang akan memandu anda cara mengecat tembok / dinding dengan cara yang kreatif , selamat menyimak




Berikut ini adalah salah satu tehnik dasar Mengecat dinding atau tembok rumah yang masih baru :

Cara Mengecat Tembok Dinding Yang Masih Baru Agar Lebih Hemat Cat

Tahap Persiapan : Kumpulkan Bahan dan Alat - alat Bantu yang di perlukan !

Alat – Alatnya Meliputi :
  • Rol cat
  • Kuas
  • Sekrap
  • Alat Pengaduk
Bahan  - Bahannya Meliputi :
  • Plamir siap pakai
  • Aneka warna Cat Favorit Anda
  • Air  secukupnya

Proses  Pengecatan Tembok adalah sbb :

  1. Pastikan tembok atau dinding yang akan kita lapisi dengan cat dalam kondisi kering dan bersih, kalau memang ada terdapat nodan serta sisa - sisa cipratan semen serta kotoran lainnya yang menempel pada dinding yang akan kita cat, maka harus kita bersihkan terlebih dahulu ya, supaya hasil dari pengecatan benar – benar merata dan halus.

  2. Setelah tembok sudah bersih dan siap di cat, selanjutnya applikasi dasaran pada tembok yang akan kita cat dengan larutan plamir, dalam hal ini kita bisa pakai plamir  yang sudah siap  dipakai atau istilahnya beli yang sudah jadi dan siap pakai aja deh,  kita bisa membelinya di toko besi dan bangunan, bilang aja sama yang jualnya kalau kita mencari plamir water base yang siap pakai. Nah berikutnya cara melapisi dinding dengan plamirnya yaitu dengan cara mengencerkan plamir yang tadi kita beli dengan air sehingga plamir tersebut mencapai kekentalan yang pas dan membuat kita jadi gampang untuk meratakannya pada permukaan dinding

  3. Applikasinya dengan cara mengusapkan plamir dengan pelat besi, atau aluminium atau juga seng yang lentur, biasa alat bantu ini di sebut kape, nah usapkanlah setahap demi setahap sampai benar-benar permukaaan flamirnya rata di seluruh tembok yang akan kita cat nantinya. Jangan lupa pastikan tidak ada usapan plamir yang lebih tebal dari sekitarnya, di sini kita harus teliti sekali  dan usahakan benar – benar flamirnya merata tipis di permukaan tembok ! Caranya bisa lihat di Gambar di bawah ini !



  • Setelah flamirnya teraplikasi dengan baik, kita tinggal Tunggu sampai kering, sementara kalian boleh istirahat dulu sambil makan siang deh.

  • Setelah makan siang dan kering permukaan temboknya kita tinggal amplas tembok yang telah kita lapisi dengan plamir tadi, amplaslah sampai tidak ada lapisan plamir yang lebih tebal dari sekitarnya. Langkah berikutnya siapkan cairan cat tembok dan encerkan dengan air secukupnya sampai di dapat kekentalan yang ideal untuk mengecat, nah  kita bila pilih deh warna cat tembok standar yang ada dijual di toko material dan kita encerkan dengan air.

  • Langkah selanjutnya adalah melapisi tembok dengan cat tembok menggunakan  rol atau kuas sesuai dengan kebutuhan secara Perlahan –lahan saja sampai catnya merata ke seluruh permukaan tembok, dan kemudian tungguin deh sampai benar-benar kering sampai di dapatkan warna dinding yang lebih cerah.

  • Setelah lapisan pertama tadi kering maka agar hasilnya lebih halus, ulangilah sekali lagi proses pengecatan setelah pengecatan yang pertama mengering tadi. Kalau mau lebih cepat proses pengecatan bisa menggunakan rol dan pada bagian sudut – sudut yang tidak bisa terjangkau rol baru deh kita gunakan kuas

  • Oke deh sampai di sini Proses pengecatan  tembok rumah kita sudah selesai, segera bersihkan cipratan – cipratan cat di lantai dan di perabot selagi masih mudah di bersihkan, tapi kalau tadi sudah di tutup koran, udah aman dong, tinggal buang aja penutupnya beres deh, rumah anda kinu jadi lebih cantik berkat kerja keras anda sendiri !

  • O ia jangan lupa bersihkan juga peralatan mengecat anda dengan air sampai benar – benar bersih agar bisa kita pakai lagi di lain waktu.

  • Untuk Mengecat Ulang Tembol atau dinding Lebih Mudah, berikut Langkah - Langkahnya :
  • Jika anda ingin mengganti warna cat rumah anda sehingga menjadi lebih sesuai selera seni dan kenyamanan anda serta lebih bisa menghadirkan suasana yang baru yang lebih segar maka kita bisa ikuti langkah - langkah selanjutnya

1. Bersihkan Dinding

Pastikan permukaan dinding yang akan anda cat ulagn bersih dari debu. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada area dinding. Kotoran pada dinding ini sangat wajib dihilangkan. Debu, kotoran dan noda minyak akan membuat hasil akhir cat tidak halus dan merata. Berishkan dengan air yang dicampur dengan deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosok-gosokkan spons ke dinding hingga bersih, lalu bilas dengan air untuk menghilangkan residu sabun.

2. Lindungi Bagian yang Tak Ingin Dicat dengan Lakban

Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Lindungi bagian rumah yang tak ingin dicat dengan lakban atau pita perekat saat pengecatan. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

3. Tutup Retakan pada Dinding

Gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, lalu ratakan sampai halus menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar didapatkan hasil akhir yang rata dan mengkilap.

4. Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit

Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja. Sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.

5. Gunakan Teknik  Gerakan ZigZag

Trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Setelah 2-3 jam baru lapisi kembali dengan cat agar lebih mulus hasilnya. Roller bisa digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding..

6. Ulangi Lagi Jika Perlu

Bila hasil pengecatan masih kurang sempurna, ulangi sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan baik. Bila cipratan cat jatuh ke lantai, segera bersihkan dengan lap basah.

Berikut ini adalah cara memasang stiker dekorasi pada dinding atau tembok anda

Jika Anda berencana untuk melakukan dekorasi ulang untuk rumah Anda atau hanya ingin memberikan warna untuk dinding membosankan, Anda bisa mencoba memasang stiker atau wallpaper dinding. Ada begitu banyak pilihan dan desain stiker yang dapat Anda pilih. Anda hanya tinggal menempelkannya ke dinding dan melihat keajaiban dalam meningkatkan tampilan interior rumah Anda. Saat ini, banyak rumah yang menggunakan stiker dinding terutama karena kemudahan penggunaannya.

kecil di dinding. Stiker dinding ini dapat menyembunyikan kekurangan dinding sementara membuatnya tampak lebih indah. Jadi, jika Anda berencana untuk membeli stiker dinding, perhatikan tips berikut ini:

Tentukan tempat untuk memasangnya
Hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah di mana Anda akan menempatkan stiker atau wallpaper dinding yang Anda beli. Dengan demikian Anda akan mengetahui jenis stiker yang terbaik untuk ruangan. Anda juga bisa memilih grafis yang sesuai untuk area tertentu.

Pastikan Ukuran ruangannya
Pertimbangkan ukuran ruangan rumah Anda. Harga stiker dinding juga bervariasi tergangung pada ukuran. Jika Anda memiliki dinding kosong yang luas, Anda bisa memilih stiker dinding yang lebih besar sehingga dapat menempati seluruh area. Atau jika Anda memutuskan untuk hanya memasang pada bagian tertentu, Anda dapat memilih area yang paling pas dan terlihat dengan jelas. Pastikan agar stiker dinding tidak terlihat terlalu kecil dalam ruang yang besar. Untuk dinding ruangan yang lebih kecil, pasti cocok dengan stiker dinding yang lebih kecil juga. Jika jenis ruangan Anda kecil vertikal, maka Anda dapat memilih stiker dinding tinggi dan ramping. Sebaliknya untuk ruangan kecil horisontal, sebaiknya pilih stiker dinding panjang dan ramping.

Pilihlah Nuansa suasana yang Anda inginkan
Setiap ruangan di rumah Anda akan memberikan suasana hati yang berbeda-beda. Stiker dinding akan memberikan pengaruh yang besar pada suasana dalam ruangan. Jika Anda ingin ruangan yang hidup dan menyenangkan, stiker berwarna-warni dan menyenangkan pasti cocok. Jika Anda ingin membuat aura dengan sentuhan alam, Anda bisa mendapatkan wallpaper dinding dengan tema bunga dan unsur-unsur dari alam lainnya.

Tentukan Warnanya
Pada umumnya, warna selalu menjadi bagian dalam setiap dekorasi rumah. Anda harus memilih stiker dinding yang memiliki warna yang sesuai untuk ruangan. Warna stiker dinding Anda juga dapat memberikan dampak besar terhadap ruang. Ada begitu banyak warna yang dapat Anda pilih. Anda dapat menyesuaikan warna wallpaper dinding dengan warna interior yang sudah ada. Pilih warna yang sesuai, baik warna yang serasi atau warna kontras.

Pastikan Bahannya Aman
Meskipun sederhana dan terlihat lucu, wallpaper dinding mungkin bisa membahayakan pemilik rumah terutama untuk anak-anak. Sangat penting untuk memeriksa apakah wallpaper dinding tersebut terbuat dari bahan yang aman. Pilihlah wallpaper dinding yang memiliki label bebas VOC, bebas Phthalate, bebas timah serta tidak beracun. Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini terutama jika Anda akan memasang wallpaper dinding di dalam nursery room atau kamar tidur anak-anak.

Pakailah Contoh - Contoh desain interior sebagai acuannya
Jika Anda memiliki desain interior modern, usahakan untuk memilih stiker yang terlihat modern juga. Tapi hal ini tidak mutlak, stiker dinding tidak harus cocok dengan desain interior, tapi tentu saja hasilnya akan lebih baik jika sesuai. Acuan selain desain ketika memilih wallpaper dinding misalnya warna, gaya atau bentuk.


Pilihan Wallpaper dinding kamar tidur
Jika Anda memiliki anak-anak di rumah dan ingin menempatkan stiker dinding untuk kamar tidur mereka, biarkan mereka yang memilih. Jangan sampai mereka tidak suka stiker dinding yang Anda pasang karena bukan pilihan mereka. Hindari menempatkan wallpaper dinding yang memiliki banyak detail dan terlihat terlalu realistis untuk anak-anak. Anda dapat menempatkan wallpaper dinding yang dapat membantu memperluas imajinasi mereka, berwarna-warni dan meriah. Karakter favorit anak bisa menjadi pilihan grafis yang tepat untuk wallpaper dinding. Kamar tidur dewasa dapat menggunakan tema pemandangan dan desain lainnya yang menarik dan cocok untuk pemilik ruangan. Hitam dan putih selalu terlihat serasi dan menjadi tren saat ini. Tapi Anda juga bisa menggabungkannya dengan percikan warna lainnya. Wallpaper dinding dengan warna pudar juga cocok untuk suasana kamar tidur.


Pilihan Wallpaper dinding ruang tamu
Untuk ruang tamu, wallpaper dinding besar lebih cocok terutama jika ada dinding kosong yang lebar. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pastikan untuk menyesuaikannya dengan gaya interior. Dalam pemilihan warna, gunakan warna yang sudah ada di ruang tamu sehingga dapat saling melengkapi dan berkoordinasi satu sama lain. Stiker dinding besar di ruang tamu bisa berfungsi sebagai latar belakang untuk furnitur dan barang-barang lainnya.

  
Pilihan Wallpaper dinding untuk dapur, ruang makan dan kamar mandi
Ketika memilih stiker untuk ruang makan dan dapur, Anda bisa menggunakan tema gambar perabotan, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain yang terkait dengan makanan. Untuk kamar mandi, pilih stiker yang memiliki hubungan dengan air, misalnya laut, air terjun, sungai dan apa saja yang dapat dihubungkan dengan air.


Cara Memilih jenis wallpaper dinding dan stiker
Ada berbagai jenis stiker dan wallpaper dinding, misalnya stiker self-adhesive, stiker non-self-adhesive, removable, serta stiker yang dapat digunakan kembali. Pilih jenis yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya kepada penjualnya mengenai detail jenis stiker sebelum Anda membeli. Dinding stiker memang indah. Hal ini dapat meningkatkan kualitas interior tanpa perlu menghabiskan terlalu banyak uang. Stiker dan wallpaper dinding tidak mahal tapi hasilnya luar biasa. Anda dapat melihat sebuah wallpaper dinding sederhana bisa menambahkan sentuhan kehidupan pada dinding rumah Anda. Semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi Anda untuk meningkatkan kualitas rumah Anda.


Tip's Mengecat Rumah Tanpa Bantuan Tukang

Tidak Perlu khawatir, awalnya ketika anda belum menguasai teknik dengan benar maka hasilnya tidak akan maksimal, Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tentunya tidak hanya kualitas cat yang digunakan, tetapi juga aplikasi yang benar dari teknik yang tepat sehingga akan mendapat  hasil yang memuaskan. untuk itu saya telah menyiapkan kiat-kiat atau cara mengecat tembok yang baik dan benar.




·      Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebagai alat untuk mengecat rumah minimalis milik anda seperti , kuas , rol, dan kaleng cat
·      Singkirkan hal-hal lain ketika Anda mengecat rumah , agar tidak terkena cipratan atau tumpahan cat . Jika mungkin mencakup barang-barang tersebut dengan kertas atau kain penutup .
   
·      Cuci dinding anda dengan vaccum cleaner , jika tidak Anda bisa menggunakan sapu atau kain lap . Jika dinding terlalu kotor , Anda bisa mencucinya dengan deterjen atau cairan pembersih dan membersihkan jamur dengan dinding air .
    
·      Jika dinding Anda sedikit retak bagian atau terkena paku bekas dan lubang lainnya, yang peluru anda lakukan adalah dengan menambal permukaan dinding  tersebut .
    
·      Cat dinding dengan lapiran dasar , tunggu 1-2 jam untuk mengering cat . Langkah ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal , khususnya untuk melukis dengan warna-warna cerah .
    
·      Siapkan cat dengan air sebanyak 10 % dari jumlah cat aduk selama 5 menit
·      Cat rumah anda hingga merata dengan melakukan gerakan zig -zag atas dan ke bawah berulang kali sampai semua dinding ditutupi dengan cat merata . Setelah 2-3 jam lagi untuk menutup cat sehingga hasilnya jauh lebih maksimal . Anda bisa menggunakan alat seperti rol yang dapat digunakan untuk meratakan permukaan cat di dinding .
    
·      Untuk mengecat langit-langit , Anda dapat menggunakan cat agak tebal sehingga ketika anda mengecat, cat anda  tidak mudah menetes dan pekerjaan yang telah diselesaikan sebelumnya bisa diselesaikan dengan cepat .
    
·      Jika Anda ingin mengubah warna lain pada dinding , pertama amplas dinding tersebut dan kemudian bersihkan dengan alat pembersih , dan cat kembali warna yang Anda inginkan .
    
·      Kadang-kadang anda melihat dinding mempunyai warna yang berbeda, untuk menghindari hal yang demikian, saat anda bekerja pada satu bidang permukaan dinding usahakan anda melakukanya dengan segera sehingga warna akan terlihat sama
    
·      Selang waktu antara lapisan cat dengan lapisan berikutnya sekitar 1-2 jam . Jangan terlalu lama juga tidak terlalu terburu-buru.


agar pekerjaan mengecat dinding rumah anda lebih menyenangkan dan juah lebih cepat selesai di bandingkan cara kuno di atas, maka kita bisa gunakan alat bantu otomatis untuk mengecat tembok rumah kita dengan cepat dan rapih, mau tahu caranya gimana dan seperti apa alatnya, yuk kita simak !

S --> SELANJUTNYA