Cara Membuat Tape Ketan Yang Tidak Asam - Ayo Pelajari Caranya

Mari Kita Belajar Segala hal positif untuk menambah keahlian, pengetahuan dan wawasan ! Bagaimana caranya ? AYO PELAJARI CARANYA ! DI SINI

Cara Membuat Tape Ketan Yang Tidak Asam

Cara Bikin Tape Ketan Yang Manis

CARA BIKIN TAPE KETAN HITAM YANG MANIS SECARA TRADISIONAL

Makanan khas Nusantara yang bernama Tape Ketan atau Tape Uli ini sudah terkenal hingga ke seluruh dunia, entah siapa yang menemukan dan memperkenalkannya hingga ke seluruh dunia, Kelezatan dan khasiat Tape ketan Hitam inilah yang menjadi daya tarik banyak orang untuk datang mencicipnya, Namun tidak semuadah itu Tape Ketan Hitam berkwalitas bisa di hasilkan, ternyata untuk mendapatkan kwalitas tape ketan yang bagus dan dengan rasa yang manis serta aromanya yang khas wangi tape ketan memang cukup sulit, sering kali produk tape Ketan yang kita jumpai di pasar atau toko - toko oleh - oleh adalah tape ketan yang rasanya asam dan terkadang masih keras butiran tape ketannya karena kurang matang ! Namun yang sulit itu belum tentu tidak bisa di pelajari loh, jika kalian berminat bikin Tape ketan hitam sendiri di rumah, kalian semua biasa menyimak artikel berikut ini sampai selesai,  lalu bagaimana caranya agar Tape ketan yang kita buat nanti rasanya bisa manis, lembut dan ketika di makan akan terasa hangat di tengorokan atau di dada, efek hangat inilah yang mengandung berbagai macam khasiat untuk kesehatan kita, Jika kalian mau coba belajar membuatnya maka kalian tidak perlu cemas karena kalau sudah mempraktekan isi artikel ini, kalian pasti akan tahu bagaimana cara membuat tape ketan yang berkwalitas.


Contoh  Produk Ragi Untuk Membuat Tape Ketan Yang Ada Di Pasaran Bisa Kita Lihat dengan Cara :


Sebelum kalian mencoba membuat Tape Ketan Hitam yang enak dan manis, silahkan kalian saksikan salah satu video tutorial yang berisi rahasia cara membuat tape ketan yang manis dan lembut di bawah ini, selamat menyimak !





Mau Tahu Harga dan Kwalitas Bahan - Bahannya untuk bikin Tape Ketan Hitan ?  silahkan anda :


RAHASIA CARA BIKIN TAPE KETAN YANG TIDAK ASAM !

Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan Untuk Membuat Tape Ketan Yang Manis :

  • 1/2 kilo beras Ketan Hitam / Ketan Putih
  •  Daun pisang untuk pembungkus secukupnya ( ini rahasia pertamanya )
  • 2 gelas air bersih
  • 2 butir ragi untuk membuat tape ketan ( bisa di beli di tukang beras )
   

Cara / Proses dan Rahasia Membuat Tape Ketan Yang Manis :



  1. Beras ketan hitam / ketan putih dicuci dulu sampai bersih
  2. Rendam ketan hitam pada malam sebelumnya supaya empuk, karena  jenis beras ketan hitam ini lebih keras.
  3. Jika selesai direndam pada keesokan harinya, ambil dan iriskan.
  4. Setelah selesai ditiriskan hingga kesat, kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengah matang. Jika menginginkan lebih cepat dan mudah, bisa di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah agak matang beras ketan hitam kemudian diangkat dan dikukus.
  5. Sementara beras ketan dikukus, persiapkanlah air panas sebanyak 2 gelas. 
  6. Pada saat beras ketan yang dikukus tadi sudah mengepulkan uap panasnya, siram siram atasnya dengan air panas yang 2 gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sambil diaduk-aduk sampai semua beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan menjadi matang.
  7. Jika sudah matang, angkat beras ketan, taruh kedalam nampan atau tampah yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan yang sudah diratakan dalam nampan tadi sudah benar-benar menjadi dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya. ( Hati - hati raginya jangan sampai tersentuh dengan kulit tangan anda, di sinilah rahasia utamanya, mengapa tape ketan yang kita buat asam ? itu karena raginya terkena keringat telapak tangan anda !) - Gunakan plastik atau sarung tangan karet saat menghaluskan raginya. 
  8. Ambil wadah berukuran sedang, beri alas daun pisang yang rapi/menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah diber alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi di atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi hingga rata. aduk - aduk dengan sendok kayu (jangan sekali - kali gunakan sendok dari besi atau Stainless karena bahan tersebut akan menurunkan kwalitas tape ketan yang anda buat ) ini Rahasia ke duanya - banyak yang belum tahu, Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, taburi ragi lagi. Lakukan proses ini seterusnya hingga ketiga, keempat, atau sampai bahan habis. - usahakan Gunakan Toples dari kaca jangan dari plastik untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. - ini rahasia ke tiga - yang banyak orang belum tahu.
  9. Lapisi dengan daun pisang untuk menutupi permukaan bakal tape buatan Anda tersebut dengan baik dan benar-benar rapat ( bisa menggunakan 2 lapis daun pisang atau ditambah dengan kain serbet yang bersih ). Tutup kembali wadah dengan tutupnya hingga rapat, kemudian hanya didiamkan selama 3 hari 2 malam. Taruh wadah bakal tape tersebut di tempat yang hangat. - ini rahasia ke 4 yang banyak orang belum tahu. (daun pisang itulah inti rahasia alaminya untuk proses fregmentasi ragi dengan ketan menjadi sempurna ! )
  10. Jika sudah 3 hari hari 2 malam, tapi ketan baru boleh dibuka. Walaupun hanya sekedar menengok, jangan pernah dibuka sebelum jatuh tempo, karena proses fermentasinya bisa terganggu. Kalau hanya mencium baunya dari luar sih tidak apa-apa, dan walaupun belum genap 3 hari, jika baunya sudah kuat, tape ketan sudah boleh dibuka dan di hidangkan. - di ajurkan untuk mendapatkan alkohol yang lebih bagus pada tape ketan yang anda buat, kwalitas yang paling baik adalah di hari ke 4 dan ke 5.
Dengan membuat tape ketan yang enak sendiri di rumah, maka anda bisa mendapatkan tape dengan kwalitas yang baik, yang manis, enak, dan legit yang tentunya lebih terjamin dan terjaga kebersihannya, Tape ketan hitam sangat cocok dinikmati saat santai di rumah ataupun saat kumpul bersama dengan keluarga dan kerabat tercinta.

CONTOH MAKANAN DENGAN BAHAN OLAHAN TAPE KETAN

1.  Kue Tape Ketan Hitam Kukus


Cara Bikin Kue Tape Ketan Hitam Kukus

Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan Untuk Membuat Bolu Tape Ketan Hitam Yang Enak :

  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 4 butir telur, pisah putih dan kuningnya
  • 150 gram mentega, cairkan 
  •  ½ sdt garam
  • 100 Gram Tape Ketan Hitam
  • 100 ml santan
  • 200 gram gula pasir halus ( gula kastor )
  • Margarin / mentega secukupnya untuk olesan


Cara /  Proses Membuat Kue Tape Ketan Hitam

  1. Kocok ½ bagian gula dan kuning telur hingga mengembang dan mengental
  2. Masukkan Tape ketan Hitam, garam, dan santan, aduk hingga rata. Tuangkan mentega cair, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Sisihkan
  3. Kocok putih telur dengan ½ bagian gula hingga mengembang kaku. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung sambil diaduk hingga tercampur rata
  4. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 20 x 20 cm yang telah diolesi margarin
  5. Kukus selama 35 menit hingga matang. Angkat dan keluarkan dari loyang
  6. Setelah agak dingin, potong-potong, hidangkan


2.  Es Teler Tape Ketan Hitam

Cara Bikin Es Teler Tape Ketan Hitam

Tape ketan juga bisa dibuat menjadi minuman yang dingin dan lezat,  menu berikut inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari olahan tape ketan. Salah satu olahannya adalah  Es Teler Tape Ketan HItam  Es campur  atau es teler, yang dipadu dengan tape ketan hitam, menjadikan es ini terasa lebih seger dan nikmat. Mari, kita ikuti langkah-langkah pembuatan es teler tape ketan hitam

Bahan - Bahan Untuk Bikin Es Teler Tape Ketan Hitam

  • 300 Gram tape ketan hitam - Kwalitas Super.
  • 1 liter santan
  • 1 sdt garam dapur
  • 2 lembar daun pandan

Bahan - Bahan Pelengkap Untuk Bikin Es Teler Tape Ketan Hitam :

  • 2 butir kelapa muda, kerok dagingnya
  • 50 Gram Daging Buah Nangka, iris dadu 1 cm
  • 100 gram sagu mutiara siap pakai
  • 200 ml cc sirup vanila atau coco pandan ( marjan warna merah )
  • Es Batu Secukupnya

Proses / Cara Membuat Es Teler Tape Ketan Hitam

  1. Didihkan santan dengan daun pandan dan garam, aduk rata, angkat, dinginkan.
  2. Penyajiannya : Siapkan gelas, tata kelapa muda, nangka, sagu mutiara siap pakai, dan tape ketan hitam.
  3. Tuangkan santan dan tambahkan dengan Es batu dan sirup rasa vanila / coco pandan

Selamat Menikmati !

Tentu saja masih ada banyak sekali resep - resep makanan khas nusantara yang dapat di padukan dengan Tape Ketan Hitam, Yuk kita simak Resep dan cara membuatnya !


->  BERIKUTNYA ->